Skip links

Tips Marketing yang Tepat untuk Brand Lokal

Marketing adalah usaha untuk memperkenalkan produk kepada pelanggan. Usaha tersebut dilakukan dengan beberapa cara antara lain promosi, distribusi, penjualan hingga strategi pengembangan produk. Marketing bagi brand lokal sangat penting untuk dilakukan. Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan di Indonesia sendiri produk buatan luar negeri/ produk impor sudah banyak di pasaran dan banyak juga masyarakat yang memilih brand luar negeri dibandingkan brand lokal. Dengan begitu, produk luar negeri dapat menggeser pasar brand lokal. Akibatnya perusahaan lokal dituntut agar lebih kreatif dalam memasarkan produknya. Oleh karena itu, perusahaan lokal harus menaikkan brand melalui marketing yang tepat.

Dengan adanya marketing yang tepat membuat reputasi brand lokal Anda lebih bagus dan omset yang diraih pun bisa sesuai harapan. Agar bisnis Anda semakin meroket, di artikel ini kami akan membahas tips marketing yang tepat untuk brand lokal. Yuk, langsung saja simak artikelnya sampai selesai ya!

Mengapa marketing untuk brand lokal itu penting?

Berikut beberapa manfaat yang didapat apabila Anda menerapkan marketing untuk brand lokal :

1. Menaikkan citra perusahaan

Untuk mengembangkan bisnis dan melebarkan mitra yang dijalankan, sebuah perusahaan penting untuk mengelola dan membangun citranya sebaik mungkin. Citra perusahaan merupakan aset yang sangat penting dan harus terus menerus dipelihara. Hal ini bertujuan agar memberikan kepuasan tersendiri bagi pelanggan dan menarik masyarakat untuk terus loyal menjadi konsumen perusahaan.

Oleh karena itu, perusahaan harus meningkatkan citranya agar terlihat bagus di mata konsumen. Untuk menaikkan citranya, perusahaan harus memproduksi produk yang berkualitas dan harus dapat menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan atau konsumen. Menjaga hubungan baik dengan konsumen dapat dilakukan dengan cara menerima saran konsumen dengan senang hati.

Selain itu, menaikkan citra perusahaan brand lokal dapat dilakukan dengan cara marketing yang tepat. Apabila sebuah perusahaan memiliki citra yang baik di masyarakat, maka akan mempermudah bisnis dengan meningkatkan daya jual karena adanya kepercayaan yang diberikan kepada masyarakat oleh perusahaan.

2. Brand anda lebih mudah ditemukan konsumen

Jika marketing yang dilakukan perusahaan baik maka brand lokal perusahaan tersebut akan baik pula. Dengan usaha marketing yang baik, brand Anda akan lebih mudah ditemukan oleh konsumen. Hal ini harus diperhatikan perusahaan brand lokal jika ingin bersaing dengan produk luar negeri.

Pada zaman sekarang yang sudah canggih dikarenakan internet, kebanyakan orang atau konsumen akan melakukan riset terlebih dahulu di browser sebelum membeli produk yang mereka diinginkan. Mereka akan mencari semuanya tentang produk yang ingin dibeli mulai dari harga, deskripsi, gambar produk, ulasan/ rating dari pembeli, kualitas customer service dan lain sebagainya. Maka dari itu, marketing untuk brand lokal sangat penting untuk dilakukan.

Biasanya, setiap kali konsumen atau pembeli melakukan riset barang yang mereka inginkan nama brand Anda-lah yang akan terlihat di hasil pencarian. Apabila brand Anda tidak muncul di hasil pencarian atau tidak ditemukan, maka konsumen hanya akan mengenal kompetitor yang memiliki produk sama dengan bisnis yang Anda jalankan. Oleh karena itu, marketing brand lokal harus dilakukan agar produk yang Anda jalankan dapat dengan mudah ditemukan konsumen di browser.

3. Memenangkan persaingan brand lokal lain

Persaingan dengan brand lokal lain dapat dimenangkan dengan cara menggunakan marketing yang baik. Terlebih lagi sudah banyak UMKM yang sudah Go Online. Jika Anda mempunyai bisnis tetapi tidak didukung dengan marketing yang tepat, maka bisnis yang Anda jalankan bisa saja kalah bersaing dan resiko terbesarnya adalah gulung tikar.

