Skip links

Chat GPT : Pengertian, Cara Kerja, Cara Menggunakan, Keuntungan dan Risiko

Dunia saat ini memasuki kondisi dimana teknologi sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Dan akhir-akhir ini platform Chat GPT telah menjadi topik yang banyak dibicarakan oleh pengguna media sosial, terutama di Twitter. Hal ini dikarenakan platform Chat GPT yang dikembangkan oleh perusahaan teknologi (artificial intelligence/ AI) bernama OpenAI dianggap dapat membantu manusia dalam menemukan jawaban atas pertanyaan yang mereka ajukan.

Tidak heran, kecerdasan buatan ini telah menjadi topik hangat sejak perilisannya di bulan November 2022 lalu. Bahkan, tidak sedikit orang yang berpikir bahwa platform Chat GPT dapat menggantikan platform Google. Lantas, apa itu Chat GPT? Bagaimana cara menggunakannya?

Tenang saja, Anda dapat menemukan jawaban pertanyaan tersebut di artikel ini. Kami akan membahas Chat GPT mulai dari pengertian, cara kerja, cara menggunakan, hingga kelebihan dan kekurangan Chat GPT. Yuk, tanpa berlama-lama lagi ini dia penjelasan lengkapnya, simak sampai selesai ya!

Apa Itu Chat GPT?

Chat GPT adalah chatbot kecerdasan buatan (teknologi artificial intelligence/ AI) berbasis dialog yang mampu menafsirkan bahasa alami manusia dan menghasilkan teks yang sangat detail. Chat GPT merupakan aplikasi versi terbaru GPT-3 (Generative Pre-trained Transformer 3), model AI pemrosesan bahasa mutakhir yang dikembangkan oleh OpenAI di San Fransisco, Amerika Serikat.

Teknologi Chat GPT (Generative Pre-trained Transformer) adalah salah satu contoh program yang menggunakan teknologi transformer. Transformer merupakan cara baru dalam membuat program komputer yang lebih baik dalam memahami dan mengolah bahasa manusia. Dengan begitu, komputer dapat lebih memahami makna dan hubungan antar kata dan kalimat. Singkatnya, transformer merupakan teknologi baru yang dapat membantu komputer memahami bahasa manusia dengan lebih baik, sehingga mereka dapat menghasilkan teks yang lebih masuk akal dan sesuai dengan konteks.

Aplikasi Chat GPT memiliki kemampuan untuk menghasilkan teks yang sangat mirip dengan yang dihasilkan oleh manusia. Berbeda dengan chatbots konvensional, Chat GPT mengingat apa yang dikatakan pengguna sebelumnya dalam percakapan untuk tujuan menindaklanjuti pertanyaan tidak lanjut, menolak permintaan yang tidak sesuai, dan menentang tanggapan yang salah.

Tidak hanya itu, Chat GPT juga menawarkan jawaban, solusi, dan penjelasan untuk pertanyaan sulit. Semua itu dapat mencakup solusi potensial untuk masalah tata letak, cara menulis kode, dan jawaban atas pertanyaan pengoptimalan. Hal ini dikarenakan Chat GPT memang dilatih khusus untuk memahami maksud dari suatu pertanyaan dan bisa memberikan jawaban yang membantu.

Cara Kerja ChatGPT

Chat GPT dilatih menggunakan machine learning. Machine learning adalah ilmu dari Artificial Intelligence (AI) yang akan membuat komputer memiliki kemampuan untuk belajar tanpa perlu diprogram lagi. Machine learning menggunakan algoritma yang akan membuat komputer untuk belajar dan melakukan tugasnya tanpa harus adanya instruksi dari pengguna.

Chat GPT bekerja dengan cara memanfaatkan teknologi pemrosesan bahasa alami (Natural Language Processing, NLP). NLP adalah disiplin ilmu komputer yang bertujuan untuk memahami konsep dan maksud dari bahasa manusia. Nah, agar dapat memahami hal tersebut Natural Language Processing (NLP) melakukan beberapa tahapan terlebih dahulu. Tahapan pertama yaitu tahap tokenizing yang digunakan untuk pemecahan kalimat menjadi kumpulan kata. Tahap filtering adalah untuk menghapus kata depan dan kata sambung dari kumpulan kata yang masuk. Sedangkan tahap stemming digunakan untuk menghapus imbuhan.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa NLP yang canggih ini digunakan untuk memahami pertanyaan yang diajukan pengguna dan memberikan tanggapan yang tepat serta akurat.
Itu tadi adalah cara kerja platform Chat GPT dengan memanfaatkan Natural Language Processing (NLP). Lalu bagaimana cara kerja Chat GPT untuk memberikan sebuah jawaban yang cepat dan akurat? Berikut prosesnya :

