Skip links

Pembuatan Website Olahraga: Kenapa Penting?

Di zaman digital sekarang ini, kebutuhan akan website telah memasuki setiap aspek kehidupan. Tak terkecuali dalam bidang olahraga. Pembuatan website di bidang olahraga merupakan salah satu upaya yang sudah semestinya dipenuhi oleh instansi/ organisasi pembina olahraga, klub, dan berbagai pemangku kepentingan lainnya. Mengapa demikian? Apa pentingnya website olahraga ini? Disini kita akan membahas jenis-jenis website olahraga itu sendiri, keuntungan yang akan Anda peroleh dari pengembangan website olahraga Anda, hingga tips dalam membangun website olahraga dengan spesifikasi yang tepat.

Jenis-jenis website olahraga

  • Website instansi/ organisasi/ otoritas pembinaan olahraga. Contoh: Website KONI Klaten, DISPORAPAR Jateng, dan Kemenpora.
  • Website organisasi induk olahraga. Contoh: PSSI, PBVSI, dan PPSI.
  • Website klub olahraga. Contoh: Website klub sepak bola PERSIB Bandung, klub basket Satria Muda Pertamina, dan klub bola voli Surabaya Samator.
  • Website kompetisi olahraga. Contoh: Proliga, Liga Indonesia, dan Formula E.
  • Website event/ pesta olahraga. Contoh: PON, Sea Games, Asean Games, dan Olympic Games.
  • Hingga website berita olahraga, seperti BolaSport, SkySports, dan EuroSports.

Fungsi dan manfaat

Berikut ini beberapa fungsi serta manfaat yang bisa Anda peroleh dengan membangun website olahraga, khususnya bagi Anda instansi/ organisasi yang bertugas dalam bidang keolahragaan.

Sebagai media informasi

Tidak bisa dipungkiri bahwa orang-orang saat ini lebih cenderung mencari segala informasi yang mereka butuhkan menggunakan internet. Ya, hal tersebut karena adanya internet memungkinkan bentuk penyampaian informasi secara digital yang membuat informasi dapat diperoleh dan dimanfaatkan lebih cepat, dari berbagai tempat tanpa batasan ruang dan waktu.

Website yang menjadi salah satu elemen penting dalam internet, dapat berfungsi sebagai pusat informasi tersebut. Anda bisa menyajikan informasi di dalamnya, lalu masyarakat dan berbagai pemangku kepentingan lain dapat mengetahui informasi tersebut walaupun jaraknya sangat jauh dari tempat Anda berada.

Sebagai media publikasi dan rujukan resmi 

Kemudahan penyebaran informasi secara cepat dan mudah melalui internet ternyata juga memiliki dampak negatifnya. Permasalahan yang sering terjadi adalah tersebarnya berita bohong (hoax) dan tidak semua informasi yang ada di internet bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. Jadi, pembaca dituntut untuk memilah dan memilih, mana informasi yang benar dan mana yang salah. 

Untungnya dengan memiliki website Anda sendiri, itu artinya memiliki media publikasi resmi yang nantinya bisa menjadi web rujukan/ referensi terpercaya jika terdapat informasi yang simpang siur di media sosial, aplikasi perpesanan, dan media lainnya.

Sarana meningkatkan branding

Sama seperti sebuah bisnis dan personal, membangun branding juga sangat penting untuk sebuah instansi/ organisasi. Pasalnya dengan branding yang kuat, maka kredibilitas masyarakat terhadap organisasi tersebut meningkat. Saat ini website pun menjadi salah satu media branding yang cukup efektif untuk menunjukkan kualitas dan kapabilitas kepada masyarakat.

Ketika sebuah instansi/ organisasi sudah memiliki website, ini pun sudah memberikan kesan positif tersendiri karena telah dianggap berusaha mengikuti perkembangan zaman dan “melek teknologi”. Apalagi jika website yang Anda hadirkan memiliki rancangan tampilan yang bagus dengan konten yang berkualitas dan terus Anda perbarui secara berkala. Maka ini dapat meningkatkan profesionalitas Anda sehingga kepercayaan masyarakat pun dapat terus tumbuh.

Sarana meningkatkan pelayanan

Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan, maka cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mendengar masukan/ kritik/ umpan balik dari masyarakat/ pemangku kepentingan lainnya. Melalui website, Anda juga bisa menyematkan fitur yang memungkinkan pengunjung web dapat memberikan nasihat dan saran yang berharga sebagai bahan pertimbangan upaya peningkatan layanan kedepannya.

Memudahkan pekerjaan

Dengan sistem yang sudah terkomputerisasi, maka berarti segala pekerjaan menjadi lebih mudah, cepat, dan akurat. Berbeda dengan sistem yang masih manual dimana ketika proses pencarian data mungkin sering terjadi permasalahan entah itu data tidak ditemukan karena kurang teliti ataupun cukup menguras waktu karena harus membuka tumpukan arsip. Dengan website yang merupakan sistem terkomputerisasi tentunya akan lebih mudah karena data tersimpan dalam database yang dapat menampung data dengan banyak dan tersimpan dengan aman dan mudah dicari ketika dibutuhkan. 

Spesifikasi website olahraga

Website olahraga yang bagus tentu harus menyediakan akses yang mudah ke berbagai solusi dalam memenuhi kebutuhan pengunjung web. Berikut ini beberapa kriteria atau spesifikasi penting yang harus Anda penuhi dalam membuat website olahraga yang bagus dan profesioanal.