Oleh karena itu, marketing sangat diperlukan dan harus dilakukan oleh perusahaan agar dapat memenangkan persaingan brand lokal. Pada zaman sekarang melakukan marketing dapat dilakukan menggunakan internet. Internet membuka pintu yang lebar bagi Anda untuk berinovasi. Tampilkan produk bisnis Anda pada website, marketplace atau media sosial dengan memasang foto produk yang menarik konsumen.

4. Target pasar yang jelas dan tepat

Dengan mengoptimalkan strategi marketing, target pasar yang akan Anda inginkan dapat jelas dan tepat. Produk dengan target pasar yang jelas dan tepat akan memberikan keuntungan yang lebih juga. Baik itu targetnya dari hobi, umur, demografi, jenis kelamin, kebiasaan dan lain sebagainya.

Jika Anda bertanya-tanya mengapa target pasar yang jelas dan tepat itu penting? Hal ini karena salah satu kunci bisnis berhasil adalah Anda harus tahu terlebih dahulu kepada siapa produk yang Anda tawarkan. Dengan target pasar yang jelas Anda bisa menerapkan satu strategi yang efektif untuk menawarkan produk yang Anda jual.

Selain itu, target pasar yang jelas dan tepat dapat membantu dalam mengarahkan kegiatan pemasaran kepada kelompok konsumen dengan karakter konsumen tertentu. Dengan demikian, target pasar yang tepat dan jelas merupakan bagian penting dalam mengukur, meningkatkan, dan menentukan potensi keberhasilan dalam membangun bisnis.

5. Meningkatkan penjualan produk

Pelanggan atau konsumen lebih senang membeli produk dari brand yang telah dikenal. Hal ini dikarenakan brand yang sudah banyak dikenal telah memiliki kepercayaan di hati pelanggan atau konsumen. Maka dari itu, marketing yang tepat untuk brand lokal sangat diperlukan untuk memikat hati konsumen.

Tujuan adanya marketing yang tepat untuk brand lokal adalah meningkatkan penjualan produk, sehingga pemasukan juga akan meningkat. Anda dapat memanfaatkan digitalisasi sebagai cara meningkatkan penjualan. Digital marketing membantu bisnis Anda menjangkau target pasar yang lebih luas. Saat ini terdapat banyak platform pemasaran yang dapat Anda gunakan. Mulai dari optimasi instagram, beriklan di Facebook Ads, Google Ads, optimasi website dengan SEO dan lain sebagainya.

Dengan usaha promosi yang sering Anda lakukan di berbagai platform, maka semakin mudah juga orang menemukan brand Anda. Pada akhirnya, kesempatan mereka untuk bisa tertarik dan membeli produk tersebut jadi semakin besar. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap tingkat penjualan produk.

6. Membangun keterikatan emosi positif ke konsumen

Brand lokal perlu menggunakan marketing untuk membangun keterikatan emosi positif dengan konsumen. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli suatu produk yaitu emosi. Manusia membeli produk berdasarkan emosi dibandingkan dengan logika.

Dengan ini diketahui bahwa emosi yang terlibat dalam pembelian dapat menciptakan ikatan dengan pelanggan yang berkontribusi langsung untuk membangun keuntungan dan keloyalan konsumen. Maka cara yang dapat dipakai untuk membangun keterikatan emosi positif konsumen adalah dengan melakukan branding secara online melalui iklan dan media promosi lainnya untuk membangkitkan sisi emosional konsumen.

Banyak manfaat yang didapat jika Anda membangun keterikatan emosi positif ke konsumen. Konsumen tidak hanya akan cenderung untuk membeli produk yang Anda tawarkan, melainkan banyak diantara mereka tidak ragu untuk merekomendasikan brand Anda kepada orang lain.

