Skip links

Jenis-jenis Desain Grafis, Ketahui Perbedaan & Contoh Produknya

Desain grafis adalah proses komunikasi yang menggunakan elemen visual, seperti tipografi, fotografi, serta ilustrasi untuk menyampaikan informasi kepada khalayak. Terutama untuk menciptakan persepsi tertentu akan suatu pesan yang disampaikan. Dalam prosesnya, desain grafis menggabungkan antara teknologi, estetika, dan pemikiran kreatif. Hampir seluruh bidang kehidupan memerlukan desain grafis, karena memang ini menjadi salah satu teknik komunikasi yang efektif di masa kini. Namun, tahukah Anda bahwa desain grafis ini ternyata memiliki banyak jenis? Dan setiap jenisnya membutuhkan seperangkat keterampilan dan teknik desain tertentu. Apa saja jenis-jenis desain grafis itu?

Ini dia jenis-jenis desain grafis yang perlu Anda ketahui

Identitas visual

Desain grafis identitas visual adalah desain visual yang dibuat untuk memberikan identitas bagi setiap bisnis baik kecil, menengah hingga besar. Desainer yang berspesialisasi dalam desain grafis identitas visual ini umumnya membuat aset merek. Yang mencakup logo, tipografi, palet warna, maskot, dan elemen lain yang mewakili kepribadian merek. Dengan adanya identitas visual, antara bisnis/ merek yang satu dengan yang lain akan tampak berbeda. Dan salah satu indikator identitas visual yang sukses adalah jika konsumen dapat dengan mudah mengidentifikasi suatu merek meski hanya dengan melihat sebagian dari tampilan visual ini.

Desain kemasan (Packaging)

Kemasan produk merupakan komponen pelindungi suatu produk saat proses penyimpanan, pendistribusian dan penjualan agar produk tersebut tetap aman dan tidak rusak. Namun tak hanya itu, fungsi kemasan juga dapat menjadi alat pemasaran yang sangat efektif. Karena ini menjadi visual terdepan yang mewakili produk Anda dan berkomunikasi langsung dengan konsumen. Oleh karenanya, setiap box, kardus, botol, kaleng, cup, tas, pouch, dan jenis kemasan lainnya tentu membutuhkan desain grafis kemasan untuk menceritakan kisah tentang suatu produk dan membuat kemasan itu tampil menarik. Kemasan yang inovatif akan membawa produk tampil menonjol diantara produk yang sama milik kompetitor dan mampu “memanggil” konsumen untuk memilih produk Anda.

Desain pemasaran dan periklanan

Grafis pemasaran dan periklanan adalah desain grafis yang digunakan dalam setiap kampanye iklan dan promosi usaha. Desain ini berfokus pada visual yang menarik untuk mengkomunikasikan identitas, produk/ layanan, kelebihan dan nilai-nilai bisnis lainnya. Tujuannya yaitu untuk memberikan dampak persuasif dalam rangka membujuk audiens agar mempertimbangkan sebuah produk/ layanan, merek, dan bisnis tersebut. Hasil dari desain pemasaran dan periklanan ini sendiri dapat berwujud banner, spanduk, flyer, pamflet, brosur baik dalam bentuk cetak maupun digital.

Desain publikasi

Desain grafis publikasi merupakan jenis desain grafis yang pengimplementasiannya dalam industri publikasi seperti majalah, koran, katalog, newsletter baik cetak maupun digital. Desainer grafis yang berspesialisasi dalam publikasi ini pada umumnya bekerja dengan editor dan penerbit untuk membuat pengalaman visual pembaca menjadi lebih berkesan dengan sentuhan karya seni yang baik. Yakni dengan pembuatan layout (tata letak) dengan melibatkan tipografi, fotografi, grafik, ilustrasi, dan elemen lain secara cermat dan terorganisir dengan sempurna. 

Desain antar muka (User interface)

Desain grafis antar muka atau desain UI (user interface) merupakan desain visual dari sebuah aplikasi desktop, aplikasi seluler, aplikasi web, dan game yang menjembatani sistem dengan pengguna/ usernya. Atau secara sederhananya, UI ini adalah bagaimana tampilan sebuah produk dilihat oleh pengguna pada layar. Dalam proses desain UI ini haruslah menyeimbangkan antara fungsi teknis dan elemen visual untuk menciptakan sebuah sistem yang tidak hanya sekedar beroperasi. Tetapi juga membuat interaksi pengguna dengan sistem menjadi sederhana dan seefisien mungkin. Dengan kata lain desain UI sangat berguna untuk meningkatkan usability dan tentunya user experience dari suatu program/ sistem digital.

Desain grafis lingkungan

Desain grafis lingkungan adalah desain grafis yang secara visual berhubungan dengan komunikasi audiens terhadap lingkungan/ tempat tertentu seperti arsitektur, interior, lanskap, industri, dll. Beberapa produk desain dari bidang ini antara lain signage, navigasi transportasi umum, dan mural dinding. Sementara tujuan dari desain grafis lingkungan adalah untuk meningkatkan pengalaman audiens secara keseluruhan dengan membuat ruang lebih berkesan, menarik, informatif, dan ternavigasi dengan lebih baik.

Ilustrasi

Desain grafis ilustrasi adalah visualisasi dari sebuah tulisan, cerita, ataupun suatu ide yang menggunakan teknik drawing, fotografi, lukis, serta teknik seni rupa lainnya dalam pembuatannya. Tujuan dari ilustrasi adalah untuk menerangkan atau menghiasi suatu informasi dengan bantuan visual agar lebih mudah dicerna. Aplikasi dari desain ilustrasi ini juga sangat luas. Mencakup desain kaos, sampul buku, novel grafis, video game, gambar stock, fotografi dan lain sebagainya hingga materi kampanye bisnis. 

Motion grafis

Sesuai penamaannya “motion” yang berarti gerakan, motion grafis secara singkat bisa disebut sebagai grafis yang bergerak. Lebih detailnya, motion grafis ini merupakan gabungan dari citra visual, video, audio, dan berbagai efek lain dengan menggunakan animasi gerak. Dengan adanya motion grafis maka objek menjadi tidak membosankan, namun terlihat dinamis dan menarik. Cakupan jenis desain grafis ini pun sangat luas. Yaitu mulai dari industri periklanan, animasi, hiburan, musik, video game, situs website, aplikasi, dll.

Itulah jenis-jenis desain grafis yang semoga dapat menambah wawasan, membantu Anda menemukan pekerja desain grafis yang tepat. Maupun menentukan jenis desain grafis yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda. 

Jasa desain grafis profesional dan berkualitas untuk berbagai kebutuhan grafis Anda

Jika kebetulan Anda sedang membutuhkan desain grafis untuk branding usaha, website, iklan/ promosi, dan kebutuhan lainnya. Maka Anda sudah berada di tempat yang tepat! Kami – Grapiku merupakan agensi jasa desain grafis yang handal dalam mengkomunikasikan setiap pesan, cerita, dan ide Anda menjadi karya visual yang menarik perhatian target audiens Anda. Desain grafis yang kami rancang dapat disesuaikan pada berbagai media. Baik untuk kebutuhan cetak maupun. Konsultasi gratis sekarang juga dengan desainer kami melalui call/ chat WA 081281718100 untuk mewujudkan keinginan dan kebutuhan Anda!