Skip links

Apa itu Brand Awareness & Bagaimana Cara Membangunnya?

Memiliki merek yang kokoh dan terpercaya adalah hal yang sangat penting bagi perkembangan bisnis setiap perusahaan. Bayangkan saja, jika audiens target Anda tidak mengetahui atau mempercayai merek Anda, bagaimana Anda akan meningkatkan basis pelanggan dan penjualan Anda? Dari sinilah Anda perlu membangun sebuah brand awareness sebagai pondasi awal strategi marketing bisnis. Apa itu brand awareness? Mengapa Anda harus membangunnya dan bagaimana cara membangun brand awareness itu sendiri? Semua akan dijawab dalam pembahasan dibawah ini

Pengertian brand awareness

Dilansir dari Investopedia, brand awareness didefinisikan sebagai istilah pemasaran yang menggambarkan tingkat pengenalan konsumen terhadap suatu merek dengan produk/ layanannya. 

Dengan kata lain, brand awareness yang dalam bahasa Indonesia berarti kesadaran merek ini mengukur seberapa sadar (aware) atau akrab konsumen mengenali keberadaan visual merek termasuk nama, logo, gambar, dan slogan-slogan tertentu. Sekaligus juga mengingat dan mengaitkan citra merek tersebut dengan produk atau layanan perusahaan tertentu meski hanya dalam sekali pandang atau sekali dengar.

Pentingnya membangun brand awareness bagi bisnis

Brand awareness sangat penting dalam mempromosikan produk baru maupun menghidupkan kembali merek lama karena membantu audiens memahami, mengingat, dan merasa nyaman dengan merek dari produk/ layanan Anda. Ketika kesadaran merek berhasil tercipta, merek Anda sudah dikenal dan diingat oleh audiens, ini cenderung menghasilkan lebih banyak penjualan bagi bisnis Anda. 

Pasalnya ketika dihadapkan pada beberapa pilihan, konsumen akan menggunakan preferensi naluriah terhadap merek dan produknya. Yakni lebih cenderung membeli produk dengan merek yang lebih menonjol dan sudah akrab di benaknya daripada produk dengan merek yang sama sekali belum dikenali sebelumnya. 

Manfaat terbangunnya kedasaran merek

Ada banyak manfaat yang dapat bisnis Anda peroleh untuk berinvestasi pada peningkatan brand awareness. Mari lihat apa saja manfaat brand awareness itu.

Meningkatkan pangsa pasar dan penjualan

Dengan membangun brand awareness, Anda juga dapat meningkatkan pangsa pasar Anda. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, konsumen akan lebih mungkin membeli barang atau menggunakan jasa dari nama/ merek yang mereka kenal. Apabila Anda berhasil menanamkan kesadaran merek Anda di benak konsumen maka peluang Anda menghasilkan konversi penjualan dan mendominasi pasar pun semakin besar. Bahkan Anda juga dapat menjadi penghalang bagi perusahaan lain yang mencoba memasuki pasar yang sama.

Mengundang pembelian berulang dan loyalitas

Brand awareness juga berperan untuk mempengaruhi persepsi dan sikap yang mendorong pilihan merek dan bahkan menciptakan loyalitas. Pasalnya tidak sedikit konsumen lebih memilih jalan pintas dan langsung membeli produk dari merek populer untuk menghindari kewalahan karena dihadapkan pada banyaknya pilihan produk/ layanan yang tersedia. 

Memperoleh data untuk merancang strategi paling efektif

Dengan membuat kampanye brand awareness, Anda dapat mengumpulkan data yang berharga tentang audiens dan calon pembeli Anda. Dengan wawasan ini, Anda dapat membuat segmen audiens yang unik, merancang strategi penargetan ulang, dan mengoptimalkan kampanye di masa mendatang.

Lalu, bagaimana cara membangun brand awareness?

Setelah mengetahui pengertian, apa pentingnya dan manfaat dari brand awareness, berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan brand awareness diantara konsumen:

Menjaga konsistensi

Kebanyakan orang dapat mengidentifikasi merek dan merasakan atmosfer unik darinya hanya dengan melihat sekilas identitas visual merek Anda. Oleh karenanya, penting sekali untuk menjaga konsistensi aset visual brand Anda tersebut. Jangan sampai antara iklan di media yang satu dengan yang lain logo/ tagline/ ikon/ warna, dan grafis simbolis lain merek Anda tampak berbeda sehingga menimbulkan pesan ambigu. Ingat! Konsistensi branding dapat memperkuat citra merek Anda di mata audiens di setiap pertemuan. 

