Skip links

Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Terbaik

Baik Anda baru ingin memulai kehadiran online Anda ataupun ingin rebrand dan redesign website yang sudah ada, memilih jasa pembuatan website terbaik untuk pekerjaan itu dapat menempatkan Anda di jalur yang benar menuju kesuksesan online. Tetapi sayangnya saat ini terbilang cukup sulit untuk membedakan mana agensi jasa pembuatan website yang benar-benar berkualitas dan mana yang abal-abal karena saking menjamurnya bisnis ini di internet. 

Lalu bagaimana tips memilih jasa pembuatan website terbaik agar tidak salah pilih?

Di artikel ini kami akan berikan tips memilih jasa pembuatan website terbaik untuk membantu Anda mempersempit pilihan. Hingga dapat menemukan mitra terhandal untuk menyukseskan strategi pemasaran online Anda. 

Berikut ini tips-tipsnya:

Perhatikan website dari penyedia jasa pembuatan website itu sendiri

Hal pertama yang paling mudah Anda lakukan untuk mengetahui kualitas jasa pembuatan website adalah dengan mengamati website dari penyedia jasa/ website developer itu sendiri. Jika Anda melihat website si penyedia jasa pembuatan website tampak bagus, atraktif, rapi, navigasi mudah, up-to-date, dan responsif. Bahkan menempati urutan yang ideal di SERP/ halaman hasil pencarian mesin pencari. Maka ini dapat menjadi petunjuk bahwa agensi tersebut memiliki kemampuan yang mumpuni dalam pekerjaan pengembangan website.

Sebaliknya, jika perusahaan pembuat website tidak menerapkan praktik terbaik untuk websitenya sendiri. Mereka mungkin tidak dapat memberikan yang terbaik ketika menangani kebutuhan website Anda.

Lihat portofolio website yang telah dibuat

Selanjutnya, lihatlah portofolio atau hasil karya website miliki klien yang telah agensi/ perusahaan tersebut kerjakan. Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan wawasan tentang seberapa baik pengalaman agensi memenuhi kebutuhan klien dengan menerapkan kemampuannya. 

Anda dapat melihat apakah mereka pernah menangani klien di bidang yang sama dengan yang Anda jalankan saat ini. Jika ya, maka Anda pun dapat melihat contoh website yang telah mereka rancang untuk perusahaan yang serupa dengan Anda tersebut. Dengan begitu Anda bisa mengetahui bagaimana mereka menghasilkan desain web yang relevan untuk bidang industri Anda nantinya.

Sementara itu jika mereka tidak memiliki pengalaman dengan industri Anda, pun Anda masih dapat melihat portofolio mereka untuk membantu Anda melihat apa saja yang berpotensi mereka hadirkan untuk Anda. Seperti gaya desain, fitur-fitur, kalimat marketing, kecepatan loading, dan elemen-elemen penting lainnya.

Lihat apakah mereka menawarkan paket layanan lengkap

Tips selanjutnya yang jangan sampai Anda lewatkan adalah jangan lupa untuk bertanya tentang paket layanan yang agensi tawarkan. Ada baiknya, pilihlah agensi yang tidak hanya sekedar menawarkan desain website saja. Namun juga menawarkan cakupan layanan pendukung lain, seperti manajemen domain dan hosting, optimasi mesin telusur (SEO) untuk mempromosikan website Anda, copywriting atau pembuatan konten untuk website, dll.

Dengan memilih agensi pemasaran digital dengan layanan yang lengkap, maka Anda dapat menjaga strategi digital marketing Anda tetap kohesif dan memunginkan Anda mendapatkan semua yang Anda butuhkan di satu tempat.

Cek ketersediaan layanan purna jual

Kebanyakan penyedia jasa yang profesional, pastinya tidak hanya fokus pada produk layanan jasa yang mereka berikan saja tetapi juga memberikan layanan purna jual untuk menjamin bahwa layanan yang diberikan memang benar-benar dapat diandalkan. Begitupun juga dalam kebutuhan website ini.

