Skip links

Strategi Menerapkan Branding untuk Website Bisnis

Pada dasarnya branding untuk website bisnis merupakan strategi yang sangat diperlukan dan akan menjadi kunci kesuksesan dalam berbisnis apa saja. Terlebih lagi di jaman sekarang eranya adalah digital. Nah, dengan perkembangan teknologi yang pesat inilah membuat banyak orang atau perusahaan melakukan strategi branding untuk website bisnis. sama halnya dengan toko konvensional atau toko fisik, sebuah website juga harus dilengkapi dan dihias dengan ornamen-ornamen pendukung agar dapat menarik perhatian konsumen.

Di dalam website bisnis terdapat informasi tentang jenis produk atau layanan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Namun perlu diketahui bahwa website bisnis ini tidak hanya digunakan untuk memperkenalkan suatu brand kepada para konsumen, melainkan sebagai identitas dan citra brand itu sendiri. Konsumen akan tertarik terhadap suatu brand apabila website dari brand tersebut mudah dioperasikan terlebih lagi memiliki tampilan desain yang menarik.

Lantas, bagaimana cara strategi branding yang tepat untuk website bisnis? Yuk simak artikel berikut untuk mengetahui jawabannya!

Desain website dan logo

Desain website adalah suatu desain tata kelola tampilan konten-konten website yang akan ditampilkan kepada konsumen atau audiens melalui browser. Nah, desain website ini merupakan bagian penting dalam pengembangan suatu website karena suatu website akan dikatakan berkualitas apabila tidak hanya menonjolkan sisi fungsionalitas saja, melainkan harus ada sisi seni dan estetika serta user interface dari website itu sendiri.

Maka dari itu, memikirkan konsep desain website merupakan langkah pertama yang harus Anda lakukan. Hal ini dikarenakan konsep desain website akan mempengaruhi desain keseluruhan, sehingga ornamen harus dimulai dari desain website yang tepat. Desain website adalah seni grafis, oleh karena itu dalam perencanaan website juga perlu memperhatikan penampilan yang sesuai dengan tema website yang dibuat.

Logo adalah identitas visual sebuah merek, logo diibaratkan kepribadian dan jiwa sebuah brand. Melalui logo, produk Anda akan lebih mudah dikenal dan diingat. Logo pada brand akan mewakili visi, misi, dan nilai perusahaan harus dikombinasikan dengan desain website yang sesuai. Ikon logo brand harus disesuaikan dengan desain agar harmonis dan sesuai dengan tampilan website. Dapat dikatakan bahwa logo pada brand merupakan simbol bisnis yang Anda kembangkan.

Warna dan gambar

Strategi branding untuk website bisnis berikutnya yaitu menentukan warna dan gambar pada sebuah website. Sama halnya sebuah fashion, apabila fashion tidak akan menarik apabila tanpa adanya warna yang melekat di fashion tersebut, begitu juga dengan sebuah website. Pemilihan warna yang tepat sesuai dengan tema website akan lebih menarik minat konsumen untuk menggunakan jasa atau membeli suatu produk yang dijual dari sebuah website.

Penentuan warna juga tidak boleh sembarangan, karena setiap warna memiliki kesannya masing-masing. Penyesuaian kombinasi warna-warna yang diterapkan pada suatu website juga harus tepat. Warna dominan pada website haruslah sesuai dengan tema website serta kombinasi warna yang ingin dipadukan. Jangan memaksakan mencampur warna yang tidak cocok, karena akan menimbulkan kesan tidak rapi dan asal-asalan pada website tersebut.

Gambar merupakan elemen yang penting dalam sebuah website. Selain membuat website terlihat lebih menarik, gambar juga membantu pengunjung website beristirahat sejenak sebelum melanjutkan membaca konten teks. Namun, menampilkan gambar di sebuah website tidak bisa dilakukan sembarangan. Hal ini dikarenakan apabila salah dalam menampilkan gambar dapat mempengaruhi performa teknis website.

Memang benar sebanyak 60% pengguna internet cenderung mengklik hasil pencarian yang memiliki gambar. Namun, perlu Anda ketahui bahwa format gambar ikut mempengaruhi performa website. Terutama dalam waktu loading atau yang lebih familiar disebutĀ  page load speed. Maka dari itu, dalam pemilihan gambar haruslah tepat dan disesuaikan dengan tema sebuah website. Dengan warna dan gambar yang menarik akan dapat membuat pengunjung website nyaman dan betah menjelajahi website.