Tips marketing yang tepat untuk brand lokal

Banyak sekali manfaat marketing untuk brand lokal, selamat Anda sudah mengetahui itu semua. Dengan tips dan strategi marketing yang tepat, maka konsumen dapat dengan mudah mencari dan menemukan brand milik Anda. Berikut ada beberapa tips marketing bagus untuk brand lokal Anda :

1. Menggunakan website sebagai platform utama untuk marketing

Saat ini di era perkembangan digital, banyak sekali pilihan platform yang dapat Anda gunakan untuk marketing brand lokal. Mulai dari menggunakan media sosial atau marketplace. Namun, dengan kedua platform tersebut tidaklah cukup untuk menarik perhatian konsumen atau pelanggan. Nah, ada baiknya Anda menggunakan website sebagai platform utama untuk marketing brand lokal yang Anda tawarkan. Dengan adanya website, pelanggan atau konsumen akan lebih percaya dengan bisnis yang Anda jalankan. Oleh karena itu, mengandalkan media sosial saja belum cukup untuk membangun brand lokal Anda secara online.

Website merupakan media promosi yang paling murah, efektif, dan efisien. Untuk Anda yang ingin mengembangkan brand lokal, memiliki website sebagai platform utama untuk marketing adalah suatu keharusan karena akan memberikan keuntungan tersendiri. Di dalam website Anda dapat mendeskripsikan detail produk yang Anda tawarkan, kelebihan produk Anda, potongan harga, dan lain sebagainya. Dengan begitu, pelanggan Anda dapat menerima informasi dengan cepat dan tepat.

Tidak hanya itu, kebanyakan orang sebelum membeli produk biasanya melakukan riset terlebih dahulu di browser. Nah, saat konsumen melakukan riset di browser, hasil yang ditampilkan adalah website atau lapak di marketplace. Jika Anda memiliki website sendiri, ada kemungkinan yang cukup besar browser akan menampilkannya sebagai hasil pencarian untuk kata kunci tertentu bersamaan dengan sebuah lapak di marketplace.

Menggunakan website sebagai platform utama untuk marketing adalah hal yang tepat untuk Anda lakukan. Branding yang Anda lakukan jauh lebih mudah jika Anda mempunyai website. Tampilan pada website dapat diubah-ubah sesuai keinginan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Faktor inilah yang membedakan website dengan media sosial atau marketplace. Website memberikan Anda kebebasan untuk membangan sebuah branding sendiri mulai dari warna, logo, layout, fitur khusus, dan lain sebagainya.

2. Mengoptimalkan local SEO

Tips marketing yang tepat untuk brand lokal berikutnya yaitu mengoptimalkan local SEO. Anda harus bisa menguasai hasil pencarian lokal di browser agar usaha marketing yang Anda lakukan lebih baik. Local SEO adalah strategi yang dapat membuat bisnis Anda menjadi primadona dan bintang di lokasi sekitar Anda. Strategi ini sangat tepat dan cocok untuk Anda yang sudah memiliki  toko fisik atau toko konvensional yang bisa didatangi oleh konsumen.

Selain itu, local SEO juga strategi yang cukup menarik untuk dioptimalkan karena banyak orang yang melakukan pencarian melalui local SEO akan melakukan pembelian secara online maupun offline. Mengoptimalkan local SEO adalah cara untuk melakukan optimasi website agar mampu tampil di hasil pencarian di lingkup wilayah tertentu. Maka dari itu, mengoptimalkan local SEO merupakan strategi sangat bagus untuk melakukan marketing bagi brand lokal.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan local SEO, cara tersebut antara lain ciptakan kontel lokal, analisa kompetitor, perhatikan ulasan konsumen riset keyword dan lain sebagainya. Namun, cara yang bisa dikatakan untuk menjadi kunci dalam mengoptimalkan local SEO adalah riset keyword dan menggunakannya di website Anda. Tujuannya agar Anda tahu apa yang diinginkan konsumen dan kata kunci apa yang diketikkan di browser.

Dengan mengoptimalkan local SEO otomatis akan membantu bisnis Anda masuk di halaman pertama mesin pencari sehingga pengguna bisa menemukan Anda dengan mudah berdasarkan lokasi atau wilayah terdekat. Selain itu, dengan penerapan yang tepat Anda akan mendatangkan lebih banyak traffic ke website maupun peningkatan pembelian.

3. Gunakan google my business

Google my business atau google bisnisku adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk mengelola dan mengoptimalkan profil bisnis Anda di google. Jika Anda belum memiliki google my business segara buat akun dan lakukan verifikasi. Jika sudah memiliki akun, coba cek kembali kelengkapan profil Anda. Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan agar bisnis Anda lebih mudah ditemukan dalam pencarian lokal :

  • Mengisi nama, lokasi, nomor telepon aktif, kategori bisnis, jam operasional, foto, dan atribut atau deskripsi bisnis. Lakukanlah update jika memang ada perubahan informasi.
  • Mengajak pelanggan untuk memberikan review agar bisnis Anda semakin kredibel serta jangan lupa untuk merespon mereka.

