Skip links

Cara Membuat Website Terindex Google Secara Cepat

Dapat menempati ranking tinggi di laman mesin pencari terlebih search engine terpopuler Google tentu saja menjadi keinginan para pemilik website. Pasalnya, dengan berada di posisi yang tinggi maka kesempatan website dibuka oleh pengguna pun juga semakin tinggi. Dengan pengunjung website yang tinggi, maka potensi keuntungan juga meningkat. Entah itu keuntungan dari monetisasi blog, penjualan barang, penawaran jasa, maupun hal lainnya. 

Namun, untuk mencapai tingkatan ini bisa dibilang cukup sulit. Banyak hal yang harus anda lakukan agar website anda berfungsi dengan baik. Dari sekian banyak hal, minimal anda harus membuat website anda terindex di Google. Tahap ini bisa dibilang menjadi teknik dasar nan wajib yang harus dilakukan oleh semua pengelola website

Apa maksud Google Index?

Google Indexing adalah suatu proses dimana Google mengumpulkan dan mengelola informasi-informasi dari sebuah halaman website ke dalam sebuah database. Dari database ini lah, Google dapat menampilkan daftar website kepada penggunanya di halaman hasil pencarian (SERP).

Lantas, apakah website anda sudah masuk dalam Google Index? Untuk memastikannya, anda bisa melakukan pencarian di Google dengan menuliskan “site:namadomainwebsiteanda.com”, contoh: site:grapiku.com.

Kenapa website perlu terindex oleh Google?

Jika website anda telah ada di dalam index, berarti Google telah menyadari bahwa website anda eksis dan siap bersaing dengan website lainnya. Sebaliknya, jika situs anda tidak diindeks, itu sama seperti website yang mati. Akibatnya tidak ada yang akan menemukan situs anda secara organik karena bukan bagian dari indeks pencarian Google.

Bagaimana cara agar website terindex secara cepat?

Nah, untuk membuat website anda bisa terindex oleh Google dengan cepat. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan beberapa diantaranya sebagai berikut:

  • Mendaftarkan link di Google Webmaster tool/ search console

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mendaftarkan link website anda ke Google Search Console. Secara umum, fungsi tools dari Google ini adalah digunakan untuk monitoring kinerja website, riset mengenai situs-situs web yang paling populer, mengetahui keyword yang populer. Sedangkan fungsi yang paling penting dalam proses indexing adalah untuk melihat seberapa sering Google melakukan crawling (mencari dan memeriksa) website anda. Selain itu bisa juga untuk mengetahui indexing error yang berpengaruh pada ranking website anda di hasil pencarian. Anda bisa langsung submit link website dengan mengunjungi Google Search Console.

  • Menambahkan peta situs

Cara ini termasuk dalam teknik SEO dasar yang tidak boleh dilewatkan. Anda perlu membuat peta situs/ sitemaps baik itu sitemaps XML maupun HTML. Peta situs sendiri berfungsi untuk memberikan informasi mengenai halaman, video, galeri, dan hal lain yang ada pada website. 

Sitemaps XML merupakan peta situs yang ditujukan kepada mesin pencari dalam hal ini Goole agar website anda bisa lebih mudah ditemukan yang nantinya berefek ke website anda dapat lebih cepat masuk index. Sedangkan sitemap HTML, dibuat untuk pengunjung website secara umum agar mereka lebih mudah melakukan navigasi ke berbagai halaman di website anda. Mirip seperti mendaftarkan link website di cara sebelumnya, untuk Sitemap XML juga perlu anda submit ke Google Search Console. Caranya buka dashboard Google Console lalu pilih menu Sitemap / peta situs.

  •  Memperbaiki indexing error

Indexing error menjadi hal yang mungkin sering terjadi pada website. Adanya indexing error yang muncul di website ini anda akan berpengaruh pada ranking di hasil pencarian. Karena pada kondisi ini Google berhenti melakukan aktivitas crawling dan indexing pada website anda. Maka dari itu, setelah mengetahui apakah ada error atau tidak di website anda yang dapat di cek melalui Google Search Console. Anda harus memperbaiki indexing error tersebut. Beberapa indexing error yang paling sering ditemukan adalah 404 error (page not found), Server Error, Not Followed, dsb.

  • Perbanyak internal link

Internal link adalah tautan yang mengarah dari suatu halaman menuju halaman lain dalam satu website. Internal link dapat membantu Google memahami hubungan setiap halaman pada website anda. Namun perlu diingat, memperbanyak internal link berarti anda juga harus memperbanyak halaman atau konten yang berkualitas pula. Karena apabila anda secara sembarangan menaruh internal link atau memaksa menyisipkannya di hal yang tidak berhubungan maka Google dapat menganggapnya sebagai spam. 

Contoh internal link seperti ini : Peran Digital Agency Dalam Meningkatkan Pemasaran Usaha

  • Membangun backlink berkualitas

Backlink merupakan sebuah link yang terdapat pada sebuah website yang mengarah ke website lainnya. Backlink ini bisa dikatakan menjadi cara tercepat indexing Google yang justru sering diabaikan. Perlu diketahui, bahwa dengan backlink inilah Google dapat menemukan keberadaan situs web. Sehingga apabila anda memasang backlink di banyak website, maka semakin banyak pula potensi Google untuk menemukan website anda. Untuk membangun backlink berkualitas anda bisa memanfaatkan website direktori dan website forum. Usahakan untuk memakai anchor text yang sesuai keyword ataupun kata-kata yang memberikan nilai bagi pembaca karena kata anchor text yang salah akan berdampak buruk terhadap SEO. Hindari penggunaan kata anchor text yang umum digunakan seperti “klik disini”, “ini”, “itu”, dan lain-lain.

Sekian cara agar membuat website terindex Google dengan cepat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.