Skip links

Website Company Profile: Seberapa Penting Sih?

“Di era digital saat ini keberadaan sebuah website company profile menjadi sangat penting bagi bisnis apapun. Seberapa pentingkah itu?”.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi digital yang begitu pesat telah memicu lahirnya perubahan pola pikir, perilaku dan tren-tren baru di sekitar masyarakat. Bagi Anda para pelaku bisnis, tentu harus bisa membawa perusahaan agar tetap sejalan dengan hal tersebut. Jika tidak, perusahaan yang susah payah telah Anda rintis kemungkinan akan bisa tenggelam oleh zaman karena persaingan kompetitor yang mampu mengikuti laju era saat ini.

Contohnya saja dalam hal penggunaan website company profile. Sebagian besar masyarakat di Indonesia bahkan seluruh dunia saat ini memiliki akses internet. Dengan adanya internet, menciptakan suatu kebiasaan baru masyarakat yang kini cenderung lebih memilih menggunakan mesin pencari (Google, Bing, dll) sebelum membuat sebuah keputusan. Mereka akan mengetik suatu hal di mesin pencari, bisa saja itu nama perusahaan merek/ produk anda. Lalu dalam sekejap mesin pencari akan menampilkan hasil pencarian berupa informasi-informasi dalam bentuk halaman web (website).

Oleh karena itu, sederhananya jika Anda belum memiliki website yang menyajikan profil perusahaan. Maka bisnis Anda tertinggal satu langkah dari tren kebiasaan masyarakat yang mengakses segala sesuatu menggunakan internet. Dan kenyataan pahitnya Anda mungkin kehilangan banyak sekali peluang untuk bisnis Anda. 

Nah itulah penjelasan secara singkat yang menunjukkan bahwa website company profile sekilas memang cukup penting bagi perusahaan Anda. Namun, tidak sampai disini saja. Dalam rangka untuk lebih meyakinkan Anda yang mungkin tidak acuh ataupun masih ragu terhadap besarnya peran website bagi bisnis Anda. Kami akan mengajak Anda untuk memahami tentang website company profile lebih dalam lagi dalam pembahasan berikut ini:

Pengertian company profile

Arti company profile atau biasa disingkat compro (bahasa Indonesia: profil perusahaan), merupakan gambaran umum mengenai perusahaan yang disajikan secara ringkas, detail nan informatif. Compro ini fungsinya untuk memberitahu kepada orang lain terkait produk atau layanan yang perusahaan tawarkan. Khususnya pada saat akan mengajukan penawaran kepada investor, kerjasama dengan mitra, maupun penawaran langsung kepada calon konsumen.

Apa itu website company profile?

Perlu Anda ketahui, bahwa bentuk compro cukup beragam. Mulai dari bentuk yang paling umum adalah dalam media cetak berupa buku company profile. Lalu ada juga penyajian dalam bentuk digital berupa video, e-book/ e-document, dan website. Untuk website company profile sendiri adalah salah satu model penyajian profil perusahaan dalam media digital yang berupa kumpulan halaman pada suatu domain di internet. Website compro dapat diakses secara luas oleh siapa saja, kapan pun, dan dimanapun menggunakan sebuah browser dan URL/ alamat website.

Alasan mengapa website company profile sangat penting

Jika ada pertanyaan seberapa pentingkah website compro, maka jawabannya adalah penting sekali. Pasalnya, sebuah web compro dapat berfungsi untuk mencapai banyak strategi pemasaran yang membantu bisnis Anda berkembang. Dan berikut ini beberapa alasan utama mengapa website compro penting untuk Anda miliki:

  • Sebagian besar keputusan pembelian berawal dengan pencarian di mesin pencari

Untuk meraih hati pelanggan baru penting untuk memahami kemana prospek Anda pergi ketika mereka mencari pemasok/ penjual produk dan melakukan pembelian. Dan tahukah Anda, bahwa sekarang ini tempat kebanyakan orang pergi sebelum melakukan pembelian adalah internet, khususnya mesin pencari Google, Bing, dan Yahoo. 

Ini berarti jika Anda memiliki website yang dioptimalkan ke mesin pencari. Maka peluang bisnis Anda ditemukan oleh calon konsumen pun semakin tinggi. Ketika konsumen sudah menemukan keberadaan bisnis Anda di daftar hasil pencarian, selanjutnya ada peluang konsumen akan menggali informasi tentang bisnis Anda lebih lanjut.

  • Dapat menunjukkan profesionalisme perusahaan

Alasan lain mengapa website compro penting bagi bisnis Anda adalah karena ada sebagian konsumen yang sangat mempertimbangkan kepemilikan situs perusahaan sebagai bentuk profesionalitas perusahaan tersebut. Website compro dianggap sebagai bentuk keterbukaan informasi perusahaan yang disampaikan kepada konsumen. 