Dengan data google my business yang lengkap, bisnis yang Anda jalankan akan lebih mudah dideteksi atau diindeks oleh google sehingga muncul di hasil pencarian google dan google maps. Tidak hanya itu, dengan google my business ini bisa memperkuat local SEO. Hal ini dikarenakan jika ada yang mencari brand Anda secara khusus maka informasinya akan langsung ditampilkan di halaman pertama google.

4. Membuat buyer persona

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa salah satu pentingnya marketing untuk brand lokal adalah target pasar yang jelas dan tepat. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menyasar target yang jelas dan tepat adalah membuat buyer persona. Di dunia digital marketing, membuat buyer persona menjadi hal yang penting.

Buyer persona adalah representasi dari target pelanggan yang didapatkan dari hasil riset yang mendalam. Bisa dikatakan juga bahwa buyer persona yaitu salah satu strategi yang dilakukan untuk mengidentifikasi keinginan konsumen. Pada saat Anda membangun bisnis harus didasari dengan keinginan konsumen agar bisa mendapatkan target pasar yang jelas.

Tanpa adanya target pasar yang jelas dan tepat akan dipastikan sulit untuk mendapatkan konsumen. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membuat buyer persona agar lebih mudah untuk menemukan target yang tepat dari konsumen. Dengan melakukan hal tersebut bisnis yang Anda jalankan akan lancar, terutama dalam dunia digital.

Pada dasarnya buyer persona akan membantu perusahaan untuk lebih memahami target konsumen. Selain itu, buyer persona juga akan membantu Anda dalam memahami pelanggan dan calon pelanggan dengan baik. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam penyesuaian konten, pengembangan produk dan lain sebagainya.

5. Menentukan nilai jual brand

Menentukan nilai jual brand sangat penting dilakukan karena membuat brand memiliki ciri khas dari kompetitor. Dengan meningkatkan nilai jual brand, maka produk Anda akan kuat bersaing di pasaran.

Produk yang memiliki nilai jual lebih tinggi juga akan menjadi buruan utama pelanggan. Pasalnya, produk dengan nilai jual tinggi dianggap sebanding untuk dibeli, walaupun produk tersebut memiliki harga yang tinggi. Maka dari itu, marketing penting untuk dilakukan agar dapat meningkatkan nilai jual brand.

Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan nilai jual brand lokal Anda. Cara tersebut antara lain mempercantik kemasan, memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas, berikan garansi produk, berikan umpan balik dan lain sebagainya. Dengan meningkatkan nilai jual brand, maka produk yang Anda jual akan terlihat lebih eksklusif. Dan ketika konsumen sudah menemukan nilai dari sebuah brand, mereka akan meningkatkan loyalitas kepada brand tersebut.

6. Mengelola blog agar dapat memberikan value

Anda harus mengetahui bagaimana cara mengelola blog yang baik dan efektif untuk mempromosikan bisnis Anda. Jika Anda mengetahui cara mengelola blog yang baik dan efektif maka Anda dapat meningkatkan brand awareness. Selain itu, dengan adanya blog juga dapat mendorong lebih banyak penjualan, sehingga keuntungan yang didapat pun akan semakin meningkat.

Banyak orang mengatakan bahwa mereka mendapatkan value setelah membaca blog. Value tersebut bisa berupa informasi bermanfaat seperti tips, panduan, info promo terbaru yang berhubungan erat dengan produk Anda. Dengan begitu, pengunjung situs website Anda juga akan meningkat. Nah, dapat kita simpulkan bahwa lewat website konsumen akan jadi lebih dekat dengan brand melalui pendekatan content marketing.

