Skip links

Strategi Optimasi Pencarian Google Voice

Dari tahun ke tahun pengguna fitur pencarian Google voice (voice search) untuk menemukan konten website terus meningkat. Untuk alasan tersebut Anda harus menerapkan strategi optimasi pencarian Google Voice demi mengikuti tren itu dan mendapatkan banyak manfaat darinya.

Google voice search (pencarian suara Google) adalah sebuah fitur Google yang memungkinkan seseorang menggunakan suara mereka alih-alih dengan mengetik teks secara manual untuk mencari informasi di mesin pencari Google. Fitur ini sendiri dapat berjalan setelah pengguna mengucapkan wake phrase “OK Google”. Yang mana hal tersebut berfungsi untuk memberitahu Google agar bersiap-siap menganalisa apa yang akan dikatakan. Ataupun bisa dengan cara mengetuk tombol microphone yang terletak pada bar pencarian Google untuk langsung memberi instruksi pencarian.

Contoh pencarian Google voice

Bagi kebanyakan pengguna smartphone, mungkin akan mengaitkan fitur Google voice search ini dengan fitur Google Assistant. Tetapi sebuah interaksi dengan mesin pencari melalui suara seperti “OK Google, nyalakan musik”, “OK Google, Ingatkan saya untuk pergi berbelanja besok jam 10.00” bukanlah contoh dari pencarian Google voice. Karena disini Anda tidak sedang menelusuri web, melainkan hanya memberikan perintah suara ke asisten pintar suara.

Adapun yang disebut sebagai pencarian suara/ Google voice search adalah ketika Anda meminta Google untuk menjelajahi web melalui mesin telusurnya untuk mendapatkan jawaban. Contohnya “OK Google, bagaimana cara membuat company profile perusahaan yang modern dan bagus?”, “kapan olimpiade Tokyo 2021 selesai?”, “apa saja bahan yang diperlukan untuk membuat disinfektan”, dan masih banyak contoh lainnya.

Apa pentingnya mengoptimasi website untuk pencarian Google voice

Untuk memberikan hasil pencarian terbaik, cepat dan akurat bagi penggunanya, Google mempertimbangkan kriteria khusus website-website yang ditampilkan melalui sebuah algoritma. Dan ketika muncul fitur Google voice search, itu artinya kini muncul SEO khusus voice search. Sehingga dengan mengoptimasi SEO voice search maka website Anda memiliki peluang untuk tampil pada halaman utama pencarian saat seseorang melakukan pencarian dengan fitur suara. Peluang tersebut tentu akan bermanfaat dalam mendatangkan trafik website yang lebih banyak dan meningkatkan konversi website Anda.

Apa saja strategi optimasi pencarian Google voice?

Berikut 5 langkah strategi SEO yang bisa Anda lakukan untuk optimalisasi pencarian Google voice website Anda.

Targetkan long tail keyword

Seperti namanya, long tail keyword merupakan kata kunci yang lebih panjang daripada permintaan pencarian biasanya yang lebih pendek (short tail keyword). Jenis long tail keyword ini memiliki frasa kata kunci yang spesifik, biasanya terdiri dari setidaknya 3 kata atau bisa kurang dari itu asal memang spesifik dan tingkat persaingannya rendah. 

Dalam pengaplikasiannya, kata kunci long tail cukup efektif untuk meningkatkan jumlah trafik organik. Karena ketika seseorang melakukan voice search, ini akan memicu sikap seperti layaknya sedang berbicara dengan manusia. Mereka akan secara alami mengajukan pertanyaan yang lebih panjang. Misalnya, jika biasanya ketika melakukan permintaan pencarian berbasis teks mungkin mereka hanya akan mengetik “cara membuat desinfektan”. Sementara dengan voice search mereka bisa berkata “bagaimana cara membuat desinfektan sendiri dirumah dengan mudah dan aman”. 

Karena itulah, penting untuk mencari tahu istilah pencarian percakapan yang mungkin digunakan oleh pengguna dan menetapkannya sebagai kata kunci long tail.

