Skip links

Cara Membuat Desain Kemasan Produk yang Menarik Beserta Contohnya

Tidak dapat dipungkiri bahwa kesan pertama tak jarang menjadi faktor penting dalam cara orang memandang sesuatu. Seperti halnya ketika seseorang memiliki kebutuhan akan sebuah barang. Jika dihadapkan pada berbagai pilihan produk yang sebenarnya memiliki nilai fungsi sama tetapi memiliki tampilan luar yang berbeda. Maka produk yang memiliki kemasan yang menarik dan eye catching lah yang berpeluang besar untuk mereka pilih. Hal ini wajar saja, karena baik tidaknya kesan visual pada kemasan tersebut mampu mempengaruhi persepsi psikologis orang dalam mengambil keputusan.

Dengan kata lain, kemasan ini dapat sangat membantu dalam mengamankan kesan pertama yang baik dan mendorong penjualan sebuah produk. Oleh karenanya, sudah menjadi keharusan bagi sebuah brand/ perusahaan menggolongkan kebutuhan kemasan produk dalam keputusan manajerial yang sangat penting.

Nah, dalam kesempatan kali ini kami akan bahas lebih dalam mengenai kemasan produk hingga cara membuat desain kemasan produk yang tepat dan menarik calon konsumen. Mari simak bersama!

Apa itu kemasan produk?

Kemasan adalah wadah, bungkus atau bagian luar suatu produk yang mengaitkan bentuk, struktur, material, warna, tipografi, citra, dan elemen-elemen desain dengan informasi produk. 

Kemasan dibuat supaya produk bisa ditransportasikan, didistribusikan, disimpan, dijual, dan dipakai dengan baik dan layak. 

Dengan mengemas, bisa dikatakan secara tidak langsung juga telah membangun identitas brand/ merek sehingga menghasilkan diferensiasi atau keunikan tersendiri. 

Fungsi dan manfaat pengemasan produk 

Tidak hanya sebagai pembungkus, akan tetapi fungsi kemasan produk jauh lebih luas dari pada itu. Berikut berbagai fungsi dan manfaat yang dapat anda peroleh dari penggunaan kemasan:

  • Melindungi produk.

    Ini merupakan fungsi utama dari sebuah kemasan. Ia secara fisik digunakan untuk melindungi produk/ barang dari kerusakan yang mungkin ditimbulkan karena faktor lingkungan seperti kelembaban, debu, perubahan suhu, dll. 

    • Menyampaikan informasi produk. Kemasan juga menjadi alat penting untuk menginformasikan pelanggan tentang produk. Seperti informasi penting tentang nama produk, petunjuk penggunaan, petunjuk penyimpanan, bahan, peringatan, informasi layanan konsumen, dsb. Menampilkan informasi penting mengenai produk ini membantu calon pembeli memahami apa yang mereka akan beli.
      Semakin baik pembeli memahami apa yang mereka beli, semakin besar kemungkinan mereka senang dengan pembelian tersebut.
    • Meningkatkan kenyamanan dan keamanan. Barang harus diangkut, didistribusikan, disimpan, selama perjalanan dari produksi hingga konsumsi. Pengemasan akan membuat proses penanganan barang menjadi lebih nyaman bagi semua pihak yang terlibat. Selain itu, kemasan juga mengamankan barang dari elemen asing atau perubahan apapun serta mengurangi resiko pencurian.
  • Meningkatkan kekuatan brand dan penjualan.

    Kemasan produk yang bagus juga akan membuat branding produk tersebut meningkat. Brand merupakan salah satu kunci untuk pembelian karena tak sedikit orang yang loyal kepada brand. Apabila kemasan produk anda tampil unik, maka mudah sekali bagi customer untuk mengingat dan mengidentifikasi brand anda di tengah kompetisi dengan produk lainnya. 

Jenis-jenis kemasan

Jenis produk yang berbeda tentu memerlukan jenis kemasan yang berbeda pula. Jika dilihat dari struktur isinya sendiri, kemasan dapat dibedakan menjadi:

  • Kemasan Primer, yaitu kemasan untuk membungkus produk (bahan pangan) secara langsung. Contohnya pouch, sachet, kaleng, botol, gusset, cup kopi, paper bowl, food pail, dll.
  • Kemasan Sekunder, yaitu kemasan untuk mengemas produk yang telah dibungkus dengan kemasan primer. Contoh jenis kemasan ini adalah karton untuk mengemas kaleng, kemasan yang biasa untuk sistem take away seperti paper bag, tote bag, kantong plastik, coffee cup holder, dll. 
  • Kemasan Tersier dan Kuarter, yaitu kemasan untuk menyimpan, pengiriman atau identifikasi. Kemasan tersier umumnya digunakan sebagai pelindung selama pengangkutan.

