Skip links

WordPress : Pengertian, Sejarah, Kelebihan dan Kekurangannya

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet melahirkan sebuah media baru yaitu website, yang semakin lama semakin berkembang dan dimanfaatkan dalam setiap bidang kehidupan. Website merupakan sarana penyampaian informasi secara online yang memiliki fasilitas dasar internet yang mampu menembus batasan ruang dan waktu. Nah, salah satu platform yang baik untuk membuat website adalah WordPress.

Mengapa WordPress dikatakan baik untuk membuat website? Hal ini karena statistik menunjukkan bahwa ada sekitar 64 juta website yang dibangun dengan menggunakan WordPress. Mungkin Anda penasaran, mengapa banyak orang yang tertarik menggunakan WordPress untuk membuat website? Untuk mengetahui hal tersebut yuk simak penjelasan di bawah, kita mulai dari pengertian WordPress dahulu ya!

Apa Itu WordPress?

WordPress merupakan salah satu CMS (Content Management System) bersifat open source (sumber terbuka) yang digunakan untuk membuat website. Sifatnya yang open source membuat WordPress memiliki banyak komunitas dan dukungan, yang akhirnya membuat WordPress menjadi CMS paling populer untuk saat ini. Hal tersebut dikarenakan WordPress menjadi software paling mudah untuk membuat website atau blog yang kuat. WordPress sendiri dibuat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database

CMS yang satu ini memudahkan untuk membuat sebuah website tanpa harus memprogramnya secara manual. Semua pengaturan dibuat melalui antarmuka pengguna grafis yang mudah dipahami oleh siapa saja. Oleh karena itu, WordPress juga dapat digunakan oleh orang yang kurang memahami pemrograman. Terlebih lagi dengan menggunakan WordPress, Anda dapat menata tampilan, menambahkan fitur, dan membuat konten di website dengan mudah karena tanpa coding.

Sejarah WordPress

Sejarah WordPress dimulai pada tahun 2001, ketika blogware bernama b2/cafelog yang di develop Michel Valdrighi dihentikan pengembangannya. Waktu itu, developer bernama Matt Mullenweg yang menggunakan b2 sebagai blogware utama untuk situsnya memutuskan untuk mengembangkan sebuah blogging software yang dikembangkan dari codebase b2 pada tahun 2003. Pada akhirnya ia dihubungi oleh mike little dan akhirnya mengembangkan software ke dalam bentuk yang lebih modern dan sesuai dengan standar web Pa dan kebutuhan Matt. Kemudian Michel Valdrighi selaku pengembang asli dari blogware b2 pun bergabung pada tim mereka. Setelah itu WordPress pun terus dikembangkan dengan melalui beberapa tahapan, berikut tahapan pengembangan WordPress :

1. Tahun 2003

  • 27 Mei 2003. WordPress pertama kali dirilis (versi 0.7)
  • 19 Desember 2003. WordPress wiki di publish, sekarang dikenal dengan codex.wordpress

2. Tahun 2004

  • 3 Januari 2004. WordPress versi 1.0 dirilis. Edit link, interface admin baru, multiple category dan fitur-fitur yang sangat usefull hingga versi saat ini.
  • 22 Mei 2004. Versi 1.2 dirilis, post review, arsitektur plugin baru, sistem moderasi komentar yang lebih bagus.

3. Tahun 2005

  • Februari 2005. WordPress versi 1.5 dirilis. Sistem tema yang memudahkan pengguna merubah tampilan dan juga default template baru.
  • Desember 2005. Dirilisnya WordPress versi 2.0, fitur baru pada rich editing, sistem administrasi yang lebih baik, upload image, pengembangan import sistem, posting lebih cepat, pengembangan yang lebih baik untuk developer plugin.

4. Tahun 2007

  • 22 Januari 2007. WordPress versi 2.1 dirilis. Desain ulang interface dan pengembangan tools editing, pengembangan opsi manajemen konten, dan optimasi database.
  • 16 Mei 2007. Versi 2.2 dirilis. Fitur support widget untuk template, support Atom feed, optimasi kecepatan, revisi sistem taksonomi untuk category seperti tags.
  • 24 September 2007. Dirilisnya WordPress versi 2.3, support native tagging, sistem taksonomi baru untuk category, notifikasi yang mudah untuk update, dan support penuh terhadap Atom 1.0

5. Tahun 2008

  • 29 Maret 2008. WordPress versi 2.5 dirilis. Para developer melewati versi 2.4 sehingga versi 2.5 mengandung 2 major release. Versi 2.5 membawa interface admin bar.
  • 15 July 2008. Dirilisnya WordPress versi 2.6 dengan sejumlah peningkatan krusial. Mulai dari word count, theme preview, dan revisi post ala wiki.

