Skip links

Tips Memilih Jasa SEO yang Berkualitas untuk Optimasi Website

Ketahui tips memilih jasa SEO berkualitas dan tepat dari banyaknya Agensi SEO yang sulit dibedakan mana yang abal-abal & mana yang kredibel.


Anda mungkin telah mendengar ratusan kali bahwa upaya pengoptimalan mesin telusur/ pencarian (SEO) adalah strategi pemasaran digital yang penting. Namun, implementasi SEO ini sendiri membutuhkan pemahaman yang kuat karena sangat kompleks. Maka dari itu, dalam prakteknya tak heran jika banyak perusahaan yang lebih memilih menyerahkan tugas ini ke agensi penyedia layanan SEO. Apakah Anda juga sedang merencanakan strategi yang sama? 

Sebelum Anda menjatuhkan pilihan, sebaiknya simak tip  memilih jasa SEO berikut yang semoga dapat membantu Anda mendapatkan agensi yang tepat untuk menyukseskan kampanye Anda. Akan tetapi, mari mengenal lebih jauh tentang SEO itu sendiri. 

Apa itu SEO?

SEO (Search Engine Optimization) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari. Tujuan dari SEO yaitu untuk meningkatkan visibilitas website dalam pencarian yang relevan. Pasalnya, semakin baik visibilitas website dalam hasil pencarian maka semakin besar kemungkinan website mendapatkan lebih banyak lalu lintas. Yang pada akhirnya akan lebih banyak pula peluang untuk mengubah prospek menjadi pelanggan.

Bagaimana SEO bekerja?

Mesin pencari seperti Google memiliki mekanisme untuk menyajikan hasil pencarian di SERP (Search Engine Results Page), yang muncul setelah mengetikkan kata kunci pencarian. Untuk menjaga agar hasilnya se-relevan mungkin bagi penggunanya, mesin pencari Google memiliki proses yang terdefinisi dengan baik untuk mengidentifikasi halaman web terbaik. Proses itu terdiri dari crawling, indexing, dan ranking. 

Bot mesin pencari akan merayapi (crawling) halaman website untuk menemukan halaman terpenting. Kemudian melakukan pengindeksan atau menyimpan informasi tentang semua halaman yang diambil untuk pengambilan nanti. Dan yang terakhir, menganalisis halaman indeks dengan mempertimbangkan banyak faktor untuk menentukan rangking/ peringkat halaman.

Berdasarkan algoritma Google tersebut, muncullah indikator-indikator utama SEO yang dapat dioptimasi agar website mendapatkan penilaian terbaik dalam mekanisme kerja mesin pencari yang telah disebutkan diatas. Tidak seperti iklan berbayar (Adwords), Anda tidak dapat membayar mesin pencari untuk mendapatkan peringkat penelusuran organik yang lebih tinggi.

Memahami Pentingnya SEO untuk website Anda

Mengapa langkah optimasi SEO begitu penting? Apa manfaatnya untuk website Anda? Pembahasan berikut akan menjawabnya

Meningkatkan visibilitas dan peringkat website Anda

Sudah disinggung sebelumnya, salah satu fungsi terpenting SEO adalah meningkatkan visibilitas, yang berarti memudahkan prospek menemukan Anda saat mereka mencari sesuatu yang mereka butuhkan. Visibilitas berhubungan langsung dengan peringkat Anda. Semakin tinggi peringkat Anda pada SERP, semakin besar kemungkinan prospek melihat Anda dan mengklik ke situs Anda.

SEO bukan jadi pilihan lagi, melainkan kewajiban untuk semua website ketika Anda mempertimbangkan kenyataan bahwa seperempat orang tidak pernah meng-klik website yang muncul pada halaman 2 dan seterusnya pada SERP. 

Mendapatkan trafik website

Ketika visibilitas dan peringkat website meningkat, maka lalu lintas web pun juga meningkat. Apalagi ada sekitar 75% pengguna Internet yang tidak pernah bergerak melewati halaman pertama.

Jadi, jika Anda ingin lebih banyak prospek menemukan situs web Anda melalui mesin pencari. Maka Anda memerlukan praktik SEO yang akan membantu Anda mendapatkan peringkat di halaman pertama antara lima posisi teratas, dan idealnya nomor satu.

Menciptakan pengalaman pengunjung yang lebih baik

Alasan lain mengapa SEO sangat penting adalah karena melakukan praktik SEO berarti setiap waktu yang dihabiskan semata-mata untuk menghasilkan konten yang bagus. Juga meningkatkan performa website, dan upaya-upaya lainnya agar website tampil sebaik mungkin di hadapan algoritma Google. Dengan peningkatan kualitas website itu pula akan berdampak pada terciptanya pengalaman pengunjung yang lebih baik.

