Skip links

Seberapa Perlu Bisnis Menggunakan Social Media Marketing

Media sosial dengan cepat telah menjadi salah satu aspek terpenting bagi sebuah bisnis. Keberadaannya dapat menjadi alat marketing strategis untuk membantu memberikan eksposur bisnis yang dibutuhkan dalam rangka mengubah penggemar/ pengikut menjadi pelanggan setia. Tetapi, sayangnya saat ini banyak bisnis yang mengesampingkan social media marketing atau pemasaran media sosial ini. Dan mungkin sebagian besar pelaku usaha masih bertanya-tanya tentang:

Apa itu sebenarnya pengertian social media marketing?

Seberapa perlukah bisnis menggunakan social media marketing? 

Apa keuntungan yang saya dapat jika menggunakan social media marketing?

Nah, kami telah menyusun artikel berikut ini untuk membantu Anda menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Apa itu social media marketing?

Social media marketing atau pemasaran media sosial adalah bentuk strategi pemasaran online/ digital untuk memasarkan produk atau layanan dengan menggunakan platform media sosial. Memasarkan produk/ layanan ini bisa melalui berbagai metode dan berbagai tujuan. Seperti membangun kehadiran bisnis di media sosial, terhubung dengan audiens, meningkatkan lalu lintas situs web, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan. Adapun jenis-jenis media sosial yang sering digunakan adalah Facebook, Instagram, Twitter, dan media sosial lain yang banyak peminatnya. 

Pemasaran media sosial ini sendiri mencakup aktivitas organik seperti mengupload pembaruan teks dan gambar atau video lewat feed, story, live streaming, dll. Maupun  dengan kampanye iklan berbayar untuk menargetkan audiens secara lebih spesifik. Seperti berdasarkan demografi audiens target, baik dari segi gender, usia, pekerjaan, hobi, bahkan minat mereka.

Seberapa perlu bisnis menggunakan social media marketing?

Tentu sangat perlu! Berdasarkan laporan “Digital 2021: The Latest Insights Into The State of Digital” oleh We Are Social dan Hootsuite dalam artikel berita kompas.com, jumlah pengguna media sosial di Indonesia pada Januari 2021 mencapai setara 61,8 persen dari total penduduk Indonesia. Ini berarti media sosial menjadi platform yang sangat digandrungi oleh berbagai kalangan usia dan generasi.

Orang-orang mengandalkan media sosial untuk melihat apa yang orang lain katakan sampai mengikuti tren di media sosial dan mengikuti produk dan layanan favorit mereka. Jadi, jika bisnis Anda tidak memiliki profil media sosial, maka calon konsumen potensial Anda pun kemungkinan besar akan menemukan pesaing Anda terlebih dahulu.

Manfaat menggunakan social media marketing bagi bisnis

Untuk mengetahui seberapa perlu dan pentingnya menggunakan social media marketing bagi bisnis, coba simak beberapa manfaat utama social media marketing yang dapat membantu bisnis Anda tumbuh dan berkembang berikut ini.

Meningkatkan visibilitas bisnis

Jika orang tidak tahu tentang bisnis Anda maka mereka tidak bisa menjadi pelanggan Anda. Dari sinilah kehadiran online melalui media sosial berperan meningkatkan visibilitas Anda di antara calon pelanggan dari kalangan pengguna media sosial.

Pasalnya, media sosial bukan tidak mungkin menjadi tempat pencarian pertama ketika seseorang sedang mencari tentang sesuatu. Agar visibilitas bisnis Anda tampak bagus dan berkesan sehingga dapat membuat orang mengikuti/ menjadi penggemar profil bisnis Anda, tentu Anda harus mengatur profil dan menyajikan konten yang menarik pula.

Mendapat pemirsa baru

Sekarang ini, lebih mudah untuk terhubung ke pelanggan potensial melalui platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, Linkedln, dll. Dengan konten yang berbobot, Anda dapat menarik perhatian pemirsa untuk kemungkinan mereka membagikannya ke profil mereka juga. Itu artinya akan lebih banyak orang yang mungkin bukan pengikut profil media sosial Anda yang melihat konten tersebut.

Ini sangat berharga, karena sebagian besar konsumen cenderung lebih mempercayai rekomendasi dari teman dan keluarga daripada dari perusahaan itu sendiri. Selain itu, Anda juga dapat menjangkau audiens yang lebih luas secara organik melalui penggunaan hashtag/ tagar.

Mendapat lebih banyak prospek yang berkualitas

Dalam banyak kampanye pemasaran secara umum, akan ada kemungkinan ketika kampanye tersebut menyasar audiens yang memiliki ketertarikan dengan penawaran dan beberapa bahkan tidak pernah tertarik sama sekali. Namun, ini tidak terjadi dengan memasarkan kepada pengguna yang sudah menjadi pengikut/ penggemar media sosial perusahaan Anda.