Kelebihan WordPress untuk Membuat Website

Pada awalnya WordPress merupakan blogging platform, jadi fitur blognya tidak perlu diragukan lagi. Namun WordPress juga bisa digunakan untuk membuat website loh, mulai dari website perusahaan, website berita, website toko online, dan lain sebagainya. Lalu, mengapa banyak yang memilih WordPress untuk membuat website? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak kelebihan WordPress berikut :

1. Hemat Biaya

Untuk mendapatkan perangkat lunak WordPress hanya perlu mengunduh dari situsnya tanpa dipungut biaya (gratis), bahkan untuk blog komersial sekalipun. Hal tersebut tentu memudahkan serta menghemat waktu dalam membuat dan mengedit isi situs, cocok dengan frase yang terkenal di kalangan pengguna WordPress. Jadi, Anda tidak perlu bingung lagi untuk memikirkan biaya lisensi.

Dengan begitu Anda dapat membuat website dengan biaya yang cukup murah sesuai dengan jenis website yang dibangun. Namun apabila Anda tidak mau ribet dan keluar tenaga, Anda bisa membuat website di Grapiku loh. Terlebih lagi pembuatan website di Grapiku bersifat custom menyesuaikan fitur yang Anda inginkan.

2. WordPress Mudah Digunakan

WordPress dikenal karena kemudahan penggunaannya, bahkan untuk pemula. Antarmuka intuitif WordPress memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola situs website tanpa memerlukan pengetahuan teknis yang luas atau keterampilan pengkodean. Pembuatan, pengeditan, dan penerbitan konten dapat dilakukan dengan mudah menggunakan editor visualnya. Terlebih lagi dasbor admin yang intuitif dan mudah dikelola memiliki semua fitur yang diperlukan untuk menyesuaikan judul, tata letak, untuk mulai membuat halaman dan postingan segera.

3. Banyak Fitur Tambahan dari Plugin

Plugin adalah cara untuk memperluas dan menambah fungsionalitas yang sudah ada di WordPress. Inti dari WordPress dirancang agar ramping dan ringan, untuk memaksimalkan fleksibilitas dan meminimalkan script code. Plugin inilah yang kemudian menawarkan fungsi dan fitur khusus sehingga setiap pengguna dapat menyesuaikan situs dengan kebutuhan spesifik.

Nah jika Anda tidak terlalu paham dengan coding, Anda dapat menggunakan WordPress dalam membuat website. Karena dengan menggunakan WordPress Anda tidak harus mengerti coding dalam proses membuat website, sebab WordPress memiliki lebih dari 30.000 plugin gratis yang akan membantu Anda untuk mengoptimasi website menjadi seperti yang Anda inginkan.

4. WordPress Didukung Tema yang Beragam

Tema WordPress adalah kumpulan file yang bekerja bersama untuk menghasilkan antarmuka grafis dengan desain pemersatu yang mendasari untuk membuat website. File-file ini disebut file template. Nah, bagi Anda yang tidak terlalu mengerti bagaimana caranya mendesain tema website, inilah salah satu alasan Anda harus menggunakan WordPress dalam membuat website.

Pasalnya dengan menggunakan WordPress, Anda tidak harus paham mendesain sebuah tema website. Hal ini karena WordPress memiliki lebih dari 2.600 tema gratis yang akan membantu Anda untuk mendesain website menjadi seperti yang Anda inginkan. Tidak hanya itu, tema WordPress dapat memberikan kontrol lebih besar atas tampilan dan presentasi materi di situs website. Terlebih lagi berbagai tema gratis ini memiliki kualitas yang bagus dan tidak perlu diragukan lagi.

5. Struktur Kuat dan Mudah Digunakan

Kelebihan WordPress berikutnya adalah strukturnya yang kuat dan mudah digunakan. WordPress secara teknis memiliki struktur yang sederhana dan mudah kuat, ditulis dalam PHP dan berjalan dengan database MySQL. Hal ini memberikan cara yang mudah untuk membuat cadangan situs website Anda dan menggunakannya dalam keadaan darurat. Selain itu, sangat mudah untuk memigrasikan seluruh situs WordPress Anda ke platform lain yang setara tanpa kesulitan. Anda dapat membangun situs Anda secara lokal dan mengujinya dengan berbagai tema dan plugin sebelum memindahkan seluruh situs ke lingkungan live.

