Skip links

Strategi Branding Bisnis Kopi

Tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang ini banyak para pelaku bisnis yang terjun menggeluti bisnis kopi. Hal itu dapat terlihat dengan banyaknya kedai kopi atau coffee shop di berbagai kota seiring dengan mulai banyaknya pecinta kopi baik dari kalangan milenial hingga orang tua. Melihat trend bisnis kopi ini, mungkin Anda juga tertarik untuk merintis bisnis kopi Anda sendiri. Jika ya, maka ada hal penting yang harus Anda perhatikan, salah satunya merancang strategi branding yang tepat untuk bisnis kopi Anda. 

Brand kopi menjadi nilai jual tersendiri

Bukan rahasia lagi dengan menjamurnya coffee shop saat ini menjadikan pelanggan mungkin akan berpikir lebih lama ketika dihadapkan pada banyak pilihan brand kopi. Bahkan di berbagai daerah cukup mudah untuk menemukan beberapa coffee shop sekaligus dalam kawasan yang sama. Lantas, bagaimana bisnis kopi Anda nantinya bisa menonjol dari keramaian persaingan bisnis tersebut? Strategi branding ini lah yang akan membantu Anda tampil unik, berbeda dari yang lain dan ampuh memikat hati pelanggan..

Perlu Anda ketahui pula bahwa brand bukan hanya identitas bisnis Anda. Ini adalah produk Anda. Sangat penting untuk memahami bahwa kualitas branding Anda sama pentingnya dengan kualitas produk itu sendiri. Coba amati kasus berikut ini. Diluar sana ada pemilik bisnis kopi yang bekerja keras untuk menyajikan minuman kopi sesempurna mungkin hanya untuk memastikan secangkir kopinya laris terjual.

Tetapi, kenyataannya ada pesaing yang menjadi yang terlaris meski hanya dengan kopi yang tidak lebih baik darinya namun ia memiliki strategi pemasaran yang lebih baik dan menarik. Seperti dengan menghadirkan kemasan yang unik dan brandable, serta melakukan kampanye iklan dengan konsep yang jelas. Pengenalan merek yang mendalam seperti itulah yang seharusnya Anda tuju.

Strategi branding bisnis kopi

Semakin kuat brand maka skala bisnis pun akan semakin besar. Tentu saja untuk memperkuat branding bisnis kopi ada banyak strategi dan cara yang bisa dilakukan, beberapa hal tersebut di antaranya adalah:

Tentukan segmentasi pasar

Pertama, branding yang baik berakar kuat dalam memahami siapa Anda sebagai sebuah bisnis, apa yang Anda wakili, serta fokus pada siapa yang harus memilih Anda. Apakah Anda ingin anak-anak muda sebagai target konsumen utama yang akan membeli produk kopi Anda? Apakah para karyawan yang terburu-buru? Atau bahkan semua kalangan dengan menjadi yang paling ekonomis?

Setelah Anda menentukan segmentasi pasar dan target konsumen, maka Anda bisa merancang konsep yang pas. Apakah Anda akan menjadi brand yang mewah dengan kesan kemasan premium ataukah menjadi lebih sederhana agar lebih ‘merakyat’ dan menjangkau semua kalangan.

Memilih nama brand yang sederhana

Pemilihan nama brand menjadi salah satu keputusan paling signifikan yang harus diambil ketika proses awal branding. Nama brand berfungsi untuk mengidentifikasi, mengomunikasikan, melindungi, dan melegalkan merek. Ini adalah bagian penting dari struktur memori yang khas sehingga nama brand Anda harus mudah diingat oleh para konsumen.

Dalam pengembangannya nama brand sendiri, tentu membutuhkan perencanaan, fokus dan ketekunan. Adapun saat ini, pemilihan merek kedai kopi kekinian sering menggunakan kata-kata Bahasa Indonesia. Jika pun ingin menggunakan bahasa asing pastikan nama tersebut jelas dan mudah ketika ditulis, diucap, agar lebih cepat masuk ke ingatan konsumen.

Membuat logo

Setelah Anda menentukan apa konsep dan nama brand kopi, selanjutnya Anda harus mulai menyesuaikan dan menyempurnakan aspek visual merek Anda. Logo adalah salah satu aspek visual terpenting dalam branding bisnis kopi Anda. Ini adalah kunci untuk pengenalan merek. Idealnya, logo Anda harus mudah dikenali, diingat, dan memiliki nilai-nilai filosofi yang selaras dengan visi misi dan target bisnis Anda.

