Skip links

Tips Mengelola Website Bagi Pemula Agar Bersaing Dengan Kompetitor

Tips mengelola wbsite bagi pemula agar bersaing dengan kompetitor – Pembuatan website merupakan pekerjaan yang membutuhkan banyak effort. Mulai dari segi biaya, waktu, dan tenaga yang tidak jarang harus melibatkan jasa website profesional untuk menanganinya. Oleh karenanya, tanggal perilisan web pun menjadi saat yang paling ditunggu-tunggu para pemilik website karena website yang diperjuangkan akhirnya telah selesai. Ketika website sudah aktif, selanjutnya bagaimana? Apakah itu berarti semua kerja keras telah selesai dan tibalah waktunya untuk bersantai sambil menunggu website bekerja mendatangkan keuntungan dengan sendirinya? Tentu tidak!

Mungkin istirahat sejenak tidak masalah, akan tetapi jangan sampai Anda lepas tangan terhadap website Anda begitu saja. Pasalnya, jika Anda benar-benar ingin website Anda berhasil dan berkembang, Anda perlu mengelola website Anda secara konsisten dan berkelanjutan. Lalu, bagaimana cara mengelola website tersebut? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Tips Mengelola Website

Berikut ini adalah tips mengelola website dasar yang bisa dilakukan bagi Anda para pemilik website bahkan jika Anda seorang pemula:

Memperbarui konten secara berkala

Tips pertama dalam mengelola website adalah memperbarui konten secara berkala. Ingat, meskipun website Anda saat ini memiliki banyak konten yang Anda rasa cukup untuk memenuhi kebutuhan informasi para pengunjung. Tetapi jika kedepannya Anda tidak pernah memperbarui website Anda dengan konten yang baru maka ini bisa menjadi penyebab turunnya kinerja website Anda.

Perlu Anda ketahui, penting untuk menyertakan beberapa area website yang dapat Anda jaga agar tetap segar dan relevan dengan audiens. Pertimbangkan beberapa jenis konten dinamis yang populer. Seperti blog, berita/ pengumuman, acara, galeri, testimonial, portofolio/ hasil karya, studi kasus, dan sebagainya. Adapun manfaat yang dapat Anda peroleh jika Anda rutin memperbarui konten website Anda adalah:

  • Meningkatkan persepsi audiens¬†

Website Anda adalah cerminan dari bisnis/ organisasi Anda. Sehingga pembaruan konten secara konsisten dan menyajikan konten baru yang bermanfaat dapat meningkatkan persepsi pengunjung tentang situs web serta pemiliknya (bisnis/ organisasi Anda). Hal ini akan menunjukkan bahwa Anda secara aktif terlibat dalam layanan apa yang Anda berikan.

Sebaliknya, jika Anda pasif dalam memperbarui konten lama-kelamaan informasi yang Anda sajikan akan usang. Dan ini dapat menjadi faktor ketidaktertarikan yang berpotensi memicu pengunjung menjauh.

Selain itu, memposting konten baru seperti berita terbaru,dokumentasi kegiatan, testimonial, atau studi kasus akan membantu bisnis Anda tampil lebih kredibel dan memberikan sentuhan yang lebih personal pada website Anda.

  • Meningkatkan trafik

Tidak hanya mendapatkan pengunjung baru, menarik pengunjung lama untuk kembali lagi adalah tantangan bagi setiap pemilik website. Kabar baiknya, jika website Anda secara konsisten menawarkan konten baru dan diperbarui. Maka ini juga akan memberi pengunjung alasan untuk datang dan kembali. Dengan begitu lalu lintas/ trafik/ jumlah kunjungan website Anda pun menjadi lebih tinggi karena pengunjung baru dan pengunjung lama kembali berdatangan.

  • Meningkatkan peringkat SEO

Mesin pencari akan memandang baik pada website yang memiliki konten segar dan relevan. Oleh karena itu, menerapkan pembaruan konten secara berkala seperti artikel blog atau rubrik berita adalah cara yang bagus untuk meningkatkan peringkat SEO. Posting blog juga bisa memberikan kesempatan Anda memperbanyak fokus kata kunci untuk menjangkau audiens dan mengarahkannya ke layanan Anda.