Desain website profesional

Desain tampilan website merupakan kesan pertama saat orang melihat sebuah website. Website yang memiliki desain cenderung terlalu kaku dan terlihat usang dapat membuat masyarakat enggan membuka website tersebut. Sementara desain website yang terlihat cantik, bersih, profesional, dan kontemporer membuat situs mudah diingat dan mempengaruhi pengunjung untuk lebih lama singgah di website tersebut. Pada akhirnya, pengunjung pun akan merasa senang untuk mengakses dan menggali lebih dalam isi halaman website Anda.

SEO Friendly

Selain mempercantik tampilan, Anda juga harus membuat website Anda menjadi SEO friendly. Ingat, tidak semua orang mengetahui alamat domain website Anda dan tidak ada pengunjung yang selalu menghafalnya meskipun itu pendek. Jadi, pastikan website Anda mudah ditemukan di mesin pencari, terutama Google dengan melakukan optimasi SEO. SEO (Search engine optimization) sendiri merupakan serangkaian strategi yang berguna untuk menaikkan volume dan kualitas trafik sehingga website mampu menempati peringkat terbaik di halaman pencarian Google.

Website responsive

Seiring berjalannya waktu, banyak sekali model smartphone, tablet, dan perangkat seluler lain yang terus bermunculan. Maka kemungkinan website Anda untuk diakses pada perangkat yang berbeda pun semakin tinggi. Dan Anda tidak akan tahu sepenuhnya apa yang akan pengunjung  gunakan untuk mengakses website Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda memaksimalkan tampilan website yang responsif.



Website yang responsif merupakan website yang mampu menyesuaikan konten dengan antarmuka browser. Dengan kata lain, konten website akan secara dinamis merespon, mengatur ulang, dan menskalakan diri pada segala jenis dan ukuran layar yang digunakan untuk mengakses website. Jadi, ketika membuka website melalui layar laptop 11.6” atau 16” maupun layar smartphone berukuran layar 6.5” atau 4.7″ maka tampilan akan menyesuaikan secara otomatis untuk memberikan pengalaman akses yang mulus. Baik konten tulisan maupun media dapat tetap tampil dengan sempurna tanpa terpotong maupun saling tumpang tindih sedikitpun.

Loading cepat

Secara keseluruhan kecepatan pemuatan (loading) website memainkan peran penting dalam memberikan pengalaman menyenangkan berselancar di internet khususnya ketika berada di website Anda. Ketika mobilitas semakin tinggi terlebih banyaknya provider internet yang menawarkan koneksi cepat membuat sebagian besar pengguna internet berharap bahwa ketika mengklik sebuah website maka ingin memperoleh informasi yang secara cepat. 

Mereka tidak ingin menunggu konten yang loadingnya lambat. Jika tidak memuat secepat yang mereka harapkan. Maka mereka dapat menunda menggali informasi dari website Anda bahkan bisa memicu banyaknya komplain terkait performa website yang rendah.

Keamanan berlapis

Di internet tidak ada sistem yang 100% aman, akan selalu ada celah keamanan yang rentan untuk dieksploitasi. Tetapi sudah menjadi kewajiban bagi Anda untuk melakukan upaya perlindungan ekstra untuk menghindari dan meminimalisir hal-hal yang dapat merugikan Anda sebagai pemilik website maupun para pengunjung web. Menggunakan secure domain, menyematkan SSL certificate (HTTPS), anti bruteforce, anti DDOS, dll merupakan beberapa fitur keamanan yang dapat memproteksi website dan meminimalisir resiko dari serangan malware, spam, dan hacking.

Kaya akan fitur informatif

Fitur adalah salah satu faktor penting yang menentukan kualitas website. Namun, tidak sekedar banyak fitur saja, tetapi yang perlu menjadi perhatian adalah tentang ketepatan fitur tersebut berada pada website Anda. Berikut ini adalah beberapa fitur bermanfaat yang mungkin cocok untuk website olahraga Anda.

  • Profil. Ini merupakan fitur yang amat penting untuk menjelaskan semua hal tentang organisasi/ lembaga/ instansi pemilik website. Mulai dari sejarah, visi misi, struktur organisasi, kepengurusan, dsb.
  • Atlet. Sesuai dengan namanya, fitur ini adalah fitur yang khusus memuat tentang daftar atlet dalam binaan sekaligus untuk mempromosikannya. Adapun data atlet yang dipublikasikan antara lain, nama, TTL, alamat, cabor, klub, dsb.
  • Event. Menampilkan informasi mengenai penyelenggaraan kegiatan atau agenda olahraga..
  • Prestasi. Merupakan fitur untuk memajang sejumlah penghargaan para atlet pemenang.
  • Ruang rilis. Fitur ini berfungsi untuk menampilkan press release/ mengumumkan sesuatu yang memiliki nilai berita agar terpublikasi di media massa.
  • Potret aktivitas. Berisi dokumentasi yang ada pada instansi/ lembaga keolahragaan, mencakup seluruh kegiatan para atlet yang ada, dokumentasi rapat, event, dll.
  • Layanan aspirasi dan pengaduan. Merupakan fitur yang bisa Anda sediakan sebagai sarana menerima kritik dan saran yang bermanfaat bagi peningkatan layanan.
  • Social connection. Fitur ini akan membantu pengunjung website Anda untuk menemukan akun media sosial Anda yang bisa digunakan untuk berinteraksi lebih dekat.

Demikian penjelasan mengenai website olahraga. Sekarang Anda sudah tahu bukan bahwa pembuatan website olahraga memang sangat penting karena bermanfaat dalam mempermudah lembaga/ organisasi keolahragaan untuk menyelesaikan permasalahan yang ada dalam manajemen data atlet dan kepengurusannya. Selain itu, juga menjadi sebuah upaya untuk mensosialisasikan kebijakan dan informasi yang cepat kepada publik.

Yuk buat website olahraga sekarang!