Skip links

Kapan Anda Perlu Mendesain Ulang Website? Ini Indikatornya

Perkembangan teknologi terus mengalami peningkatan pesat karena inti dari semua teknologi adalah untuk semakin memudahkan orang dalam melakukan pekerjaan. Begitupun juga dengan website. Dari tahun ke tahun teknologi website berkembang dalam rangka peningkatan fitur-fitur yang akan semakin memberikan pengalaman lebih baik kepada penggunanya. 

Namun, yang sering terjadi tidak sedikit pemilik website yang membiarkan website begitu saja setelah selesai dibuat, tanpa ada lagi perawatan atau penyesuaian terhadap teknologi terbaru. Padahal jika ingin website Anda tetap efektif dan memiliki performa terbaiknya. Maka melakukan update, perubahan atau mendesain ulang website adalah suatu keharusan. Akan tetapi, demikian ini juga tidak berarti Anda harus selalu mengubah website mengikuti perkembangan yang ada.

Terdapat beberapa indikator kapan waktu yang tepat untuk mendesain ulang website Anda (redesign website) dengan teknologi yang lebih mutakhir.

Indikator website Anda perlu didesain ulang

Tampilan website terlihat usang dan tidak profesional

Kesan pertama kali pengunjung website biasanya berasal dari tampilan website. Lalu, bagaimana bila tampilan website masih menggunakan warna/ gambar latar belakang yang tidak tepat, gaya font sulit terbaca, terlihat usang, tertinggal dari tren desain bahkan jauh tertinggal dengan tampilan web kompetitor?

Hal ini bisa saja membuat waktu kunjungan mereka singkat karena menganggap website Anda terlihat tidak nyaman dan tidak profesional.

Branding Anda sudah kadaluarsa

Website Anda harus konsisten dengan pencitraan merek perusahaan. Jika Anda baru-baru ini melakukan perubahan merek, Anda juga perlu memperbarui website Anda untuk menyesuaikan dengan perubahan tersebut.

Jangan sampai orang yang melihat website Anda berpikir bahwa halaman tersebut terlihat atau terdengar seperti tidak berasal dari perusahaan yang sama karena memiliki citra yang berbeda dari mereknya sendiri. 

Website Anda tidak mobile friendly

Seiring kemudahan akses internet kapan saja dan dari mana saja, juga popularitas perangkat seluler, tidak mengherankan jika saat ini jumlah pengguna internet mobile terus meningkat lebih dari pencarian pada desktop dan PC. Inilah saatnya untuk membuat website yang mobile friendly atau memiliki desain yang responsif. Pengunjung situs web Anda mungkin menggunakan perangkat seluler yang berbeda seperti iPad, iPhone, tablet, phablet, dll. 

Desain yang responsif memungkinkan pengunjung untuk menavigasi situs web Anda dengan mudah di semua perangkat unik ini. Sehingga dapat memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa.

Jika website Anda tidak mobile responsive, kemungkinan Anda akan kehilangan prospek yang berharga dan bahkan pelanggan Anda. Karena mereka tidak dapat melihat konten website yang Anda sajikan secara sempurna dan berpikir bahwa website Anda rusak/ error.

Loading/ waktu muat website lama

Karena peningkatan kecepatan internet terus bertambah baik maka pengguna memiliki toleransi yang lebih rendah untuk waktu tunggu. Orang-orang menginginkan website yang dapat memuat dengan cepat terlebih saat mereka sedang dalam mobilitas tinggi.

Jika website Anda memiliki waktu muat yang lama (lebih dari 3 detik), segera lakukan redesign! Jangan sampai kecepatan loading website Anda membuat jengkel para pengunjung dan membuat mereka beralih ke website kompetitor yang lebih fast loading. 

Website terserang malware

Malware (malicious software) merupakan sebuah software yang dapat membahayakan, menyusup, atau merusak sebuah sistem, baik pada komputer atau website. Website yang terserang malware biasanya akan menampilkan iklan yang sangat mengganggu dan mengarahkan pada website yang mungkin dapat menginfeksi sistem.

Penyebab utama adanya gangguan malware pada website sendiri pada umumnya akibat menggunakan theme maupun plugin-plugin yang telah tertanami malware.

Jika website sudah terkena malware, maka dapat berimbas pada menurunnya skor website oleh Google karena website yang terkena malware akan dicurigai sebagai web phising. Mungkin pada kenyataannya ada teori dan tools-tools untuk mendeteksi dan menghilangkan malware pada website. Namun prakteknya terbilang cukup rumit dan menguras pikiran. Dan jika malware yang menyerang sudah pada level yang sulit terdeteksi dan diatasi maka redesign website adalah jalan keluar yang tepat. 

Website Anda tidak dioptimalkan untuk mesin pencari

Mungkin situs Anda terbuat menggunakan template atau url dinamis yang kompleks, ini justru membuat website Anda sulit dikenali mesin pencari sehingga sulit pula ditemukan oleh prospek Anda.

Desain ulang situs web dapat membantu Anda meningkatkan arsitektur web agar lebih ramah SEO, meningkatkan pengkodean, menggunakan url halaman khusus. Serta memanfaatkan sistem manajemen konten yang lebih canggih yang memberi Anda fleksibilitas yang lebih besar dan membuat pengoptimalan SEO website Anda lebih mudah.

Teknologi website yang digunakan telah usang

Jika website Anda masih menggunakan flash yang sudah tidak lagi mendapat dukungan dari banyak web browser. Atau mungkin berjalan dengan plugin yang belum update selama bertahun-tahun. Maka mendesain ulang web dengan memperbarui teknologi dan plugin terbaru akan membantu website Anda berkinerja lebih baik dan lebih efisien. Serta memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi pengunjung. 

Sulitnya akses dan fleksibilitas bagi admin untuk memanajemen website

Tidak semua website memiliki sistem pengelolaan konten yang mudah, dan tim pemasaran Anda sering kali merasa dibatasi sehingga masih perlu meminta bantuan pengembang. Melakukan redesign website perlu Anda lakukan untuk meningkatkan fitur dan fleksibilitas website untuk tim Anda. Dari sinilah pentingnya memilih pengembang website yang membuat web tidak hanya terlihat bagus tetapi juga memudahkan admin dalam memanajemen konten.

Itulah beberapa indikator/ tanda kapan Anda perlu mendesain ulang website Anda. Perlu Anda ingat bahwa website yang dirancang dengan baik adalah salah satu alat pemasaran paling efektif yang Anda miliki. Jadi, manfaatkan sepenuhnya dan tetap memperbaruinya ketika performa website menurun demi memberikan citra dan pengalaman yang baik bagi para pengunjung web Anda.

Grapiku, jasa desain ulang website profesional dan terpercaya!

Jika Anda memiliki website yang sudah lama dan memenuhi syarat untuk didesain ulang. Kami siap memberikan solusi redesign website profesional yang benar-benar akan merepresentasikan brand Anda, dengan UI (tampilan) dan UX (pengalaman pengguna) yang baik, berkelas, modern dan responsif di berbagai ukuran layar perangkat. Sehingga website Anda lebih berdaya saing dan dapat bekerja efektif untuk pemasaran bisnis Anda.

Tunggu apalagi? Segera konsultasikan permasalahan dan kebutuhan website Anda kepada kami (gratis) dan mendapatkan solusi terbaik serta harga penawaran menariknya!