Cara membuat desain kemasan produk yang bagus & menarik

Ada beberapa teknik efektif yang dapat digunakan untuk memastikan bahwa kemasan yang anda buat menjadi alat pemasaran yang hebat untuk produk anda. Mari simak cara membuat desain kemasan produk bagus, menarik, serta tepat berikut ini:

  • Tentukan konsep desain sesuai dengan target konsumen

Perusahaan harus jelas kepada siapa kemasan tersebut dirancang untuk menarik dan mengesankan. Katakanlah target konsumennya adalah kaum muda, maka cocok untuk mengusung konsep abstrak maupun modern yang terlihat lebih minimalis. Tetapi jika target pelanggan adalah orang tua, maka desainnya harus lebih jelas dan spesifik.

  • Tunjukkan nama merek dan produk secara jelas

Kebanyakan pelanggan tidak akan membeli suatu produk jika mereka tidak tahu produk siapa yang mereka beli. Jadi, tampilkan nama merek/ logo brand anda pada kemasan anda sebagai strategi pencitraan merek yang baik.

  • Tonjolkan manfaat/ keunggulan produk anda

Produk anda mungkin memiliki elemen atau manfaat unik tertentu. Ini adalah nilai jual yang sangat besar sehingga baiknya ditonjolkan pada kemasan. Misalnya, jika produknya “organik”, “tanpa bahan pengawet”, atau variasi rasa tertentu, dll itu harus tertulis pada kemasan dan ditampilkan dengan jelas.

  • Buatlah unik, sesuai citra brand agar diingat 

Meski bentuk dan ukuran kemasan anda sama dengan miliki kompetitor, desain tetap harus berbeda. Dalam kebanyakan kasus, sebuah produk berdiri sendiri atau mewakili merek tertentu. Demikian ini akan lebih baik jika desain kemasan dibuat sesuai dengan citra brand itu sendiri. Seperti menggunakan warna dan font yang telah ditentukan dalam brand guideline

  • Tambahkan elemen grafis lain

Jika diperlukan, anda juga bisa mencantumkan gambar produk anda untuk merepresentasikan produk dalam kemasan. Atau dengan menambahkan ilustrasi-ilustrasi yang menambah keunikan dan estetika kemasan. 

Contoh desain kemasan produk

Grapiku sebagai jasa branding unggul dan berkualitas di Indonesia, telah sukses menghadirkan desain kemasan produk yang menarik sesuai permintaan klien, Berikut ini beberapa desain kemasan produk persembahan Grapiku:

Penutup 

Demikian pembahasan mengenai tips dan cara membuat desain kemasan produk yang menarik dan tepat. Semoga artikel kami ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian dalam merencanakan pembuatan kemasan produk.

Memang membuat desain kemasan yang optimal untuk pemasaran itu bukanlah hal yang mudah. Dan bila anda mengalami kesulitan, serahkan saja segala kebutuhan desain kemasan anda kepada Grapiku. Kami akan memberikan solusi kreatif dan efektif dengan jaminan hasil yang memuaskan.

FAQ

Beberapa pertanyaan yang sering diajukan dalam pembuatan desain kemasan

Apakah layanan desain kemasan Grapiku sudah termasuk jasa cetak?

Tidak, kami hanya mendesain saja. Namun, kami siap membantu mengatur desain sedemikian rupa untuk memudahkan pencetakan di pihak ketiga. 

Berapa harga jasa desain kemasan di Grapiku?

Harga pembuatan desain kemasan bervariasi dan negotiable berdasarkan kebutuhan dan konsep desain yang ingin ditonjolkan. Untuk detailnya, silahkan hubungi kontak kami untuk mendapatkan harga penawarannya. Tidak perlu ragu, kami pastikan bahwa budget yang anda keluarkan nantinya sangat pantas dengan kualitas hasil terbaik yang anda dapat.

Apa keunggulan Grapiku dibandingkan jasa desain kemasan lainnya?

Di Grapiku, proses desain dilakukan dengan proses analisis penuh agar kebermanfaatan desain nantinya dapat anda rasakan. Kami selalu melakukan riset target pasar anda, lingkungan ritel dan kompetitor, kepribadian merek, fungsionalitas produk, dan tentu saja, faktor anggaran dalam mengembangkan kemasan untuk memenuhi semua tujuan anda.

Bisakah Grapiku membuat elemen pemasaran lain untuk digunakan dengan kemasan saya?

Segala sesuatu yang berhubungan dengan produk anda dapat kami buat. Mencakup toko online, desain brosur, desain banner, desain katalog produk, dsb. Kami akan membantu anda membangun tampilan merek yang kuat dan menarik di semua materi pemasaran produk anda.