Selain itu logo yang bagus juga harus proporsional dan konsisten. Dalam arti ia harus terlihat sama bentuknya pada setiap media promosi apapun itu. Baik media fisik (offline) maupun online seperti pada website, media sosial Instagram, Facebook, dan membuat pengguna internet tertarik untuk mengklik konten Anda.

Anda juga mungkin untuk membuatnya dalam beberapa variasi seperti:

  • Logo utama, dengan atau tanpa tagline.
  • Versi black-white, biasanya versi logo dengan warna hitam atau putih semua.
  • Ikon saja, untuk digunakan sebagai gambar profil media sosial media atau favicon untuk website bisnis kopi Anda. 

Mendesain kemasan kopi secara unik & menarik 

Kemasan kopi adalah alat yang paling ampuh untuk memasarkan produk. Disamping bersifat fungsional dalam menjaga kopi Anda tetap aman selama penyajian atau pengiriman, kemasan ini akan membedakan kopi Anda dari yang lainnya, juga menarik perhatian audiens.

Ya, perlu digaris bawahi ketika Anda sedang dalam proses branding meskipun kemasan Anda mungkin tidak memengaruhi kualitas kopi Anda, sebagian besar konsumen cukup terpengaruh oleh estetika. 

Jika mereka dihadapkan pada pilihan brand kopi yang banyak, kemungkinan besar mereka akan memilih merek kopi dengan kemasan yang paling menarik secara visual.

Dengan kemasan yang menarik, konsumen Anda pun nantinya akan lebih percaya diri untuk membagikan pengalamannya di media sosial mereka. Itu artinya Anda akan memperoleh manfaat dari promosi gratis yang dilakukan  pelanggan Anda sendiri.



Saat merancang kemasan ini, Anda memiliki pilihan untuk membuat identitas brand Anda lebih berani dan terlihat. Anda dapat memilih untuk menempatkan logo brand di depan dan di tengah dalam desain. Anda juga bisa melangkah lebih jauh dari sekedar menempelkan logo pada kemasan. Seperti dengan, menyematkan desain ornamen-ornamen/ motif yang khas dengan brand Anda. 

Menerapkan strategi media sosial

Media sosial adalah salah satu platform paling efektif untuk terhubung dengan target konsumen dan meningkatkan visibilitas brand Anda. Hal ini dikarenakan Anda bisa terlibat dengan khalayak konsumen yang luas.

Beberapa hal berikut ini perlu Anda terapkan agar konten media sosial Anda lebih menarik followers dan pada akhirnya menarik pengunjung/ pembeli.

  • Kreatif. Cara terbaik untuk memikat dan terhubung dengan pelanggan Anda adalah dengan menyajikan konten dengan desain visual yang menarik. 
  • Konsistensi. Saat menulis deskripsi/ caption, menggunakan filter, dan elemen visual lain tetaplah konsisten. Karena dengan konsisten dan tidak berubah-ubah maka konten yang Anda sajikan akan lebih mudah diingat dan terngiang di ingatan seseorang. 
  • Interaktivitas. Cobalah untuk membuat konten interaktif sesering mungkin. Libatkan pelanggan Anda dengan kuis, jajak pendapat, tanya jawab, dan kompetisi.

Itulah beberapa strategi branding bisnis kopi yang bisa Anda terapkan untuk melejitkan brand kopi Anda. Tetap pantau blog kami untuk update tips dan informasi bermanfaat lain terkait branding dan marketing lainnya!

Dan jika Anda ingin menerapkan strategi tersebut tetapi membutuhkan partner desainer branding kopi profesional, maka Grapiku lah solusinya! Karena Grapiku merupakan agensi desain branding yang mengerti akan kebutuhan mitra secara mendetail. Kami akan mendengar dan memberikan solusi yang pas untuk meningkatkan penjualan kopi anda melalui desain-desain penunjang marketing yang efektif dan atraktif. 

Lihat proyek branding kopi kami dan konsultasi desain yang Anda butuhkan melalui whatsapp di 0857-4727-8100 sekarang juga!