Skip links

Strategi Membangun Website Perusahaan Agar Optimal

Agar keberadaan website dapat mendatangkan berbagai manfaat bagi bisnis Anda, ada baiknya ketahui dan terapkan strategi dalam membangun website perusahaan berikut ini.

Website perusahaan adalah salah satu alat yang sangat penting bagi setiap perusahaan. Dengan website perusahaan, Anda bisa mendapatkan eksposur dan menjangkau prospek secara luas yang tidak bisa Anda peroleh sebelumnya secara offline. Dengannya Anda bisa meningkatkan kepuasaan konsumen karena perusahaan Anda telah menempatkan diri untuk melayani pelanggan selama 24/7. Juga meningkatkan citra merek bisnis yang dapat membangun brand awareness hingga brand loyalty.

Melihat betapa banyaknya keuntungan yang bisa Anda peroleh dari website perusahaan, maka jangan sia-siakan waktu, tenaga, dan biaya Anda hanya untuk membuat website perusahaan biasa-biasa saja. Bahkan website ‘yang penting jadi’ tanpa adanya persiapan yang matang. 

Nah, seperti yang telah kami sebutkan pada awal paragraf, kami akan membagikan strategi membangun website perusahaan agar lebih optimal dan mendatangkan banyak keuntungan bagi bisnis Anda. Berikut strategi-strateginya:

Strategi membangun website perusahaan agar lebih optimal

Membangun website berbasis WordPress

Strategi membangun website perusahaan agar lebih optimal yang pertama adalah dengan membangun website tersebut menggunakan CMS WordPress. Perlu Anda ketahui, bahwa teknologi perancangan website kini jauh lebih canggih. Tidak seperti dulu yang mana perancangan website menggunakan bahasa pemrograman murni, saat ini adanya platform CMS yang merupakan aplikasi web berisi template untuk mengembangkan konten website menjadikan pengembangan website lebih mudah. WordPress sendiri adalah salah satu CMS yang sangat populer karena banyak keunggulan yang menyertainya.

Salah satu alasan utama mengapa Anda harus membangun website perusahaan dengan pondasi platform CMS WordPress adalah karena kode di balik WordPress sangat bersih dan sederhana. Selain itu, setiap halaman, artikel/ blog, dan gambar dapat memiliki kata kunci meta tag, deskripsi, dan judulnya sendiri. 

Demikian ini memungkinkan mesin pencari lebih mudah untuk membaca dan mengindeks konten situs. Sehingga peluang website menempati urutan teratas di halaman hasil pencarian (SERP) semakin besar. Itu berarti, pada akhirnya kesempatan Anda menjangkau prospek dan mendapat konversi pun semakin besar pula.

Menciptakan nuansa website sesuai dengan brand image

Website perusahaan adalah salah satu aspek paling representatif dari identitas merek Anda. Ini menjadi tempat identitas merek Anda harus muncul dengan kekuatan penuh. Oleh karenanya, baik Anda ingin membangun website perusahaan jenis company profile, e-commerce, maupun yang lainnya, website sebaiknya dirancang sesuai dengan brand image/ citra merek perusahaan Anda.

Untuk menciptakan nuansa website yang sesuai dengan brand image perusahaan, Anda bisa memulainya dengan menambahkan logo dengan cara yang halus tanpa mengganggu visual website. Logo ini berfungsi untuk menandai bahwa website tersebut memang milik perusahaan Anda.

Kemudian, pemilihan warna juga harus sesuai dengan warna merek inti perusahaan. Sebab, warna merupakan elemen yang mudah dikenali, menarik perhatian, serta menyampaikan emosi. Pastikan untuk menggunakan warna merk inti secara konsisten karena merek yang kuat dan paling berkesan selalu menggunakan warna yang sama dan sesuai warna merek inti mereka.

Menyajikan konten yang berkualitas

Salah satu alasan utama audiens mengunjungi website Anda adalah karena mereka ingin mendapatkan informasi penting yang Anda sajikan dalam halaman web. Maka dari itu, penting juga untuk menyertakan informasi berkualitas dan berharga bagi audiens Anda pada website. 

Untuk membuat konten yang berkualitas sendiri terdapat strateginya tersendiri. Seperti dengan mengkombinasikan jenis konten yang efektif untuk promosi berupa konten edukasi, konten hiburan, konten informatif, dan konten review. Namun, pastikan tema konten tersebut tetap relevan, juga menggunakan gaya penulisan Anda harus selaras dengan gaya website Anda dan target audiens inti untuk konsistensi.

Menggunakan variasi konten visual

Jika Anda ingin tampilan website perusahaan Anda tampak lebih atraktif, tidak monoton dan membosankan, Anda harus membuat keseimbangan antara konten teks dan gambar. Sebagai contoh, apabila Anda ingin menjelaskan layanan dan Anda telah memiliki blok teks yang merinci layanan tersebut. Maka sebaiknya integrasikan video atau foto beresolusi tinggi bersama teks itu sehingga tetap memberi pengunjung tempat menarik untuk berinteraksi. Serta membuat mereka tetap terlibat seperti dengan mengklik gambar untuk melihat detail, memutar video, dsb.

Selain itu, jika Anda ingin menjelaskan tentang keunggulan layanan. Anda juga bisa mengkombinasikan teks dengan icon-icon minimalis yang mewakili setiap keunggulan. Namun, sangat penting untuk diingat pula untuk tidak membebani website dengan terlalu banyak elemen visual. Karena terlalu banyak gambar juga dapat membuat konten halaman sulit untuk dibaca.