Maksimalkan kehadiran Anda di media sosial

Jangan menggunakan media sosial semata-mata sebagai tempat berjualan dan menganggap interaksi dengan audiens hanya sebatas bisnis. Melalui media sosial Anda dapat membangun kesadaran merek sebagai pondasi rasa kepercayaan konsumen kepada merek Anda. Berikut beberapa tips untuk membangun kesadaran merek di media sosial:

  • Pemasaran di media sosial itu tidak melulu tentang mengiklankan produk/ layanan. Sebaiknya sajikan pula konten-konten berkualitas, informatif dan edukatif yang masih relevan dengan bisnis/ produk Anda. Ini dapat memicu respons emosional audiens sehingga memungkinkan mereka mengikuti akun Anda dan membagikannya dengan orang lain.
  • Selalu cepat dan proaktif dalam memberikan wawasan kepada audiens yang masih bingung dengan produk-produk Anda.
  • Adakan kontes/ kuis dengan syarat meminta pengikut Anda untuk menandai, membagikan, atau memposting ulang konten Anda sebagai imbalan atas kesempatan untuk memenangkan hadiah. Dengan cara ini, akun Anda mendapatkan jangkauan baru yang berdampak pada semakin luasnya kesadaran konsumen terhadap merek Anda.

Membuat website profesional & SEO Friendly

Selain media sosial, konsumen juga sering mencari produk/ layanan yang mereka butuhkan di mesin pencari. Ini menjadi keuntungan tersendiri bagi bisnis yang memiliki website. Dengan memiliki website perusahaan yang memuat segala informasi tentang produk/ layanan yang Anda tawarkan, keberadaan merek Anda pun lebih mudah ditemukan dan diingat oleh konsumen. Akan tetapi, konsumen biasanya hanya mengakses informasi yang berada halaman pertama pencarian Google saja. Sehingga selain membuat website tampak profesional juga penting untuk mengoptimalkan SEO. Hal ini tak lain dan tak bukan untuk mendorong website Anda menempati posisi terbaik pada halaman pencarian dan membuat merek Anda menjadi lebih terjangkau oleh siapapun.

Menjadi sponsor adalah cara yang pasti untuk menampilkan merek Anda di hadapan ratusan, ribuan, atau jutaan orang yang kemungkinan besar termasuk dalam target audiens Anda. Bisa dibilang sponsorship ini sudah menjadi cara yang umum dilakukan untuk meningkatkan popularitas sebuah brand. Ini juga bisa mendorong citra positif merek Anda. Masyarakat akan menganggap perusahaan Anda memiliki kepedulian sosial dan tanggap akan lingkungan sekitar.

Bermitra dengan influencer

Anda juga bisa memanfaatkan kepopuleran dan jangkauan luas para influencer untuk mengangkat brand awareness Anda seketika. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa influencer marketing sudah menjadi strategi promosi baru berbasis konten yang semakin populer sejak kemunculan Instagram. Dan kenyataannya, konsumen saat ini banyak yang lebih mempercayai rekomendasi dari influencer daripada iklan tradisional atau bahkan dukungan selebriti.

Memberikan freebies atau “gratisan”

Semua orang menyukai barang gratis! Meski itu barang kecil dan murah sekalipun seperti bolpoin, kantong belanja, notebook, masker, dan merchandise lain. Anda bisa mencoba memberikan produk/ merch tersebut secara cuma-cuma sebagai penawaran khusus dari paket pembelian. Faktanya psikologi di balik penawaran khusus ini dapat menciptakan citra merek yang menguntungkan, memberikan kebahagiaan kepada pelanggan hingga penjualan jangka panjang.

Membuat program referral

Cara efektif untuk membangun kesadaran merek selanjutnya yaitu melalui pemasaran mulut ke mulut melibatkan pelanggan setia Anda dengan membuat program referral. Pelanggan Anda tentu akan lebih termotivasi menyebarkan/ turut mempromosikan produk atau layanan Anda saat mereka tahu mereka akan mendapatkan keuntungan tambahan.

Kini Anda sudah memahami apa itu brand awareness dan bagaimana cara membangunnya. Penting untuk diingat bahwa membangun brand awareness bukanlah dengan satu kali percobaan dan selesai begitu saja. Tetapi ini adalah proses branding profesional yang berkepanjangan, dan selalu memerlukan uji strategi-strategi baru untuk melihat mana strategi yang membuat dampak terbesar.