Skip links

Website Company Profile dengan WordPress? Kenapa Tidak?

“Website company profile dengan WordPress? Kenapa tidak? Anda tidak perlu meragukan website berbasis WordPress lagi karena banyak sekali website terkenal di dunia pun yang dibangun dengan WordPress.”

Daripada hanya mengandalkan media sosial, website company profile merupakan alat pemasaran perusahaan yang memberikan kesan jauh lebih baik kepada khalayak umum khususnya target audiens Anda. 

Dengan memiliki website company profile Anda sendiri, Anda dapat mengontrol kehadiran online Anda sedemikian rupa – sesuai kehendak Anda. Mengingat, pada umumnya media sosial memiliki fitur yang terbatas serta aturan/ kebijakan yang mengikat penggunanya. Tentunya hal itu akan membuat kampanye pemasaran/ penyebaran informasi bisnis Anda menjadi tidak maksimal.

Akan tetapi, dalam pembuatan website compro pun kebanyakan pebisnis sering melakukan kesalahan besar, yakni salah memilih platform yang tepat untuk membuat website bisnisnya. Untungnya, Anda disini sehingga Anda dapat menghindari kesalahan tersebut. 

Perlu Anda ketahui bahwa tidak seperti dulu, teknologi perancangan website kini jauh lebih canggih. Sekarang membangun website tidak harus murni menggunakan bahasa pemrograman. Melainkan bisa menggunakan platform CMS terutama WordPress.

  • Apa itu CMS?
  • Mengenal CMS WordPress
    • Sejarah singkat WordPress
    • Jenis-jenis WordPress
  • Website siapa saja yang menggunakan WordPress?
  • Keunggulan website company berbasis WordPress
    • Desain website lebih modern, sesuai profesional perusahaan
    • Fitur melimpah
    • Website WordPress itu SEO friendly
    • Keamanan website lebih tinggi
    • Pengelolaan mudah
  • Contoh website company profile profesional

Apa itu CMS?

CMS (Content Management System) atau sistem manajemen konten adalah sebuah perangkat lunak yang membantu pengguna untuk membuat, mengedit, dan menyimpan, konten di situs web dengan cara yang lebih mudah.  Dengannya Anda juga bisa membangun website tanpa perlu menulis semua kode dari awal.  Karena CMS menangani semua infrastruktur dasar sebuah web sehingga Anda dapat lebih fokus pada bagian ditampilkan kepada pemirsa atau disebut sebagai front end. 

Adapun macam-macam platform CMS, antara lain WordPress, Joomla, Drupal, OpenCart, PrestaShop, dsb. Dan CMS yang terbilang paling populer adalah WordPress.

Mengenal CMS WordPress

WordPress adalah CMS yang dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. WordPress ini merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source).Yang artinya WordPress sangat fleksibel karena kode sumbernya dapat dipelajari, diubah, ditingkatkan dan disebarluaskan. Pun pengguna dapat dengan mudah menginstall banyak plugin atau tema serta mendapatkan update di platform ini. 

  • Sejarah singkat WordPress

WordPress diluncurkan pada Mei 2003 oleh programmer Matt Mullenweg dan Mike Little sebagai penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi pada tahun 2001. 

Di tahun-tahun berikutnya WordPress terus mengalami update versi terbaru yang menyertakan sistem tema dan widget yang lebih baik. Dari segi tampilan pun juga terus berubah. Untuk alasan yang bagus, WordPress ini terus meningkat sejak pertama kali perilisannya.

  • Jenis-jenis WordPress

WordPress dapat dibedakan menjadi 2 jenis. Yaitu WordPress.com dan WordPress.org. Apa perbedaan keduanya? 

WordPress.com adalah sebuah platform WordPress untuk penerbitan blog dan karya lainnya.  Anda bisa membuat website tanpa perlu melakukan instalasi atau konfigurasi yang cukup sulit. Sayangnya, pengguna WordPress.com tidak dapat mengkustomisasi secara leluasa template standar yang sudah disediakan. Dan nantinya hanya akan mendapatkan alamat website berupa subdomain, contohnya ‘namaperusahaan.wordpress.com’.

Sedangkan WordPress.org ditujukan bagi pengembang. Pada jenis layanan WordPress yang satu ini seseorang dapat mengunduh berkas CMS WordPress. Selanjutnya seseorang dapat memodifikasi dan mengembangkannya sesuai kebutuhan. Tentunya diperlukan kemampuan PHP, CSS, JavaScript, skrip lain untuk itu. Hasil akhirnya, situs dapat menggunakan server sendiri dan alamat URL serta ekstensi domain custom sesuai keinginan. Contohnya ‘namaperusahaan.com’ atau ‘namaperusahaan.co.id’.

*Catatan: Sepanjang artikel ini, ketika kami mengatakan website company profile dengan WordPress, kami berbicara tentang WordPress.org. atau website berbasis WordPress yang di custom dan hosting sendiri.

Siapa saja yang menggunakan website company profile WordPress?