Membuat layout semenarik mungkin

Layout/ tata letak merupakan elemen yang sangat berkontribusi pada kesuksesan website secara keseluruhan. Sederhananya, tata letak website sendiri merupakan pola yang mendefinisikan struktur website Anda. Ini membantu menentukan seperti apa tampilan halaman website tersebut dan seberapa mudah konten untuk dibaca. Tata letak juga menentukan hirarki konten yang bisa digunakan untuk menonjolkan sebagian konten dibandingkan dengan konten yang lain.

Untuk membuat pengunjung nyaman dan ingin kembali untuk melihat pembaruan konten pada website Anda, buatlah tata letak desain yang bersih dan rapi. Anda juga bisa membuat tata letak yang bervariasi untuk masing-masing halaman web sehingga tidak terkesan monoton. Tata letak yang variatif ini tentunya lebih menarik dan dapat mendorong pengunjung untuk melihat lebih banyak halaman di website Anda.

Membuat CTA yang menarik

Setelah Anda berhasil mendatangkan audiens ke website Anda, penting juga untuk membimbing mereka untuk memenuhi tujuan/ konversi bisnis Anda. Entah itu menjadi pelanggan Newsletter, mendaftar keanggotaan, melakukan pemesanan/ pembelian, dsb. Elemen kunci untuk mengubah prospek menjadi konversi ini adalah dengan memasang tombol ajakan bertindak/ Call-To-Action (CTA). 

Tombol CTA yang dirancang dengan baik dan menarik tentu akan membuat audiens Anda melanjutkan ke langkah berikutnya. Tombol-tombol ini harus Anda buat sesuai dengan desain Anda. Akan tetapi pastikan untuk membuatnya tampak menonjol tanpa mengganggu konten yang lain sehingga mata audiens dapat langsung tertuju ke tombol-tombol ini.

Mempermudah navigasi

Seperti yang diketahui, setiap orang tentu ingin mendapatkan informasi dengan proses yang mudah dan cepat. Bahkan hanya dalam satu-dua kali klik saja. Begitupun juga ketika audiens mengakses website Anda. Oleh karena itu, jika Anda ingin durasi kunjungan pengunjung ke website Anda lebih lama, Anda harus memastikan navigasi yang mudah digunakan audiens Anda.

Dengan navigasi yang mudah, pengunjung bisa berpindah dari halaman yang satu ke halaman yang lain dengan nyaman tanpa kebingungan. Sebaliknya, jika navigasi website Anda buruk, maka pengunjung pun akan merasa malas untuk terlibat lebih jauh di halaman web Anda.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mempermudah navigasi website antara lain menempatkan menu navigasi pada posisi standar yang sudah umum digunakan, melabeli menu dengan jelas, mencantumkan link halaman-halaman terpopuler atau yang menjadi sorotan pada footer. Juga dengan menambahkan search bar/ kotak pencarian untuk memberikan pengalaman mendapatkan informasi yang relevan secara mudah hingga mempercepat siklus konversi.

Membuat website yang responsif

Jika Anda ingin website Anda lebih optimal, Anda juga harus mengintegrasikan desain responsif. Dengan pertumbuhan perangkat seluler yang semakin pesat, website yang responsif menjadi lebih penting dari sebelumnya. Anda sadari atau tidak, audiens target Anda saat ini berpotensi akan mengakses website Anda dari banyak perangkat. Termasuk smartphone, tablet, phablet, dan komputer desktop.

Dengan membuat website yang responsif, Anda bisa memastikan bahwa pengunjung Anda memiliki pengalaman yang baik terlepas dari perangkat apa yang mereka gunakan. Karena website Anda akan secara otomatis beradaptasi dengan ukuran layar perangkat.

Mengoptimasi kecepatan loading website

Tidak bisa dipungkiri bahwa website yang tidak bisa memuat kontennya dengan cepat pasti akan membuat frustasi. Jika hal ini dialami oleh audiens saat mengunjungi website Anda, maka Anda pun berpeluang kehilangan prospek Anda secara percuma karena mereka beralih ke website kompetitor yang lebih cepat memberikan informasi yang mereka butuhkan. Oleh karena itu, mengoptimasi waktu loading/ pemuatan website sebagai bagian strategi untuk membangun website agar lebih optimal ini jangan sampai Anda lewatkan.

Lakukan optimasi-optimasi untuk membuat website Anda memiliki waktu pemuatan yang cepat dan terlihat ringan. Adapun beberapa cara untuk mempercepat loading website antara lain meminimalisir penggunaan plugin, mengkompres ukuran gambar, mengoptimasi database website, gunakan plugin caching, dsb.

Kesimpulan

Demikian strategi jitu untuk membangun website perusahaan yang lebih optimal dan bekerja untuk bisnis Anda. Dengan penjelasan di atas, dapat kita ketahui bahwa website perusahaan yang mutakhir, profesional, menarik, dan informatif merupakan alasan utama yang menjadikan pengunjung betah berlama-lama menghabiskan lebih banyak waktu untuk melihat konten website Anda. Hingga pada akhirnya mereka termotivasi membeli barang atau jasa Anda. 

Tetapi, jika website Anda membutuhkan waktu lama untuk memuat, atau keseluruhan desain yang terlihat tidak rapi dan menarik, bahkan konten yang berkualitas rendah. Apakah menurut Anda pengunjung akan senang terhadap pelayanan online Anda melalui website perusahaan Anda tersebut? Mungkin tidak! 

Jadi, jangan ragu dan merasa berat untuk bekerja sama dengan jasa pembuatan website profesional dan terpercaya seperti halnya Grapiku. Karena Grapiku akan membantu Anda membangun website perusahaan terbaik, berkelas namun dengan biaya yang tetap bersahabat. Konsultasi kebutuhan website perusahaan sekarang!