Pentingnya peran jasa SEO

Seperti yang Anda lihat, SEO adalah pekerjaan penuh teknik, taktik, dan praktik terbaik. Kenyataan pahitnya lagi, indikator-indikator SEO selalu berkembang seiring dengan munculnya teknologi baru dari mesin telusur yang mengubah algoritma mereka. Jadi terlalu banyak yang harus Anda pelajari dan pikirkan jika ingin melakukan praktik SEO ini sendiri. 



Disinilah Anda perlu memanfaatkan agensi jasa SEO. Anda bisa mendapatkan tim profesional yang berspesialisasi dalam pengoptimalan SEO, yang dapat memberikan seratus persen waktu dan upaya mereka untuk menanganinya. Dengan mengalihkan upaya Anda ke jasa SEO, Anda pun dapat fokus pada area lain di perusahaan Anda.

Akan tetapi, memilih agensi yang tepat juga bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, saat ini penyedia jasa SEO semakin merajalela hingga sulit membedakan mana yang abal-abal dan mana yang kredibel. Maka dari itu, coba cermati tips memilih jasa SEO berkualitas dan tepat agar Anda dapat menemukan agensi SEO terbaik untuk perusahaan Anda.

Tips Memilih Jasa SEO Berkualitas Dan Profesional

Perhatikan Website Dari Penyedia Jasa SEO

Penting untuk memperhatikan website dari penyedia jasa SEO itu sendiri. Ini dapat memberikan gambaran mengenai layanan yang ditawarkan serta kualitas dari agensi tersebut. Jika Anda dapat menemukan website si penyedia jasa SEO melalui pencarian dengan kata kunci tertentu, maka Anda bisa mempertimbangkan agensi tersebut.

Meskipun website agensi SEO terbaik tidak mutlak harus berada di puncak SERP. Tetapi setidaknya berada di halaman 1 atau 2 menunjukkan bahwa agensi tersebut memiliki kapasitas yang mumpuni dalam mengoptimasi websitenya sendiri dan kemudian menerapkannya ke website Anda.

Jangan mudah tergiur dengan harga murah

Banyak sekali jasa SEO yang menawarkan jasa seo bergaransi halaman 1 Google dengan harga yang terbilang sangat murah. Namun, perlu dipertanyakan apakah mereka benar-benar melakukan optimasi website Anda dengan cara yang diperbolehkan. Sehingga Anda perlu berhati-hati dalam memilih sebuah layanan jasa SEO. Jangan hanya karena harga murah dan iming-iming ranking 1 Google membuat Anda langsung memilih layanan tersebut.

Pilihlah jasa SEO yang menawarkan harga masuk akal dengan rincian harga yang jelas. Bila perlu gali juga keahlian dan metode apa yang digunakan dalam praktik optimasinya. Tentu akan lebih nyaman dan menguntungkan bukan jika bekerjasama dengan perusahaan yang mau transparan?

Pilih agensi yang melayani secara aktif dan responsif

Optimasi SEO memerlukan waktu untuk melihat hasilnya/ tidak bisa jadi dalam sekejap. Oleh karenanya, penting untuk memilih agensi yang bisa berkomunikasi secara aktif, membantu dan menjawab pertanyaan Anda sebagai pemilik website sejelas mungkin, memberikan update bagaimana proses berjalan, pelaporan hasil, dan bekerja secara konstruktif. Semua itu dapat Anda pastikan terlebih dahulu dalam sesi konsultasi. Demikian ini akan menciptakan hubungan kerjasama berkepanjangan yang terbuka dan saling menguntungkan.

Grapiku, solusi optimasi SEO Google berkualitas dengan harga kompetitif

Kami – Grapiku merupakan spesialis desain branding dan digital marketing yang siap memenuhi kebutuhan optimasi SEO website Anda. Bersama Grapiku, Anda dapat yakin bahwa bisnis Anda dikelola oleh para profesional & spesialis SEO, teruji dalam pertempuran yang memiliki rekam jejak hasil.

Selain itu, kami tidak akan menawarkan harga paling murah. Melainkan harga yang pantas untuk hasil yang berkualitas namun satu hal yang pasti harga tersebut sangatlah kompetitif sehingga perlu Anda pertimbangkan. Hubungi kami segera untuk konsultasi secara gratis langsung bersama ahlinya!