Skip links

Aplikasi untuk Membuat Company Profile yang Pro

Sebuah perusahaan pasti membutuhkan identitas/ jati diri untuk menjelaskan posisi dan tujuannya serta mengungkap alasan mengapa perusahaan tersebut berdiri. Yang mana hal tersebut nantinya akan menjadi pembeda antara perusahaan yang satu dengan lainnya. Akan tetapi, identitas ini sendiri merupakan konsep yang cukup luas dan dinamis sehingga terkadang sulit untuk dijelaskan. 

Maka dari itu, perusahaan membutuhkan penggambaran profesional untuk menjelaskan tentang identitasnya. Dan penggambaran ini biasanya berbentuk pernyataan tersurat yang disebut dengan company profile. Artikel ini akan mengajak Anda untuk memahami lebih lanjut tentang company profile hingga aplikasi apa saja yang bisa digunakan untuk membuat company profile ini.

Apa itu company profile?

Company profile (profil perusahaan) adalah alat perkenalan perusahaan secara profesional kepada calon klien, investor, dan pemangku kepentingan lainnya yang memuat deskripsi ringkas mengenai identitas suatu perusahaan. Ini menceritakan banyak hal tentang perusahaan. Mencakup bagaimana latar belakang/ sejarah perusahaan berdiri, siapa saja orang di belakang perusahaan, apa kegiatan bisnis yang dilakukannya, hingga bagaimana reputasi dan prestasi perusahaan sepanjang perjalanan bisnisnya.

Company profile tersebut akan menjadi aset yang dimiliki dan dipegang oleh setiap perusahaan untuk menjalin menjalin kerjasama atau relasi yang baik dengan para pemangku kepentingan. 

Fungsi company profile

Fungsi pertama dan paling utama dari company profile adalah untuk membantu perusahaan mendekat dan memasuki lingkup segmen pasar baru, klien baru, dan segala kepentingan yang penting bagi pertumbuhan bisnis. Tak hanya itu, selain tujuan utama tersebut company profile juga memiliki beberapa fungsi mendetail lainnya, antara lain sebagai berikut:

Alat perkenalkan bisnis

Company profile mampu mempresentasikan segala informasi yang ingin Anda tawarkan kepada pemangku kepentingan. Hanya dengan membaca company profile, calon klien dapat mengetahui gambaran inti perusahaan. Ini sangat bermanfaat untuk mempersingkat pertemuan dan mempercepat proses kerja sama karena calon klien tidak perlu lagi bertanya secara detail tentang profil, visi, dan misi perusahaan secara langsung. 

Alat pemasaran

Dengan dunia bisnis yang semakin kompetitif, perusahaan yang selalu selangkah lebih maju dan tampak menonjol yang akan berhasil dalam jangka panjang. Salah satu wujud upaya untuk tampil menonjol dalam menciptakan kesan pertama yang baik dan membedakan perusahaan Anda dari para pesaing adalah melalui tampilan company profile. Yang utama, company profile yang ditulis dengan baik mampu membantu menegaskan kembali tempat Anda di pasar industri. Tetapi, memaksimalkan penggunaan elemen visual berupa gambar dan teks juga penting untuk membuat klien terkesan. Dengan tampilan dan isi company profile yang menarik bahkan hanya dipandang secara sekilas, maka ini dapat memicu keinginan calon klien mengenal lebih jauh perusahaan serta produk/ jasa yang Anda tawarkan dan pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan bisnis Anda.

Alat penjualan

Fungsi company profile juga untuk meyakinkan calon klien untuk melakukan bisnis dengan perusahaan Anda. Pasalnya, dengan company profile Anda bisa memasukkan hal apapun yang menjadi keunggulan Anda. Seperti kapasitas, kualitas, kekuatan dan keahlian yang relevan untuk ditonjolkan agar sesuai dengan kebutuhan klien saat mengajukan tender atau proposal. Demikian ini, tentu akan meningkatkan nilai positif dari perusahaan Anda yang juga cukup efektif untuk mendorong keputusan calon klien.

Kapan company profile digunakan?

Company profile yang juga sering disingkat menjadi compro ini diperlukan dalam beberapa kasus seperti berikut ini:

  • Untuk mengajukan tender dan kontrak.
  • Tercatat sebagai pemasok atau penyedia jasa bagi perusahaan besar atau instansi pemerintah
  • Untuk mengajukan pinjaman, pembiayaan atau hibah (bank dan investor memerlukan rencana bisnis dan/atau profil perusahaan).