6. Mudah Dikenali Mesin Pencari

Kemampuan pencarian adalah kunci untuk mendapatkan peringkat tinggi di google dan mesin pencari lainnya. Situs WordPress cenderung mendapat peringkat tinggi untuk kata kunci di mesin pencari. Hal ini karena WordPress terus diperbarui dan menyertakan berbagai alat serta plugin untuk mengoptimalkan konten untuk SEO (pengoptimalan mesin pencari).

Tidak hanya itu, WordPress menghasilkan kode yang bersih dan mudah dibaca, menyediakan opsi untuk mengoptimalkan judul halaman, deskripsi meta, dan URL. Hal inilah yang memudahkan mesin pencari untuk mengidentifikasi atau mengindeks situs Anda, sehingga berpotensi menghasilkan peringkat mesin pencari yang lebih baik.

7. Responsif untuk Perangkat Seluler

Dengan meningkatnya penggunaan perangkat seluler, memiliki situs website yang responsif seluler sangatlah penting. Tema WordPress dirancang agar ramah seluler, memastikan bahwa situs website Anda terlihat dan berfungsi dengan baik di berbagai ukuran layar dan perangkat. Responsivitas seluler juga merupakan faktor dalam peringkat Google, jadi situs website harus terlihat bagus di perangkat apapun. WordPress menawarkan berbagai desain tema yang responsif dan pengguna juga dapat membuat situs statis menjadi responsif dengan plugin dan penyesuaian pada file tema.

Kekurangan WordPress untuk Membuat Website

Tidak diragukan lagi bahwa WordPress merupakan sistem manajemen konten (CMS) yang paling banyak digunakan di dunia. Dengan jutaan pengguna, WordPress dipuji dan dihargai secara luas karena keunggulannya. Namun, banyak orang yang mengabaikan atau tidak menyadari bahwa WordPress memiliki beberapa kekurangan. Berikut beberapa kekurangan WordPress untuk membuat website :

1. Kerentanan Situs Website

Seperti semua hal yang ada di internet, situs website Anda rentan diretas dan dikirimi spam. WordPress pun juga demikian, karena WordPress memiliki popularitas yang sangat banyak maka WordPress menjadi target utama para peretas dan pengirim spam. Situs website Anda kemungkinan akan terkena spam apabila Anda memiliki bagian blog yang mengizinkan komentar atau jika Anda memiliki formulir hubungi kami. Kerentanan situs website apapun dapat merusak kredibilitas Anda dan berpotensi menyebarkan virus ke pengguna Anda.

2. Situs Website Bisa Down Tanpa Pemberitahuan

Situs website dapat mengalami down karena berbagai alasan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Jika Anda tidak memperhatikan situs website Anda, Anda mungkin tidak menyadari bahwa situs website Anda sedang down. Situs website bisa down selama beberapa jam atau bahkan berhari-berhari, sehingga mengakibatkan dampak yang negatif bagi bisnis Anda.

3. Kustomisasi Membutuhkan Pengkodean

Untuk melakukan perubahan tertentu pada situs WordPress Anda, Anda harus memiliki pengetahuan tentang HTML, CSS, dan PHP. Jika Anda ingin mempersonalisasi dengan cara yang unik atau untuk meningkatkan desainnya Anda perlu menulis banyak baris kode yang rumit. Jadi, tidak disarankan bagi seorang pemula untuk mengedit seluk beluk isi website. Pasalnya, apabila Anda salah pada saat mengedit dapat menyebabkan situs website tidak dapat diakses karena kode error.

Ingin Membuat Website dengan Mudah? Gunakan WordPress!

Di artikel ini, Anda sudah mengetahui tentang WordPress mulai dari pengertian, sejarah, kelebihan dan kekurangannya. Sekali lagi, WordPress merupakan salah satu platform yang saat ini banyak digunakan untuk membuat website. Dengan memiliki website, perusahaan atau bisnis Anda dapat berkembang dengan cepat. Nah, apakah Anda tertarik membuat website menggunakan platform CMS WordPress?

Jika Anda tertarik membuat website berbasis CMS WordPress, Grapiku siap membantu Anda untuk mewujudkannya. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada kami seperti apa kebutuhan website Anda. Kami siap mendengar dan memberikan ide-ide, solusi, dan hasil terbaik bagi bisnis Anda.