Skip links

Brand Essence, Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Bagi sebuah bisnis, produk merupakan elemen kunci dalam keseluruhan penawaran pasar. Ini dapat berupa barang atau jasa. Yang mana dalam produk tersebut terdapat banyak nilai yang dapat mempengaruhi minat konsumen terhadap suatu produk, salah satunya yaitu brand essence. Ya, untuk tetap kompetitif di pasar ini tidak cukup lagi jika Anda hanya memasang harga terbaik dan menghadirkan produk paling efektif untuk membantu Anda menonjol. Tetapi, Anda juga perlu menciptakan perasaan yang tepat kepada audiens dengan mengkomunikasikan brand essence ke setiap produk atau servis Anda.

Pengertian

Brand essence (esensi merek) merupakan sebuah frasa yang mengkomunikasikan nilai atau sifat inti dari brand produk/ jasa yang akan menjadi jiwa atau DNA perusahaan. Ia dapat memisahkan Anda dari para pesaing melalui faktor-faktor yang berfokus pada afinitas. Yang pada akhirnya membuat perusahaan Anda lebih dapat diterima karena pelanggan dapat merasakan kesan tersebut hanya ada pada Anda.

Hubungan brand essence dengan brand positioning

Brand essence ini erat kaitannya dengan brand positioning. Brand Positioning merupakan proses memposisikan merek di benak konsumen. Proses ini biasanya mencakup tahapan menentukan siapa target pasar yang ingin Anda jangkau, hal apa yang menjadi pembeda dengan produk lain dalam kategori yang sama, dan apa alasan mengapa konsumen harus yakin bahwa produk Anda adalah paling tepat untuk dipilih. Sedangkan brand essence merupakan sisi emosional brand yang dapat memperkuat brand positioning itu sendiri. Artinya, jika perusahaan dapat menerapkan brand essence dengan matang, maka dapat mempermudah brand positioning, membuat posisi brand lebih mudah untuk melesat naik di pasar.

Contoh 

Pada umumnya, perusahaan menggambarkan esensi merek ke dalam beberapa kata. Misalnya “One-touch life solutions” milik Gojek yang jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi “Solusi hidup sekali sentuh”. Esensi tersebut dapat  berarti bahwa Gojek ini adalah layanan serba ada yang mampu memudahkan segala aktivitas. Hanya dengan sekali sentuh (membuka aplikasi Gojek), kita bisa memakai berbagai jasa seperti ojek online, taksi online, pesan antar makanan, kirim barang, serta belanja dan pembayaran sebagai solusi praktis dan mudah kebutuhan.

Lalu, ada brand essence dari brand Nike yaitu “Authentic Athletic Performance”. Dengannya, Nike memposisikan dirinya sebagai brand peralatan olahraga yang dipakai oleh para juara. Hal itu diperkuat pula dengan strategi Nike yang selalu mensponsori atlet-atlet pemenang dan terkenal. Seperti Cristiano Ronaldo.



Selanjutnya, ada brand Toyota yang memberikan esensi brand “kebersamaan” pada produk Toyota Kijangnya. Nilai yang ingin disampaikan oleh Toyota ini menuntun emosional konsumen untuk memilih Toyota Kijang sebagai kendaraan yang nyaman untuk keluarga.

Dan masih banyak contoh brand essence lainnya, seperti:

  • Disney: Disney World, Magical Fun
  • Starbucks: Rewarding Every Moments
  • Coca-Cola: Sharing And Happiness
  • Apple: Think Different
  • Visa: Everywhere
  • REI: Adventure

Mengapa harus menemukan brand essence?

