Skip links

Tahun Baru, Strategi Baru: Tips Marketing Bisnis di Tahun 2021

Tahun 2020 tanpa terasa akan segera berakhir, tahun baru 2021 kian dekat. Bagi sebagian besar orang, tahun baru merupakan awal memulai langkah baru untuk mewujudkan harapan serta impian mereka. Begitupun juga bagi kebanyakan perusahaan, tahun baru menjadi momen yang tepat untuk menyusun dan merealisasikan strategi baru utamanya dalam hal marketing/ pemasaran untuk mencapai kesuksesan bisnis yang lebih dari tahun-tahun sebelumnya.

Perlu diketahui bahwa, model marketing merupakan hal yang dinamis dan terus mengalami perubahan setiap tahunnya. Yang menjadi pemicunya tak lain dan tak bukan adalah pesatnya perkembangan teknologi yang mempengaruhi gaya hidup konsumen itu sendiri. Dewasa ini bisnis dituntut untuk beralih ke pemasaran secara online agar bisnis tetap bertahan.

Jika suatu bisnis tidak bisa mengikuti alur tersebut, maka kemungkinan bahwa bisnis akan tertinggal dan tenggelam dari kompetisi pasar pun semakin besar. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda mengetahui cara dan tips marketing tahun 2021 yang efektif berikut ini:

Memperkuat merek

Tips marketing di tahun 2021 yang pertama adalah Merek. Tentu, bicara soal rahasia kesuksesan bisnis, jawabannya hampir selalu tentang branding. Karena membangun serta memperkuat brand adalah salah satu aspek penting dalam resep marketing bisnis yang sukses.

Dengan branding, perusahaan Anda dapat memantapkan dirinya sebagai identitas terkemuka di pasar yang ramai dengan tingkat kompetisi tinggi. Menjadi terkenal dan diingat dapat memberi Anda keuntungan tambahan untuk menargetkan pelanggan yang tepat sambil menyebarkan akar bisnis Anda secara mudah.

Meraih loyalitas pelanggan

Menargetkan pelanggan baru bukanlah hal yang salah. Akan tetapi, banyak bisnis yang tak jarang melakukan kesalahan akan hal tersebut. Seringkali mereka terlalu berfokus pada meraih hati pelanggan baru sehingga pelanggan lama pun akhirnya terabaikan. Padahal menjaga pelanggan lama yang sudah loyal terhadap bisnis lebih sulit dibandingkan dengan mendapatkan pelanggan baru.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, cobalah berikan layanan yang sama antara pelanggan baru dan pelanggan lama. Bila perlu, berikan reward melalui berbagai hal mulai dari pengumpulan poin, membuat program member VIP untuk pelayanan terbatas, dan sebagainya. Dengan program ini, pelanggan lama Anda akan tertarik kembali membeli produk Anda dan terus menerus menjadi pelanggan Anda yang loyal. Demikian pula para pelanggan baru, tentu akan lebih tertarik dengan produk Anda ketika mengetahui berbagai program khusus yang ada. 

Menciptakan pengalaman yang berkesan, baik offline maupun online

Lebih dari apa yang terpikirkan, bukan hanya sekedar mendapatkan produk atau layanan saja. Ternyata konsumen juga ingin mendapatkan ‘pengalaman’ yang mendalam. Ini bisa dalam apa saja, mulai dari konten online yang impresif hingga tempat fisik (offline) yang dapat menarik seseorang memotret dan membagikannya di media sosial.

  • Segi offline

Berdasarkan suatu penelitian, dikatakan bahwa 40% konsumen restoran, kafe, hotel, dll di bawah usia 30 tahun memprioritaskan tempat tujuan yang ‘instagramable’. Dan 84% generasi milenial mengatakan bahwa mereka cenderung merencanakan perjalanan/ liburan mereka selain berdasarkan keinginan sendiri juga berdasarkan postingan media sosial orang lain. 

Pengalaman berkunjung ke toko offline/ tempat fisik yang Anda berikan kemungkinan akan menjadi postingan mereka berikutnya di media sosial. Dengan kata lain, akan memberi Anda konten yang dibuat langsung oleh pelanggan yang dapat Anda jadikan sebagai sarana iklan gratis/ testimoni.

Jadi singkatnya, jika Anda memiliki lokasi fisik sebaiknya Anda menawarkan sesuatu yang ‘layak gambar’. Sehingga bisnis anda lebih menarik bagi generasi yang ingin memposting tentang segala pengalaman mereka. 

  • Segi online

Selanjutnya jika menyangkut pengalaman online, pikirkan tentang bagaimana Anda dapat membuat konten dan iklan digital Anda lebih impresif. Ada banyak cara untuk mengubah konten digital Anda menjadi pengalaman yang menarik bagi pelanggan dan pengikut Anda.

Manfaatkan banyak elemen interaktif di media sosial maupun website seperti polling, tanya jawab, video langsung, dan bahkan kuis. Ini membuat Anda terlihat lebih terhubung dengan audiens Anda, meningkatkan ketertarikan mereka akan merek dan produk/ layanan bisnis Anda.

Bersikap transparan dan terhubung dengan kepentingan konsumen

Cara terbaik untuk terhubung dengan konsumen yang semakin fokus pada masalah sosial adalah dengan bersikap transparan. Contohnya, setiap bisnis pasti ada kalanya mengalami kesulitan atau masalah, seperti kehabisan stok, tim yang berubah, jaringan internet eror, dan sebagainya. 

Jika kendala tersebut menghalangi performa bisnis Anda, cobalah sampaikan kepada pelanggan dengan sopan. Jangan sampai pelanggan Anda menunggu hingga menerka-nerka masalah apa yang terjadi dan berpikiran buruk tentang bisnis Anda. Anda juga bisa memberikan update mengenai masalah tersebut melalui media sosial, email, website, dan media lain yang Anda miliki. Dengan keterbukaan dan tanggapan yang sopan, konsumen akan merasa dihargai dan lebih mudah percaya kepada bisnis Anda, sehingga mereka akan menjadi pelanggan yang loyal.

Meningkatkan kesadaran akan pentingnya data

Kegiatan pemasaran bukanlah apa-apa tanpa data, karena utamanya keputusan pemasaran harus berdasarkan pada data. Pelajari setiap data dari hasil kampanye/ iklan yang Anda lakukan. Gunakan data tersebut sebagai dasar dalam menargetkan audiens serupa ataupun menargetkan ulang iklan melalui media sosial maupun platform periklanan Google.

Tahun baru, persaingan baru. Mampukah strategi marketing Anda efektif di tahun 2021?

Itulah beberapa tips marketing bisnis sebagai bekal Anda memasuki kancah persaingan bisnis di tahun 2021. Apakah susunan strategi marketing yang telah buat siap untuk tahun 2021? Atau justru saat ini Anda masih merasa kesulitan ketika harus membuat rencana pemasaran?

Kami, Grapiku adalah agensi digital marketing yang berfokus pada pertumbuhan bisnis Anda. Kami akan dengan senang hati membantu Anda dalam menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk tahun 2021. Jika Anda tertarik, hubungi kami untuk berkonsultasi awal secara gratis dengan pakar pemasaran digital kami!