Skip links

Mengenal Brand Positioning, Memposisikan Merek di Benak Konsumen

Mendapatkan posisi terbaik di hati para pelanggan merupakan salah satu tujuan utama dari strategi pemasaran suatu brand produk/ bisnis. Pasalnya ini menjadi gerbang awal bagi bisnis untuk meyakinkan calon pelanggan sebelum akhirnya mereka membeli produk yang Anda tawarkan. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan adanya suatu upaya yang sering disebut dengan istilah brand positioning. Apa itu brand positioning? Mengapa brand positioning ini sangat penting? Dan bagaimana strategi brand positioning yang efektif? Mari bersama mengenal brand positioning ini lebih dalam.

Pengertian brand positioning

Menurut pakar pemasaran ternama Philip Kotler, Brand positioning adalah suatu tindakan atau aktivitas merancang penawaran dan citra perusahaan untuk memposisikan merek agar mampu menempati tempat yang berbeda dalam benak target audiens. Dari definisi tersebut, dapat diartikan brand positioning lebih dari sekedar membuat branding logo, maskot, tagline, dll. Melainkan sebuah proses memposisikan merek di benak konsumen dengan cara menggambarkan sekaligus menanamkan bagaimana merek tersebut berbeda dari para pesaingnya, apa yang membuatnya berbeda (keunggulan), dan nilai-nilai merek lainnya. 

Mengapa brand positioning sangat penting?

Mungkin banyak sekali pesaing yang memiliki fitur dan berbagai aspek yang serupa dengan produk atau layanan Anda, tetapi tahukah bahwa mereka tidak akan dapat meniru merek Anda. Dan brand positioning ini lah yang akan membantu memberi tahu konsumen mengapa mereka harus memilih Anda daripada pesaing Anda. 

Contohnya saja, brand AQUA. Mereka sukses memposisikan diri dan membangun citra sebagai air mineral paling bermutu dan menyehatkan. Padahal jika ditelusuri lebih lanjut, banyak juga merek air mineral lain yang memiliki mutu yang sama baiknya. Adapun manfaat lain dari brand positioning bagi merek Anda antara lain:

Menciptakan diferensiasi pasar 

Penentuan posisi merek memungkinkan perusahaan untuk membedakan diri dari pesaing, menunjukkan keunikan produk/ layanannya. Sehingga tercipta diferensiasi yang dapat membantu meningkatkan kesadaran merek, mengkomunikasikan nilai, dan membenarkan penetapan harga yang semuanya berdampak pada keuntungan bisnis Anda.

Memudahkan keputusan konsumen

Dengan mendefinisikan produk Anda dengan jelas, bagaimana produk tersebut dapat menguntungkan konsumen Anda. Maka dalam proses pembelian, konsumen Anda tidak perlu menebak-nebak apa yang akan mereka peroleh sehingga mereka pun lebih cepat mempercayai dan membeli produk Anda.

Meningkatkan nilai produk

Kebanyakan bisnis melakukan perang harga dengan para pesaingnya. Namun, dengan posisi merek yang bagus Anda dapat menyoroti nilai tertinggi produk Anda. Dengan mengetahui fokus sorotan nilai tertinggi produk Anda tersebut, memungkinkan pelanggan ingin membelinya apapun yang terjadi meskipun bukan yang termurah di pasar.

Jenis-jenis strategi brand positioning

Terdapat berbagai jenis strategi untuk memulai brand positioning. Dalam pengimplementasiannya, harus disesuaikan pada produk/ layanan Anda, persaingan pasar, dan pertimbangan-pertimbangan lain. Berikut jenis-jenis strategi brand positioning tersebut:

Positioning berbasis layanan pelanggan

Strategi yang pertama yaitu berfokus pada menempatkan merek Anda sebagai yang paling ramah dan cepat daripada kompetitor. Pasalnya, percuma saja jika Anda mengiklankan produk/ jasa yang berkualitas tinggi tetapi memiliki kelemahan dari sisi customer supportnya. Ini hanya akan mengundang ulasan buruk dan keluhan sehingga menurunkan reputasi bisnis Anda.