Sebuah survei membuktikan bahwa 10 juta situs teratas di seluruh dunia pada peringkat Alexa sebanyak 60% nya menggunakan CMS. Itu artinya WordPress lah platform CMS yang paling banyak digunakan. Anda sendiri pun pasti secara sadar maupun tidak sadar juga sudah pernah mengunjungi website yang ternyata dibangun diatas platform WordPress.

Adapun pengguna WordPress termasuk perusahaan-perusahaan besar dan terkenal termasuk perusahaan skala global CNN, Forbes, Facebook, Sony, dan Disney. Serta perusahaan nasional seperti PT Freeport Indonesia, PT Indika Energy Tbk, PT Petrosea Tbk, PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Cleo, Wings, BRI Agro, Blue Bird, dan Campina.

Keunggulan website company profile berbasis WordPress 

Jutaan perusahaan dari seluruh dunia memilih WordPress tentu bukan tanpa alasan. Mereka telah membuktikan bahwa mereka bisa menghadirkan situs resmi perusahan yang berkualitas, modern, dan fitur memadai dengan WordPress ini. Anda pun ada baiknya turut mengikuti langkah mereka untuk memilih website compro berbasis WordPress. Serta mempercayakannya kepada jasa pembuatan website WordPress untuk mendapatkan berbagai keuntungan antara lain:

  • Desain website modern, sesuai image perusahaan

Dengan CMS WordPress Anda bisa memilih ribuan themes/ tema tampilan yang

sudah cukup bagus dan modern. Berbagai macam tema untuk semua jenis website telah tersedia. Apakah itu website profil bisnis, toko online, blog, dll. Bahkan Anda bisa menggunakannya secara gratis. 

Namun, apabila Anda menggunakan suatu tema tanpa melakukan kustomisasi, apakah Anda tidak khawatir jika website Anda tampak pasaran karena mirip atau bahkan sama dengan web lain? Dari sinilah pentingnya Anda menggandeng tim web developer dan web designer handal yang akan melakukan full custom tema WordPress. Sehingga website Anda lebih berkarakter dan brandable.

  • Fitur melimpah

WordPress juga telah menyediakan software pihak ketiga untuk penambahan fitur untuk website Anda. Yang mana keunggulan ini jarang ditemukan di platform lainnya. Tim Grapiku akan membantu Anda mengembangkan aplikasi terpercaya dari pihak ketiga tersebut serta menulis kode-kode pemrograman lain untuk memenuhi kebutuhan fungsional website Anda.

Selain itu, WordPress muncul dengan pengunggah media bawaan yang dapat menangani berbagai tipe media yang berbeda. Mencakup file gambar, audio, dan video. Bahkan WordPress memiliki kemampuan oEmbed yang berarti Anda dapat menyematkan video YouTube, foto Instagram, Tweet, dan audio Soundcloud hanya dengan menempelkan URL di editor WordPress.

  • Website WordPress itu SEO friendly

Hakikatnya, kode dibalik WordPress sangat bersih dan sederhana sehingga berdampak positif pada mudahnya mesin pencari untuk membaca dan mengindeks konten situs. Setiap halaman, postingan, dan gambar dapat memiliki kata kunci meta tag, deskripsi, dan judulnya sendiri untuk menyasar kata kunci tertentu. Inilah alasan mengapa WordPress menjadi CMS yang SEO friendly.

Dengan memiliki website telah memiliki fitur SEO built in, apalagi dengan optimasi jasa SEO Google Grapiku. Website Anda pun tidak hanya sekedar meningkat trafiknya. Namun secara tertarget mampu membantu Anda mendatangkan calon pelanggan potensial yang pada akhirnya meningkatkan penjualan.

  • Keamanan lebih tinggi

WordPress dianggap sebagai platform yang sangat aman untuk menjalankan situs web karena ia dikembangkan dengan mempertimbangkan keamanan. Terdapat beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk melindungi website WordPress Anda dari ancaman umum. Salah satunya dengan cara memasang plugin-plugin security WordPress.

Namun, tidak dapat kita pungkiri bahwa internet bisa menjadi tempat yang tidak pasti dan tidak benar-benar 100% aman. Oleh karenanya, kami akan membantu Anda melengkapi website dengan fitur keamanan terbarukan dan berlipat ganda.

  • Pengelolaan mudah

Bagian administrator website WordPress memiliki antara muka yang intuitif. Anda/ admin Anda dapat memposting blog, menyematkan gambar dan video, menambahkan halaman baru, dll secara mudah dan cepat. Selain itu, Anda juga dapat menyerahkan tugas kepada beberapa admin. Serta menetapkan tingkatan akses dan kemampuan untuk setiap adminnya. Hal ini tentunya akan menjadikan proses manajemen website Anda lebih teratur dan terkontrol dengan baik.

Contoh website company profile berbasis WordPress

Website PT. Aneka Adhilogam Karya

Cafindo Tama Logam

Bima Feed

Indobrownsugar

Aneka Metal Industri

Buat website company profile WordPress Anda hanya di Grapiku! Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada kami seperti apa kebutuhan web Anda. Kami siap mendengar dan memberikan solusi terbaik bagi bisnis Anda.