Sekarang setelah Anda tahu apa itu brand essence beserta contohnya, saatnya untuk menyimak berbagai manfaat brand essence yang akan menjadi alasan mengapa Anda harus segera menemukan brand essence bisnis Anda. Berikut ini manfaat dari brand essence tersebut:

Membuka jalan pemasaran

Ketika Anda telah menemukan dan memahami apa esensi merek Anda, dan membedakan diri dari pesaing. Hal ini dapat mendorong Anda untuk dapat mengembangkan kampanye periklanan dan peningkatan kesadaran yang lebih kuat. Anda bisa menjual lebih produk kepada pelanggan dengan membangun cerita yang menarik dan tepat yang sesuai dengan karakter dan target audiens.

Memperkuat diferensiasi & brand positioning

Ketika DNA brand telah Anda pegang, maka ini dapat menciptakan diferensiasi bisnis Anda dari pesaing di pasaran yang ramai. Karena itu berarti Anda telah menemukan keunikan produk/ layanannya Anda untuk ditunjukkan kepada audiens. Perlu Anda ketahui pula bahwa pembedaan bisnis ini juga berdampak positif untuk meningkatkan kesadaran merek, mengkomunikasikan nilai, dan membenarkan penetapan harga yang semuanya berdampak pada keuntungan bisnis Anda.

Memudahkan untuk terhubung dengan audiens

Saat ini kebanyakan konsumen menjadi lebih cerdas dan menuntut, yang juga berarti bisnis Anda harus memenuhi ekspektasi yang meningkat. Oleh karenanya, Anda pun harus mencari metode baru untuk terhubung dengan target audiens. Dan dengan menggaungkan esensi brand, Anda bisa membangun ikatan lebih mudah. Pasalnya, konsumen berpotensi mengaitkan karakteristik kemanusiaan pada produk/ servis Anda. Seperti halnya contoh yang telah kami sebutkan tadi. Produk Toyota Kijang dengan esensi mereknya “Kebersamaan” dapat menghubungkan produknya dengan perasaan konsumen yang sedang mencari mobil untuk keluarga mereka.

Cara dan kiat-kiat membangun brand essence

Seperti banyak hal lain dalam ranah branding, tidak selalu mudah untuk mendefinisikan atau menemukan makna esensi merek yang penting dari sebuah brand. Namun, Anda bisa membuat esensi merek dengan mengetahui persis terlebih dahulu tentang bisnis Anda sehingga Anda pun akan lebih mudah menyampaikan maksud kepada pelanggan. Menyatukan konsep seperti nilai, pernyataan visi dan misi brand untuk menentukan apa yang Anda perjuangkan sebagai perusahaan dan memandu ke masa depan.

Setelah itu, penting juga untuk tidak mengabaikan kriteria penting dari esensi merek yang kuat berikut ini:

  • Keunikan. Ingatlah bahwa orang membuat keputusan pembelian berdasarkan keunikan produk Anda, dan bukan berdasarkan kemiripannya dengan produk lain.
  • Pikiran tunggal. Sebaiknya gunakan satu atau maksimal 3 kata yang sesuai dan tertanam proposisi nilai inti produk Anda.
  • Relevan. Pastikan bahwa esensi yang Anda identifikasi untuk merek Anda relevan untuk audiens target Anda.
  • Otentik. Esensi merek juga harus autentik, dapat dipercaya karena ini bisa dibilang sebagai janji. Jika esensi merek dengan produk/ layanan tidak sesuai sama saja Anda tidak memenuhi janji sehingga bisa mendatangkan citra buruk audiens kepada bisnis Anda.
  • Konsisten. Esensi merek harus Anda sampaikan secara konsisten untuk memberikan pengalaman yang sama setiap saat ketika pelanggan berinteraksi dengan merek. 
  • Berkelanjutan. Tidak berubah-ubah dan harus tahan lama. Untuk itu selidiki apakah esensi Anda akan dapat terus mengikuti rencana pertumbuhan bisnis.

Demikian pembahasan mengenai brand essence. Jadi, setelah Anda memiliki esensi merek yang membangun narasi bisnis Anda. Itu artinya Anda akan memiliki aset berharga yang dapat Anda gunakan untuk mengarahkan dan mendukung pertumbuhan Anda selama bertahun-tahun yang akan datang.