Banyak manfaat yang didapat jika suatu perusahaan atau individu memilih blog sebagai media marketing untuk berbisnis. Manfaatnya yaitu artikel atau tulisan di blog akan terdeteksi oleh mesin pencarian google, potensi untuk dikenal dan menebar manfaat lebih luas, membangun personal branding dan lain sebagainya. Cara mengelola blog yang baik dan efektif pun ada banyak, cara tersebut antara lain menentukan topik blog, menulis konten artikel yang menarik, tambahkan CTA (call To Action) dan lain sebagainya. Strategi blog sebagai media marketing sangat cocok untuk membangun kredibilitas brand lokal dalam jangka waktu yang panjang.

7. Memanfaatkan media sosial resmi dengan baik

Sosial media untuk marketing adalah salah satu cara yang cukup efektif untuk menghasilkan konversi bagi bisnis Anda. Anda harus bisa memanfaatkan media sosial untuk bisnis karena dengan masifnya perkembangan teknologi saat ini, dapat dikatakan bahwa digital marketing adalah strategi untuk pemasaran yang baik dan efektif untuk meraup lebih banyak keuntungan. Saat ini ada banyak platform sosial media untuk promosi misalnya instagram, facebook, twitter, youtube dan lain sebagainya.

Sosial media untuk marketing merupakan cara yang populer karena membantu perusahaan brand lokal menjangkau audiens target mereka dengan cara yang efisien. Media sosial yang dikelola dengan baik bisa memberikan pengalaman yang memuaskan bagi konsumen Anda. Bahkan banyak konsumen yang tidak akan ragu merekomendasikan sosial media Anda ke orang lain sehingga brand Anda akan lebih dikenal.

Sosial media juga bermanfaat untuk perusahaan dalam menciptakan hubungan dengan konsumen mereka yang pada akhirnya meningkatkan penjualan dan pendapatan. Meskipun butuh waktu yang tidak singkat untuk merencanakan sosial media marketing, jika Anda melakukannya dengan sungguh-sungguh dan dengan pertimbangan yang matang, hasil yang didapat pun pasti akan sepadan.

8. Menggunakan strategi periklanan yang efektif

Promosi penjualan adalah salah satu strategi dalam bisnis untuk meningkatkan minat pelanggan untuk membeli produk perusahaan. Nah, promosi penjualan yang baik dapat dilakukan dengan cara menggunakan strategi periklanan yang efektif. Hal ini dilakukan agar penjualan meningkat sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan yang tinggi.

Strategi periklanan dapat dikatakan cara promosi penjualan yang cukup efektif. Ditambah dengan pesatnya perkembangan teknologi internet, iklan dapat dilakukan dengan digital menggunakan media sosial atau platform yang lainnya. Selain itu, biaya yang dikeluarkan untuk iklan digital lebih murah dibandingkan Anda memasang iklan di baliho atau billboard. Terlebih lagi, saat ini sudah banyak platform digital yang dapat Anda gunakan untuk beriklan diantaranya yaitu :

  • Google Ads
  • Instagram Ads
  • Facebook Ads
  • Tiktok Ads
  • YouTube Ads

Berikut kami berikan tips menggunakan iklan digital sebagai strategi marketing untuk meningkatkan brand awareness bisnis :

1. Memahami tujuan iklan

Anda perlu memahami tujuan kampanye iklan dibuat sebelum menjalan iklan. Memang benar iklan secara garis besar bertujuan untuk promosi. Namun, jika dijelaskan lebih detail sebenarnya iklan digital memiliki beberapa tujuan.

Anda harus memahami dan mengetahui tujuan iklan agar lebih mudah untuk menentukan materi iklan, sehingga iklan yang Anda buat akan tepat sasaran. Tujuan iklan diantaranya yaitu :

  • Meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness.
  • Memberi informasi kepada audiens tentang macam-macam produk yang telah ada dan disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.
  • Mengenalkan produk baru kepada pelanggan.
  • Meningkatkan penjualan produk kepada calon konsumen baru.
2. Membuat kampanye iklan yang relevan dan menarik

Iklan online berbeda dengan iklan offline, iklan online tidak boleh asal-asalan dalam menata. Kampanye Iklan online harus sesuai dengan tujuan dan target audiens. Iklan online memerlukan teknik khusus agar membuatnya menarik di mata calon konsumen.