Pastikan website mobile friendly

Perkembangan industri gadget saat ini telah membuat sebagian besar orang di seluruh dunia menggunakan perangkat mobile, baik itu smartphone maupun tablet untuk melakukan pencarian di internet. Oleh karena itu menghadirkan website yang responsif adalah praktik SEO yang tidak boleh Anda abaikan. Upaya ini merujuk pada optimasi website agar dapat beradaptasi dengan berbagai macam ukuran layar perangkat yang berbeda (mobile friendly/ ramah seluler). 

Apalagi kebanyakan orang melakukan pencarian suara pasti menggunakan perangkat seluler karena hal tersebut lebih mudah dilakukan daripada harus mengetik ketika posisi sedang berada dalam perjalanan atau sambil melakukan kegiatan lain. Oleh karena itu, jika Anda ingin muncul dalam hasil melalui perangkat seluler dan suara, Anda harus menawarkan pengalaman seluler yang baik, memastikan apakah website Anda sudah mobile friendly atau belum. Jika belum, maka Anda harus bergegas mendesain ulang website Anda menjadi mobile friendly demi memberikan pengalaman pengguna seluler yang luar biasa.

Tingkatkan kecepatan loading website

Sama seperti pencarian konvensional berbasis teks, pencarian suara juga membutuhkan hasil pemuatan (loading) konten segera. Pengguna internet dengan pergeseran ke perangkat seluler saat ini kurang toleran terhadap situs web yang lambat. Jika Anda memiliki website yang lambat – yang membutuhkan waktu lama untuk dimuat. Maka website Anda pun cenderung ditinggalkan dengan sangat cepat dibandingkan dengan website yang memuat dengan cepat.

Jadi, kecepatan pemuatan situs web ini memiliki dampak langsung pada rasio pentalan dan oleh karenanya harus Anda optimalkan dengan cara apa pun. Antara lain yaitu:

  • Optimasi ukuran gambar
  • Pilih hosting yang tepat sesuai kebutuhan
  • Matikan semua plugin yang tidak berfungsi
  • Gunakan plugin caching
  • Perbaiki semua tautan yang rusak
  • Perkecil file CSS dan JS
  • Aktifkan Gzip Compression, dll.

Optimasi SEO lokal dan Google Bisnisku

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa pencarian suara cenderung menggunakan kata kunci long tail yang panjang dan spesifik. Termasuk secara spesifik menyebutkan nama daerah tertentu atau pencarian terdekat. Seperti contohnya pencarian “jasa pembuatan website berkualitas di Klaten”, “hotel paling murah dan nyaman di Bali dekat pantai Kuta”, dsb. 

Maka dari itu, sangat penting untuk mengoptimasi SEO lokal, salah satunya dengan menggunakan kata kunci lokal pada artikel blog, misalnya dengan menambahkan nama daerah tertentu. Serta yang tidak boleh Anda tinggalkan adalah mendaftarkan website pada Google Bisnisku (Google My Business). Dengan mendaftar Google Bisnisku, maka Anda akan mendapatkan peringkat di halaman hasil pencarian Google (SERP) untuk kueri pencarian bisnis di suatu area tertentu.

Apa itu featured snippet? Featured snippet atau dalam bahasa Indonesia berarti cuplikan unggulan adalah tampilan ringkasan konten dari sebuah website yang ada dalam kolom cuplikan di bagian atas halaman SERP. Google menjadikan ini sebagai rekomendasi agar para pengguna internet tidak terlalu repot untuk mencari-cari sendiri halaman yang paling lengkap dan menjawab pertanyaannya. 

Artinya, jika suatu website telah muncul sebagai featured snippet maka kesempatan untuk dikunjungi tentunya besar. Jika pengunjung atau web visitor bertambah, berarti trafik Anda meningkat dan potensi konversi pun semakin meningkat. Dan jika konten Anda muncul sebagai cuplikan unggulan, asisten suara Anda kemungkinan besar akan menarik jawabannya dari sana. Jadi, Anda harus berupaya memberikan informasi berkualitas di situs web Anda sehingga dapat muncul sebagai cuplikan unggulan.

Nah itulah 5 strategi optimasi pencarian Google voice. Yang kita lihat sejauh ini, pencarian suara memang banyak pengguna setia karena dengannya pengguna mampu melakukan pencarian secara lebih mudah sambil melakukan kegiatan lain. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba strategi diatas untuk meningkatkan trafik kunjungan website Anda!