1. Pre-training. Platform Chat GPT terlatih dengan menggunakan banyak data teks. Dalam tahap ini model mempelajari dan memahami konteks dan gaya bahasa manusia.
2. Input. Saat menggunakan platform Chat GPT, model menerima sebuah input teks dari pengguna yang akan AI terjemahkan atau jawab. Pemberian input ini bisa berupa pertanyaan, perintah, atau teks apapun yang ingin AI terjemahkan.
3. Output. Sebelumnya model akan menggunakan pre-training dengan memanfaatkan self-attention mechanism untuk memahami konteks input. Setelah itu, model memproduksi output berupa teks baru yang memenuhi kebutuhan input.
4. Fine-tuning. Dalam beberapa kasus, model perlu melalui proses fine-tuning. Agar lebih akurat dalam memahami dan menjawab pertanyaan tertentu. Dengan fine tuning akan memberikan model data tambahan yang lebih spesifik untuk tugas tertentu.

Cara Menggunakan Chat GPT

Cara Menggunakan Chat GPT dari OpenAI sebenarnya cukup mudah, yang harus Anda lakukan adalah mengetik teks dan seketika Anda akan langsung menerima jawaban atau informasi yang dibutuhkan. Namun, bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara menggunakan Chat GPT dari awal, maka Anda perlu memperhatikan secara seksama beberapa langkah berikut ini.

1. Langkah pertama tentu saja Anda bisa buka browser yang ada di perangkat Anda, bisa diakses melalui PC/laptop, handphone, tab, dan lain sebagainya yang bisa mengakses internet.
2. Kemudian setelah itu, cara berikutnya adalah Anda tinggal kunjungi situs berikut ini: https://chat.openai.com, atau Anda bisa copy paste link tersebut dan memasukkannya di browser Anda.
3. Setelah mengunjungi link tersebut, Anda diminta login menggunakan email dan password akun OpenAI. Jika belum memiliki akun, maka Anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu dengan cara pilih sign up untuk daftar akun Chat GPT, kemudian pilih Create OpenAI Account.
4. Setelah melakukan sign up Anda diminta untuk memasukkan akun. Nah, Anda dapat menggunakan akun Microsoft atau akun Google untuk daftar dan login Chat GPT.
5. Setelah berhasil registrasi, pilih login untuk masuk dan mulai menggunakan Chat GPT.
6. Dengan begitu Anda sudah dipastikan berhasil menggunakan platform Chat GPT, dengan fitur-fitur yang dapat Anda manfaatkan.
7. Disini Anda tinggal memasukkan perintah atau pertanyaan apapun itu pada kolom chat yang disediakan.
8. Tunggu sebentar dan nantinya akan muncul jawaban seperti halnya percakapan chatbot.
9. Jika ingin mereset (clear) semua percakapan dari tanya jawab, Anda bisa memilih opsi Reset Thread.

Karena masih dalam tahap pengembangan, pastinya masih ada beberapa kekurangan dari Chat GPT. Namun, dari beberapa teknologi Chat GPT yang bertebaran di internet masih terdapat banyak keuntungan dari Chat GPT yang dapat bermanfaat untuk pekerjaan sehari-hari.

Keuntungan Menggunakan ChatGPT

Chat GPT adalah model bahasa alami berbasis kecerdasan buatan yang sangat kuat dan serbaguna. Keuntungan penggunaan Chat GPT adalah kemampuannya untuk memahami dan menghasilkan bahasa manusia dengan cara yang sangat mirip dengan manusia. Beberapa keuntungan penggunaan Chat GPT adalah sebagai berikut :

1. Membantu pengguna memperoleh informasi akurat dan terkini

Keuntungan pertama Chat GPT yaitu dapat membantu pengguna memperoleh informasi yang akurat dan terkini. Dengan menggunakan teknologi AI terbaru, aplikasi ini dapat memberikan jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh pengguna dengan cepat dan efisien. Pengguna dapat menanyakan apa saja mulai dari masalah teknologi, bisnis, hingga topik kesehatan, dan aplikasi Chat GPT akan memberikan jawaban yang terbaik. Aplikasi ini cocok bagi mereka yang membutuhkan informasi cepat dan akurat, tanpa perlu melakukan pencarian manual yang memakan waktu banyak.

2. Menghemat waktu dan usaha

Keuntungan berikutnya dari platform Chat GPT adalah dapat membantu pengguna dalam menghemat waktu dan usaha. Dalam bisnis, pengguna dapat menggunakan aplikasi ini untuk melakukan otomatisasi pekerjaan, seperti melakukan perhitungan keuangan, menjawab pertanyaan pelanggan, dan memonitor kinerja bisnis. Hal ini sangat membantu pengguna dalam meningkatkan efisiensi bisnis mereka. Selain itu, pengguna tidak perlu repot mencari dan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, karena aplikasi Chat GPT akan memberikan jawaban secara cepat dan terpercaya.