Dalam membuat iklan online Anda harus berpikir kreatif agar konsumen ingin membeli produk yang Anda tawarkan. Maka dari itu, Anda perlu tahu beberapa tips yang diperlukan untuk membuat iklan yang relevan dan menarik. Berikut beberapa tipsnya :

  • Kombinasikan konten dengan teks, gambar, warna, video atau animasi agar menarik.
  • Gunakan teknik copywriting dengan kalimat-kalimat persuasif, sehingga audiens tertarik dengan iklan Anda.
  • Memberikan informasi detail produk, keunggulan produk, harga, diskon atau penawaran promo terbatas untuk menarik minat audiens.
3. Pamerkan USP Anda

USP (Unique Selling Point) adalah suatu strategi yang diterapkan perusahaan dalam membangun brand awareness agar produk maupun layanan Anda berbeda dan lebih unggul dibandingkan dengan kompetitor. Setelah menentukan USP brand bisnis Anda, jangan ragu untuk menunjukkannya dalam materi iklan.

Selain itu, USP adalah cara perusahaan agar dapat menunjukkan fungsi, manfaat, dan keunggulan produk maupun pelayanannya secara lebih maksimal. Dengan begitu, audiens akan lebih tahu apa yang membedakan brand dibandingkan dengan brand kompetitor. Hal ini tentu bisa mendongkrak penjualan dan nama brand Anda.

4. Menggunakan tools analytics untuk mengevaluasi kinerja iklan

Anda perlu melakukan kegiatan analisis selama iklan berlangsung untuk mengetahui performa iklan dan tingkat efektivitasnya. Melakukan kegiatan analisis ini penting karena untuk mengetahui kampanye iklan yang sudah efektif atau belum. Tidak hanya itu, kegiatan analisis juga berfungsi untuk meningkatkan performa bisnis.

Dengan menggunakan data analytics tools terbukti bisa membuat perusahaan Anda berkembang ke arah yang lebih baik. Untuk mengembangkan bisnis Anda, ada baiknya Anda menggunakan perangkat lunak yang satu ini. Pasalnya, jika Anda menggunakan perangkat data analisis banyak manfaat yang akan didapat seperti melakukan proses analisa data menjadi lebih mudah, ringkas, dan tidak menghabiskan banyak waktu.

9. Manfaatkan Whatsapp Bisnis

Tips terakhir marketing yang tepat untuk brand lokal adalah memanfaatkan whatsapp bisnis.

Whatsapp bisnis adalah aplikasi pengirim pesan yang dirancang khusus untuk mempermudah pemilik bisnis berinteraksi dengan pelanggan atau konsumen. Whatsapp bisnis dirancang sesuai kebutuhan para pemilik bisnis kecil agar selalu terhubung secara pribadi dengan pelanggan atau konsumen.

Dengan whatsapp bisnis, Anda bisa membuat profil bisnis dan membangun kredibilitas sehingga pelanggan atau konsumen percaya terhadap brand yang Anda tawarkan. Anda juga dapat memberikan informasi kontak dan jam operasional toko Anda. Selain itu, whatsapp bisnis memiliki berbagai fitur yang dapat membantu bisnis Anda agar tetap berhubungan dengan pelanggan atau konsumen yang sudah ada dan mengelola penjualan dengan baik.

Sudah siap melakukan marketing terbaik Anda?

Di Artikel ini Anda sudah mengetahui pentingnya melakukan marketing dan beberapa tips marketing yang tepat untuk brand lokal. Dari beberapa tips marketing brand lokal diatas manakah yang Anda gunakan? Atau bahkan Anda melakukan semua tips diatas? Pastikan Anda memilih tips yang sesuai dengan tenaga, waktu, dan biaya yang Anda punya.

Bagi Anda yang saat ini masih menjalankan promosi offline cobalah berganti ke promosi online. Strategi marketing online untuk brand lokal memiliki banyak manfaat dan kelebihan dibandingkan dengan marketing offline. Strategi marketing online yang tepat adalah dengan cara menggunakan website, website sangat cocok untuk tujuan branding dan promosi produk yang Anda tawarkan.

Dan jika kebetulan Anda ingin membuat website untuk menjalankan strategi marketing online, Anda dapat membuatnya di Grapiku. Wujudkan website impian Anda bersama Grapiku. Kami akan melayani Anda sepenuh hati karena kepuasan pelanggan adalah prioritas bagi kami.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, lakukan strategi marketing online terbaik Anda dengan membuat website di Grapiku sekarang juga!