Bentuk compro grafis

Perkembangan teknologi informasi dan internet memicu munculnya bentuk company profile perusahaan digital dan online. Seperti website company profile, video company profile, dsb. Namun, bentuk compro yang paling umum dan utama untuk setiap perusahaan adalah company profile grafis dalam bentuk dokumen dengan sejumlah halaman. 

Company profile grafis ini bersifat lebih variatif karena menggabungkan unsur teks dan gambar/ foto/ ilustrasi secara harmonis. Selain itu compro grafis juga dapat dipublikasikan ke dalam berbagai media, seperti media cetak buku company profile, maupun diunggah ke website dan platform online lainnya. 

Aplikasi untuk membuat company profile grafis yang pro

Untuk membuat company profile grafis yang profesional berarti Anda membutuhkan skill dalam bidang desain grafis. Yakni proses membangun tampilan sebuah publikasi atau presentasi yang menarik, proporsional, dan memukau. Sehingga dapat menaikkan minat pembaca sekaligus memudahkan pembaca memahami pesan yang disajikan.



Berikut aplikasi desain yang perlu anda pakai untuk mendesain compro grafis yang pro :

Adobe Illustrator

Adobe Illustrator (AI) adalah perangkat lunak desain terkemuka yang berpusat pada editor grafis vektor. AI ini sendiri dikembangkan dan dipasarkan oleh Adobe Systems yang rilis perdana 34 tahun lalu, tepatnya pada 13 Maret 1987. Melalui aplikasi AI, Anda bisa menggambar dengan menggunakan fitur alat pembentuk vektor.  Menambahkan bentuk geometris, font, gambar, pengaturan tata letak, dan menyempurnakan desain untuk menciptakan sesuatu yang spektakuler. Saat ini AI pun seakan sudah menjadi standar industri, karena adanya dukungan dari keluarga besar aplikasi Adobe yang saling berhubungan dan bekerja sama dengan mulus. 

Adobe indesign

Masih termasuk dalam keluarga perangkat lunak Adobe. Adobe InDesign terkenal untuk melayout majalah dan surat kabar sejak 1999. Perangkat lunak desain grafis ini sangat cocok untuk membuat compro karena Anda dapat menggunakan opsi ‘customize layout’ yang InDesign sediakan. Anda dapat mengubah teks dokumen Anda, dan grafik akan secara otomatis menyesuaikan.

CorelDraw

Sama seperti AI, CorelDraw juga memiliki banyak alat untuk membuat pekerjaan berbasis vektor dan menghasilkan hasil yang profesional. Bagi seorang pemula, mungkin menggunakan CorelDraw cenderung lebih mudah karena tampilan kerjanya yang cukup user friendly. Shortcut cukup mudah untuk Anda hafal dan aplikasikan, pengaturan layout yang mumpuni dan cepat dalam pengerjaannya. Pun banyak percetakan di Indonesia yang menggunakan aplikasi desain ini.

Microsoft PowerPoint

Microsoft PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi termasuk dalam paket aplikasi perkantoran Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. Company profile yang dibuat dengan PowerPoint memungkinkan Anda menyampaikan presentasi yang berisi teks, ikon dan gambar, bagan, grafik, dan infografis. Anda juga memanfaat template yang ada untuk membuat tata letak gambar dan teks secara lebih mudah. 

Microsoft Word

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Microsoft Word. Ya, perangkat lunak keluarga Microsoft Office yang handal dalam pembuatan dokumen dan pengolahan kata. Pada dasarnya, aplikasi ini juga bisa untuk membuat company profile. Namun hanya saja kini tidak lagi direkomendasikan karena fleksibilitas kurang, hasil compro pun terkesan monoton.

Itulah beberapa poin penjelasan tentang company profile, mulai dari pengertian, fungsi, hingga rekomendasi aplikasi untuk membuat company profile yang profesional. Semoga bermanfaat!

*Jika Anda ingin memiliki aset berharga profil perusahaan Anda, sedangkan Anda tidak memiliki skill mumpuni dalam desain grafis ataupun Anda terlalu sibuk dengan hal lain. Maka solusinya serahkan saja kepada jasa pembuatan company profile Grapiku! Grapiku berpengalaman dalam menghadirkan compro perusahaan, organisasi, instansi, dll baik itu yang sifatnya membuat baru dari awal maupun desain ulang compro yang telah ada. Silahkan kunjungi laman layanan desain company profile dan hubungi kontak untuk informasi lebih lanjut!