3. Pembelajaran Tanpa Pengawasan

Penggunaan Chat GPT juga memiliki keuntungan berupa pembelajaran tanpa pengawasan. Artinya adalah Chat GPT merupakan model yang dapat belajar secara otomatis dari data yang diberikan dan dapat digunakan tanpa pengawasan manusia. Dengan hal tersebut memungkinkan pengembangan chatbot dan asisten virtual yang dapat menangani permintaan yang lebih kompleks dan bervariasi tanpa intervensi manusia.

4. Kemampuan untuk Menghasilkan Konten Berkualitas Tinggi

Keuntungan Chat GPT bagi pengguna selanjutnya adalah memiliki kemampuan untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi. Tidak hanya berperan dalam penyajian informasi, Chat GPT juga dapat digunakan untuk mengembangkan informasi yang relevan dan menarik dengan kualitas yang tinggi. Dalam industri penerbitan, model ini dapat membantu dalam penulisan artikel, menghasilkan ringkasan konten, atau memberikan inspirasi untuk topik yang menarik. Dengan adanya Chat GPT, proses pengembangan konten menjadi lebih efisien dan dapat menghasilkan teks berkualitas tinggi dengan cepat.

5. Dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas

Keuntungan platform Chat GPT yang terakhir yaitu dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas pengguna. Aplikasi ini dapat membantu pengguna dalam menghasilkan ide-ide baru dan solusi untuk masalah yang dihadapi. Dalam dunia kreatif, pengguna dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat cerita, skenario atau bahkan lagu dengan menggunakan AI sebagai sumber inspirasi.

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat presentasi menarik, dengan menjawab pertanyaan dan memberikan ide-ide baru secara instan. Dengan begitu, pengguna dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas mereka sembari memperoleh manfaat dari teknologi AI yang terbaru.

Risiko Chat GPT

Teknologi Chat GPT dapat membantu pengguna meningkatkan pengambilan keputusan berdasarkan data, mengurangi kesalahan manusia, dan meningkatkan efisiensi. Namun, teknologi ini juga memiliki beberapa risiko untuk pengguna. Berikut risiko Chat GPT yang perlu Anda ketahui :

1. Masalah privasi

Risiko pertama dari penggunaan Chat GPT adalah masalah privasi. Seiring dengan semakin meluasnya AI, dikhawatirkan terjadi pelanggaran privasi. Pengambangan teknologi AI sering membutuhkan jumlah data yang besar untuk berfungsi secara efektif, dan apabila data ini disalahgunakan maka dapat mengakibatkan pelanggaran privasi yang serius. Maka dari itu, diharapkan pengembangan teknologi AI agar tetap menjaga privasi
data dan tidak diperjual belikan.

2. Disrupsi pekerjaan

Salah satu risiko paling umum dari penggunaan AI seperti platform Chat GPT adalah terjadinya disrupsi pekerjaan. Seiring dengan AI yang semakin canggih dan mampu melakukan tugas-tugas sebelumnya dilakukan oleh manusia, hal ini dapat mengakibatkan disrupsi yang signifikan pada pasar tenaga kerja. Pekerjaan-pekerjaan yang bersifat manual dan repetitif dapat dengan mudah digantikan oleh teknologi AI yang baru (Chat GPT). Disrupsi ini memang sudah banyak terjadi di negara-negara maju, karena adopsi dan akses masyarakat terhadap teknologi yang cepat.

3. Hilangnya keterampilan dan kemampuan

Risiko yang terakhir dari penggunaan platform Chat GPT adalah kehilangan keterampilan dan kemampuan. Hal ini dikarenakan munculnya ketergantungan individu yang semakin besar terhadap AI yang dapat mengakibatkan hilangnya keterampilan dan kemampuan (soft skills). Dan apabila platform Chat GPT disalahgunakan dapat menjurus kepada kecurangan, khususnya di bidang pendidikan dan hilangnya nilai orisinalitas dari sebuah karya ilmiah.

Sudah Tahu Semuanya Tentang Platform Chat GPT, kan?

Dalam mengembangkan chatbot AI, Chat GPT merupakan salah satu pilihan yang baik karena mampu menghasilkan teks yang sesuai dengan konteks percakapan dan inten pengguna dengan baik. Hal tersebut dikarenakan platform Chat GPT dilatih dengan data yang cukup besar. Dengan begitu Chat GPT adalah inovasi teknologi yang bisa membantu manusia menyelesaikan pekerjaanya dengan jauh lebih efisien. Namun, Chat GPT juga masih memiliki beberapa risiko yang perlu Anda perhatikan lagi.
Demikian pembahasan mengenai platform Chat GPT mulai dari pengertian, cara kerja, cara menggunakan, kelebihan dan risiko menggunakan Chat GPT. Semoga artikel ini menambah wawasan dan bisa membantu Anda. Tetap Pantau terus Website kami ya, agar mengetahui informasi yang menarik, edukatif, dan informatif lainnya!