Dengan layanan pelanggan yang hebat, Anda dapat mengubah calon pelanggan yang awalnya tidak tertarik akan produk Anda menjadi tertarik. Karena bagi konsumen mendapat pengalaman pelayanan yang menyenangkan merupakan bahan pertimbangan yang berharga dalam memilih sebuah produk.

Berbasis kenyamanan produk

Kedua, strategi pemosisian merek berbasis kenyamanan. Strategi ini menyoroti mengapa produk atau layanan perusahaan Anda lebih nyaman dan mudah digunakan daripada merek pesaing. Kemudahan ini dapat berdasar pada desain produk, kemudahan penggunaan, aksesibilitas yang luas, dukungan berbagai platform, dan banyak lagi. 

Dengan memposisikan produk atau layanan Anda sebagai yang paling nyaman, konsumen yang biasanya memiliki kesibukan dan mobilitas relatif tinggi akan memiliki ketertarikan yang lebih tinggi terhadap produk Anda.

Berbasis harga

Ketiga, strategi brand positioning berbasis harga untuk menampilkan produk dan layanan Anda sebagai pilihan yang paling terjangkau. Ketika Anda memposisikan produk Anda sebagai yang termurah di pasar, Anda pasti akan menghasilkan basis pelanggan yang besar karena tidak ada yang suka membeli barang dengan harga yang lebih tinggi dari harga wajarnya.

Berbasis kualitas

Strategi selanjutnya menekankan pada kualitas produk dan seringkali berimbas pada penetapan harga yang premium. Dengan strategi ini Anda dapat menonjolkan kualitas produk Anda yang merupakan hasil dari proses pengerjaan yang luar biasa, produksi dalam jumlah kecil, bahan berkualitas tinggi, dan bahkan praktik berkelanjutan yang membuatnya pantas memiliki harga yang lebih tinggi. Strategi ini sangat tepat jika Anda menargetkan konsumen kelas menengah keatas.

Berbasis spesialisasi

Terakhir, strategi ini memungkinkan Anda fokus pada penawaran layanan tertentu. Anda dapat menawarkan layanan dan keahlian khusus yang mungkin tidak dimiliki oleh kompetitor Anda yang terlalu general. Hal ini menjadikan bisnis Anda terlihat istimewa karena lebih spesifik. Konsumen Anda akan menganggap Anda lebih memahami kebutuhan mereka karena Anda menawarkan pengetahuan atau keahlian khusus yang akan memenuhi kebutuhannya. 

Tips membuat brand positioning yang kuat dengan strategi yang tepat

Setelah mengetahui apa saja jenis strategi brand positioning, selanjutnya ketahui tips-tips dalam membuat brand positioning yang kuat berikut ini:

  • Lakukan riset. Temukan dan analisa semua pesaing Anda untuk menentukan dimana posisi merek mereka, seberapa baik kinerjanya, dan bagaimana Anda bisa mengalahkannya. Dengan mengetahui posisi Anda di antara pesaing, Anda akan dapat memposisikan diri sedemikian rupa dengan strategi yang pas untuk menarik perhatian pelanggan.
  • Tetaplah autentik. Pemosisian merek adalah apa yang Anda ingin orang pikirkan ketika mereka melihat perusahaan Anda, jadi pastikan itu asli dan kredibel.
  • Sesuaikan seperlunya. Memiliki posisi merek yang telah ditetapkan tidak berarti Anda tidak dapat berubah. Saat Anda mengidentifikasi kekurangan atau menemukan masukan pelanggan yang kurang memuaskan, jangan takut untuk menyesuaikan brand positioning Anda.

Demikian pembahasan untuk mengenal apa itu brand positioning. Seperti yang Anda lihat, brand positioning ini sangatlah penting untuk memperkuat posisi merek Anda. Posisi merek yang kuat akan membuat perbedaan yang jelas saat memasuki atau bersaing di pasar mana pun yang akan meningkatkan ketertarikan audiens target Anda terhadap merek Anda dan berakhir pada penjualan yang tinggi pula.