Fakta bahwa mereka mengikuti Anda di Facebook, Twitter, Instagram atau situs platform sosial lainnya berarti mereka sudah ingin tahu lebih banyak tentang bisnis Anda dan mengambil tindakan yang mereka inginkan. Sampai disini berarti Anda telah mencapai demografis yang memenuhi syarat dan mendapatkan lebih banyak prospek yang berkualitas untuk konversi.

Meningkatkan brand awareness

Selain website company profile, sebuah bisnis juga bisa menggunakan media sosial untuk meningkatkan brand awareness. Karena melalui platform ini dapat digunakan untuk menunjukkan sikap proaktif bisnis Anda dalam memberikan pelayanan sehingga lebih bisa diakui oleh masyarakat.



Seperti yang telah diketahui pula, bahwa brand awareness berkaitan dengan tingkat kesadaran seseorang (mengenali dan mengingat) adanya sebuah brand/ merek. Ketika brand awareness sebuah brand tinggi, maka bisa dibilang lebih unggul daripada brand lain sebab konsumen lebih cenderung membeli produk dengan merek yang lebih menonjol dan sudah akrab di benaknya.

Meningkatkan reputasi bisnis

Media sosial adalah cara yang baik untuk melibatkan dan berinteraksi dengan pelanggan. Semakin banyak Anda berkomunikasi dengan audiens, semakin banyak peluang konversi yang Anda miliki. Melalui media sosial Anda bisa memajang konten-konten terbaik untuk meyakinkan audiens. Disamping itu juga menepis ulasan negatif dengan memberikan klarifikasi untuk mengatasi publisitas negatif.

Untuk melakukan hal tersebut, Anda harus tetap proaktif, terus memantau dan memeriksa fitur chat, komentar, dll serta memiliki manajemen krisis yang efektif. Contohnya dengan menanggapi ulasan secara profesional alih-alih menghapusnya, dan meminta maaf atas kesalahan apa pun.

Hal tersebut juga secara tidak langsung membantu bisnis Anda membangun merek yang handal dan dapat dipercaya.

Menghemat biaya pemasaran

Pemasaran media sosial bisa jadi cara paling hemat biaya. Karena Anda bisa membuat akun, mendaftar dan menggunakan hampir semua platform jejaring sosial secara gratis. Dan jika Anda memutuskan untuk menggunakan iklan berbayar di media sosial. Maka Anda bisa memulainya dari yang kecil untuk melihat seberapa efektif kampanye iklan tersebut. Penting untuk menjadi hemat biaya karena ini membantu Anda mencapai laba atas investasi yang lebih besar dan memiliki anggaran yang lebih besar untuk pembayaran pemasaran dan bisnis lainnya.

Mendapat feedback yang berguna bagi perkembangan bisnis

Seperti yang kita ketahui, bahwa interaksi media sosial sangatlah dinamis karena kemudahan fitur-fiturnya. Dari hal itu, Anda bisa menggunakannya sebagai wadah layangan pelanggan, melalui fitur komentar, jajak pendapat, polling sederhana, dll Anda bisa mengetahui apa yang baik dan apa yang kurang dari produk/ layanan Anda.

Dari pantauan dinamika respon dan umpan balik para pengikut/ penggemar, Anda bisa melakukan evaluasi tentang apa yang harus Anda lakukan kedepannya. Seperti contohnya memikirkan produk baru apa yang dibutuhkan konsumen, program apa yang paling banyak menarik antusias konsumen, peningkatan kinerja customer service, dsb.

Mulai terapkan social media marketing sekarang!

Melihat banyaknya manfaat menerapkan strategi social media marketing atau pemasaran media sosial, tentu sudah saatnya bagi Anda untuk segera memulainya. Namun, perlu digaris bawahi pula bahwa melakukan social media marketing menjadi tidaklah semudah yang Anda bayangkan karena semakin tingginya tingkat kompetisi. Sehingga Anda memerlukan rencana serta manajemen media sosial yang tepat dan atraktif untuk tampil menonjol di tengah keramaian pasar.

Oleh karena itu penting bagi bisnis untuk berinvestasi dalam strategi pemasaran media sosial yang baik dengan menggandeng agensi social media marketing/ jasa manajemen media sosial profesional seperti halnya Grapiku. Dengan layanan Grapiku, Anda dapat fokus menjalankan aktivitas bisnis yang lain sementara pemasaran media sosial ditangani oleh tim profesional dan berpengalaman. Juga lebih menghemat biaya daripada untuk membayar gaji karyawan untuk mengelola media sosial sendiri yang belum pasti hasilnya. Jangan ragu, hubungi kami sekarang dan konsultasi gratis seputar layanan media sosial yang terjangkau dan efisien!