Ketika konsumen akan berurusan dengan perusahaan Anda terlebih dengan nilai harga yang cukup tinggi, namun perusahaan Anda tidak memiliki website maka bisa saja ini menimbulkan sedikit keraguan bagi mereka. Adakalanya hingga membuatnya mengesampingkan perusahaan Anda dari opsi karena tanpa ada keterbukaan informasi melalui website pandangan mereka tentang perusahaan Anda berkurang dan memberi kesan bahwa perusahaan Anda kurang kredibel. Mungkin ini bukanlah pemikiran konsumen secara keseluruhan, tetapi kami yakin banyak orang diluar sana memiliki pemikiran yang sama.



Untuk mendapatkan kredibilitas dari calon konsumen, selain menyajikan konten website profil perusahaan yang tersusun secara lengkap dan profesional pastikan pula website Anda memiliki tampilan yang profesional. Jangan menggunakan company profile wordpress theme gratis atau template wordpress company profile yang terkesan ‘pasaran’ yang mungkin sama dengan perusahaan lain. Tetapi buatlah tampilan website yang sesuai dengan identitas perusahaan Anda sehingga kesan pengunjung terhadap perusahaan Anda semakin kuat.

  • Membuka peluang jangkauan audiens di wilayah yang luas bahkan luar negeri

Memiliki sebuah website compro berarti membuka pintu bagi bisnis Anda ke wilayah geografis yang jauh lebih besar. Karena halaman web ini tentunya bisa diakses dengan koneksi internet oleh siapa saja tanpa mengenal tempat dan waktu. Anda bisa memperluas target konsumen yang selama ini tidak terjangkau dengan strategi pemasaran offline. Pada saat yang sama, dengan teknologi optimasi SEO website Anda pun bisa menerapkan target yang spesifik untuk menjangkau para calon konsumen baru dari berbagai kalangan dan wilayah sesuai target yang diinginkan.

  • Media pemasaran dengan biaya iklan relatif rendah dan terukur

Bagi setiap bisnis, investasi dalam bentuk iklan itu perlu agar merek atau informasi produk dan layanan lebih tersebar ke masyarakat secara cepat. Namun, bagi bisnis terlebih yang masih kecil setiap uang yang dikeluarkan itu sangat berharga sehingga harus hati-hati memilih media mana untuk mempromosikan bisnis. Dan website adalah salah satu media paling efektif dan ekonomis untuk melakukan kampanye iklan.

Jika memiliki website compro, maka Anda bisa memanfaatkan jasa layanan Google Ads yang menawarkan sistem PPC (Pay Per Click). Yang mana saldo iklan akan terpotong jika hanya ada pengguna yang mengklik iklan anda. Berarti semua pengeluaran anda nantinya dapat terpakai untuk membawa pelanggan baru ke website anda.

Strategi pemasaran ini tentu jauh lebih efektif dan hemat daripada Anda memasang iklan di media lain. Seperti memasang iklan billboard, iklan tv, cetak brosur dan menyebarkannya di jalan, dsb. Karena selain Anda bisa mengetahui berapa dana iklan Anda yang telah terkonversi, dengan iklan website Google Ads Anda bisa menargetkan secara terperinci siapa target konsumen yang ingin Anda jangkau. Mulai dari pengaturan target berdasarkan keyword (kata kunci), lokasi, jam tayang, display penayangan, hingga perangkat yang digunakan.

  • Menyediakan dukungan pelanggan secara otomatis (layanan mandiri) 24/7

Saat ini banyak orang sibuk yang membuat mereka tidak punya waktu untuk mengunjungi sebuah toko untuk mencari produk/ jasa yang ia butuhkan. Oleh karenanya kebanyakan dari mereka mencari di internet untuk mengetahui tentang produk/ layanan sebelum membeli. Jika Anda memiliki website compro, mereka dapat mengetahui tentang merek, fitur, harga, ukuran, warna melalui situs web Anda tanpa mengharuskan mereka datang ke kantor/ toko Anda.

Dalam website tersebut juga bisa Anda sajikan FAQ atau pertanyaan yang sering diajukan oleh konsumen. Seperti tentang prosedur pemesanan, ketentuan pengiriman, garansi, dll. Sehingga para calon konsumen bisa langsung mendapatkan jawaban 24/7 tanpa perlu menanyakan dan menunggu respon customer service pada jam kerja.

Buat website company profile Anda sekarang juga!

Demikian beberapa manfaat dan keuntungan website compro yang menjadi alasan bahwa website amat penting bagi bisnis Anda. Mudah-mudahan, Anda telah menyadari bahwa banyak keuntungan dari memiliki sebuah website compro bagi bisnis ini. 

Jika saat ini Anda belum memilikinya, tidak ada kata terlambat untuk memulainya. Kami – Grapiku akan membantu Anda membangun sebuah website compro berbasis WordPress yang profesional. Kami berpengalaman sejak 2015 menghadirkan situs profil perusahaan skala UKM, bisnis rintisan, menengah, hingga perusahaan besar. Kunjungi laman proyek website untuk melihat hasil karya website kami. 

Jangan menunda lebih lama lagi, manfaatkan penawaran ini dengan mengkonsultasikan segera kepada kami mengenai kebutuhan website Anda dan strategi digital marketing lainnya (Gratis)!