  • Meningkatkan promosi dan potensi konversi

Pada akhirnya, pembaruan konten yang Anda lakukan dapat bermanfaat untuk meningkatkan potensi konversi. Anda bisa menggunakan halaman yang paling sering dikunjungi untuk menghasilkan lalu lintas ke konten yang ingin Anda promosikan. Misalnya, jika Anda memposting artikel blog, pertimbangkan untuk memilih tema yang relevan dengan layanan Anda dan menempatkan kalimat soft marketing atau ajakan bertindak ke layanan terkait pada artikel tersebut untuk menghasilkan prospek 

Memperhatikan kualitas konten

Disamping melakukan pembaruan konten secara berkala, Anda juga harus memperhatikan segi kualitas konten yang akan diupload. Jangan sampai Anda sekedar rutin mengupload konten baru hanya agar website terlihat fresh maupun untuk mempromosikan layanan tanpa memperhitungkan bobot dan kualitas konten tersebut. Alih-alih akan mendapatkan apa yang diinginkan, hal ini justru memungkinkan adanya anggapan bahwa itu spam yang mengganggu.

Oleh karenanya, jika Anda membuat konten tulisan maka buatlah dengan berpedoman pada kaidah penulisan artikel yang baik serta sesuai dengan teknik SEO. Dan apabila Anda mengunggah gambar maka pastikan bahwa gambar tersebut beresolusi tinggi, tidak pecah, tidak blur, serta memiliki atribut Alt text. Konten yang berkualitas tentu akan mendapatkan penilaian baik dari para pengunjung sekaligus di mata mesin pencari yang berguna untuk menentukan peringkat di halaman hasil pencarian.

Mengupdate aplikasi/ fitur

Jika website Anda berjalan dengan CMS seperti WordPress, maka website Anda akan menjadi rentan saat tidak diperbarui. WordPress sendiri merupakan salah satu CMS yang memberikan pembaruan perangkat lunak, tema, plugin-plugin secara teratur bahkan terkadang terbilang terlalu cepat untuk meningkatkan fungsionalitas dan keamanan website.

Agar website Anda tetap aman dan berjalan dalam performa terbaiknya, maka Anda perlu mengupdate aplikasi-aplikasi/ fitur yang tertanam dalam website. Untuk melakukannya seperti memperbarui tema dan plugin pun seringkali hanya memerlukan waktu beberapa menit saja.

Monitoring dan evaluasi kinerja website

Penting juga untuk konsisten melakukan monitor data website Anda dengan mengecek performa website seperti kecepatan pemuatan, trafik pengunjung, rasio pentalan, dsb. Google Webmaster Tools/ Google Analytics bisa memberikan akses data yang berkaitan dengan hal tersebut. Dengan mengetahui data performa website Anda, Anda bisa mengevaluasi apakah selama ini upaya SEO Anda sudah benar, apakah konten Anda sudah menarik pengunjung untuk melakukan tindakan lebih lanjut, dll. Sehingga Anda bisa mengambil keputusan yang tepat yang bisa untuk dilakukan sebagai perbaikan dan pengoptimalan website yang lebih baik lagi.

Itulah beberapa tips mengelola website bagi pemula agar website bisa mendatangkan banyak pengunjung dan mampu bersaing dengan web kompetitor Anda. Mudah bukan? Sudahkah Anda melakukan tips jitu diatas? Atau hal ini terlihat rumit sehingga Anda kesulitan untuk mengelola website Anda? Jika ya, maka Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website Grapiku. 

Grapiku menyediakan layanan website yang komprehensif, mulai dari pembuatan hingga pengelolaan/ pemeliharaan (maintenance). Seperti optimasi data base, update plugin/ fitur fungsional dan keamanan, backup data, pembuatan konten, dsb yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Silahkan hubungi kontak sekarang juga untuk konsultasi secara gratis mengenai kebutuhan layanan pengelolaan website Anda. Serta mendapatkan harga penawaran menarik yang sesuai dengan budget Anda!