Mengoptimalkan SEO

SEO (Search Engine Optimization) atau dikenal juga dengan optimasi mesin pencari adalah upaya mengoptimasi website agar mendapat rangking atau posisi teratas di hasil pencarian google. Dengan search engine optimization, situs akan mudah ditemukan orang sehingga berpotensi mengambil lebih banyak traffic (jumlah orang yang mengunjungi website). Selain itu, dengan search engine optimization yang baik akan membantu website muncul di halaman pertama hasil pencarian dan membuat brand atau jasa yang ditawarkan terlihat lebih terkenal.

Perlu Anda ketahui juga bahwa sebagian besar traffic, terutama website bisnis itu datangnya dari mesin pencari. Apapun itu bidang industrinya, mulai dari teknologi, fashion, kesehatan dan lain sebagainya. Tentunya, jumlah traffic berpengaruh terhadap keberhasilan website untuk mencapai tujuannya. Maka dari itu, strategi branding dengan SEO adalah cara yang ampuh untuk memudahkan target audiens menemukan website bisnis Anda.

Penempatan Layout

Strategi branding untuk website bisnis berikutnya yaitu penempatan layout. Layout adalah sebuah tata letak dari elemen-elemen desain terhadap suatu bidang dalam media tertentu untuk mendukung konsep atau pesan yang dibuat. Pada dasarnya penggunaan layout website adalah untuk menggabungkan elemen seperti gambar dan teks dengan cara yang berkomunikasi.

Layout sendiri mempengaruhi pengalaman konsumen atau pengunjung website saat mengunjungi sebuah website. Penempatan layout dan kelengkapan informasi tombol yang mudah di navigasikan adalah syarat utama. Tidak hanya itu, pada saat mendesain layout harus memperhatikan beberapa point penting. Karena apabila layout tidak terbaca dengan baik oleh pengguna atau konsumen, maka layout desain akan terlihat kurang menarik dan pada akhirnya tidak efektif.

Layout atau tata letak yang baik akan mempermudah pengunjung untuk membaca isi atau informasi dari sebuah website bisnis. Keseimbangan pada layout atau tata letak juga penting. Dalam mendesain layout juga perlu diperhatikan alur bacaan dari pengunjung atau konsumen. Di Indonesia tata cara penulisan adalah kiri ke kanan, jadi biasanya informasi utama diletakkan pada kolom kiri paling atas dibawah header.

Penempatan headline juga menjadi salah satu faktor penting dalam layout website bisnis. Tagline dan judul produk harus mudah dibaca dan ditemukan. Jangan lupa untuk memasukkan CTA (Call to Action) seperti tombol daftar, beli, dan lain sebagainya dengan desain yang mencolok.

Membuat Blog

Strategi branding untuk website bisnis yang terakhir yaitu membuat blog. Blog adalah website berupa media online yang berisi konten dalam bentuk artikel, foto,dan video yang dikelola oleh seorang blogger atau beberapa penulis sekaligus. Topik yang ditampilkan pada blog biasanya fokus pada satu bidang tertentu, misalnya kesehatan, fashion, kuliner dan lain sebagainya dan disesuaikan dengan tema website bisnisnya.

Blog merupakan strategi branding yang ampuh untuk website bisnis. Bagi yang sudah profesional, menulis artikel topik tertentu di blog akan membuat Anda dikenal sebagai expert. Jadi, klien atau calon konsumen tidak ragu membeli produk atau menggunakan layanan jasa yang Anda tawarkan. Dengan blog, Anda bisa membangun branding perusahaan sembari memberikan informasi seputar niche Anda yang bermanfaat untuk konsumen atau audiens.

Sudah Paham Strategi Branding untuk Website Bisnis, kan? Apakah Siap Membuat Website Bisnis untuk Perusahaan Anda?

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai strategi branding yang dapat digunakan untuk website bisnis Anda. Terdapat 5 strategi branding untuk website bisnis agar brand Anda lebih dikenal oleh konsumen.

Strategi branding tersebut dimulai dengan membuat website bisnis terlebih dahulu. Anda bingung cara membuat website bisnis yang terlihat elegan dan bagus untuk dilihat? Tenang saja! Karena Anda dapat membuat website bisnis bersama dengan Grapiku. Grapiku siap mewujudkan website bisnis impian Anda. Konsultasikan segera website bisnis impian Anda bersama Grapiku, hubungi kontak kami di nomor 0812-8171-8100.