Jasa pembuatan website terkemuka biasanya akan menyediakan layanan purna jual atau setelah peluncuran website secara gratis. Seperti layanan pemeliharaan/ maintenance secara rutin, penyediaan modul/ buku panduan pengelolaan website, dan bantuan teknis lainnya yang masih dalam cakupan pengembangan asli. 

Hal-hal seperti ini penting untuk Anda cari dari penyedia jasa pengembang website profesional karena dapat memberikan jaminan rasa kenyamanan dan ketenangan bagi Anda kedepannya.    

Cek legalitas perusahaan

Untuk memperbesar peluang mendapatkan jasa pembuatan website yang profesional dan terpercaya, Anda juga perlu mengecek legalitas penyedia jasa tersebut. Sebaiknya, pilih agensi yang sudah memiliki perizinan resmi. Minimalnya sebagai CV yang menunjukkan bahwa perusahaan tersebut menerapkan budaya disiplin dengan taat terhadap aturan yang berlaku. Sehingga dapat lebih dipercaya dan memenuhi standar untuk mengikuti tender atau menangani proyek Anda.

Pastikan kerahasiaan data terjamin

Sebuah agensi profesional dan berpengalaman tentu tidak hanya menangani kebutuhan satu atau dua klien saja. Bahkan mungkin banyak klien mereka sebelumnya yang serupa dengan bisnis Anda saat ini. Oleh karenanya, sebelum memilih mitra pengembang website, Anda juga perlu mendiskusikan kepada agensi seputar jaminan kerahasiaan data yang dapat dipenuhi oleh agensi.

Tentu Anda tidak ingin bukan strategi digital marketing yang Anda susun bersama agensi yang semestinya hanya digunakan untuk kepentingan internal Anda. Namun justru malah bocor kepada kompetitor lain karena agensi terkait tidak bertanggung jawab akan kerahasiaan data klien-kliennya?

Jangan mudah tergiur dengan harga murah

Meskipun pada dasarnya Anda menginginkan proyek website Anda dapat terealisasi dengan harga yang terjangkau. Akan tetapi penting untuk tidak berkompromi dalam hal kualitas. Jangan tertipu oleh agensi yang berjanji memenuhi kebutuhan web Anda dengan harga yang sangat murah!

Pasalnya, perusahaan yang mapan dan profesional seringkali mengenakan biaya yang lebih tinggi daripada agen pembuatan website yang kurang kredibel karena mereka mematuhi standar kualitas yang tinggi dan ketat. 

Temukan jasa pembuatan website terbaik hari ini!

Demikian beberapa tips yang bisa kami sampaikan tentang cara memilih jasa pembuatan website terbaik. Perlu Anda garis bawahi, jika Anda ingin menarik prospek ke website Anda dan membuat mereka terlibat untuk menghasilkan konversi seperti yang Anda harapkan, Anda tentu harus berinvestasi pada website terbaik. 

Dan kabar baiknya untuk mendapatkan website yang dapat bekerja untuk itu ternyata tidaklah sulit. Karena di Grapiku menyediakan layanan website yang komprehensif dengan pengalaman lebih dari 5 tahun!

Tim kami di Grapiku dapat membantu Anda membuat website yang sepenuhnya disesuaikan untuk kebutuhan Anda dan tentunya memiliki sentuhan termutakhir yang membuatnya tampak impresif. Serta terdiferensiasi dengan baik dari para kompetitor Anda sehingga membantu Anda menonjol dan unggul di pasar yang kompetitif.

Jadi, apakah Anda siap untuk mulai membuat website terbaik untuk Anda? Jika ya, hubungi kontak sekarang juga untuk melihat bagaimana Grapiku dapat membantu Anda memecahkan permasalahan Anda dan memberikan solusi jitu dengan menghadirkan website yang berkualitas tinggi dari segala aspek!