Skip links

SEO Penting Bagi Branding, Inilah Alasannya

Jika menurut Anda SEO tidak ada hubungannya dengan branding, saatnya untuk meninjau kembali hal itu! Meskipun SEO sebagian besar berperan untuk menghasilkan trafik organik, tahukah Anda bahwa strategi ini ternyata juga bisa memperkuat branding dan meningkatkan brand awareness. Nah, dalam artikel ini kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana peran penting SEO dalam branding perusahaan tersebut.

Apa itu SEO?

SEO (Search Engine Optimization) jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia berarti pengoptimalan mesin pencari/ telusur. SEO adalah suatu upaya optimasi untuk membuat website mendapat peringkat tinggi di mesin pencari, terutama Google. Upaya tersebut dilakukan melalui langkah kerja sistematis berlandaskan pada mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari.

Sederhananya, SEO berarti memperbaiki dan meningkatkan kualitas konten website sedemikian rupa berdasar indikator utama SEO dan algoritma Google agar tampak bagus dari sisi penilaian mesin pencari Google. Sehingga pada akhirnya bisa tampil di urutan teratas halaman hasil pencarian SERP (Search Engine Result Page) ketika seseorang mencari sesuatu yang relevan.

Dengan menempati urutan teratas di SERP, tentu ini akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan visibilitas website. Yang berarti akan semakin meningkat pula trafik/ lalu lintas website dan peluang konversi prospek menjadi pelanggan.

Apa itu branding?

Sebelum mengetahui pengertian branding, mari pahami pengertian brand/ merek terlebih dahulu. Disadur dari investopedia, brand adalah sesuatu yang mengacu pada konsep pemasaran yang membantu orang mengidentifikasi perusahaan, organisasi, produk, atau individu tertentu. Brand ini sering menggunakan elemen brand identity untuk membantu menciptakan identitas di pasar. Yakni bisa berupa nama, simbol, istilah, logo, dan karakteristik lain dari sebuah entitas yang membedakannya dari entitas lain.

Dari pengertian brand diatas, maka branding dapat diartikan sebagai usaha untuk membuat sebuah brand. Namun, perlu Anda ingat bahwa branding tidak terbatas pada membuat atribut identitas brand yang kasat mata saja. Tetapi juga melibatkan atribut tidak berwujud (emosional) seperti menyampaikan pesan tersirat tentang sejarah, visi misi perusahaan, karakter brand, etos kerja perusahaan, cara beriklan, dll, dalam rangka membentuk persepsi/ citra merek di benak konsumen. 

Saat ini, branding menjadi hal yang amat penting untuk diupayakan setiap entitas bisnis. Karena dengan proses branding lah orang bisa lebih mudah dan cepat mengidentifikasi, merasakan keberadaan merek Anda, serta membedakan brand Anda dari para pesaing dan tampak menonjol di pasar yang semakin ramai dan kompetitif.

Bagaimana keterkaitan/ hubungan SEO dengan branding?

SEO dan branding merupakan 2 hal yang jauh berbeda namun jika dikaitkan dengan dunia digital saat ini keduanya ternyata memiliki hubungan yang cukup erat karena saling mempengaruhi. Kampanye SEO yang Anda kembangkan dengan baik dapat meningkatkan citra dan jangkauan branding Anda. Sementara branding yang baik, pada gilirannya dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk menarik perhatian konsumen pada halaman hasil mesin pencari tersebut dan mendapatkan lebih banyak klik.

Contohnya, ketika Anda ingin memperkenalkan brand Anda dan membangun brand awareness, sudah pasti Anda akan melakukan kampanye pemasaran. Seperti dengan membuat website company profile dan menyebarkan konten pemasaran melalui media lain baik secara online maupun offline. Dan setelah konten pemasaran Anda mulai tersebar di berbagai media, kebanyakan orang akan mencari tahu lebih dalam dan memastikan segala informasi tentang nama atau merek Anda di Google.



Jika website brand Anda dapat ditemukan dalam hasil pencarian terlebih pada posisi teratas, maka ini akan memberikan dampak yang besar pada citra positif brand Anda.

Manfaat SEO bagi branding

Optimasi SEO akan membantu website memiliki performa terbaiknya. Website dengan performa yang baik juga akan memberikan dampak baik bagi branding. Apa saja itu? Berikut beberapa manfaat SEO bagi branding:

Meningkatkan brand visibility

Brand visibility (visibilitas merek) merupakan frekuensi orang melihat brand Anda di berbagai saluran pemasaran online, termasuk di hasil pencarian Google. Brand visibility yang baik berarti telah menunjukkan keberadaan brand yang pada akhirnya membantu menciptakan brand awareness. Dalam hal ini, semakin website Anda optimasi dengan SEO, maka peluang tampil di peringkat atas SERP tentu menjadi semakin besar. Hal itu berarti semakin banyak pula bola mata yang bisa melihat keberadaan tentang merek Anda lalu akan tertarik menelusuri penawaran produk atau layanan Anda.

Membangun brand credibility

Algoritma mesin pencari Google terus mengalami perkembangan, menjadi lebih pintar dan selektif untuk memilih website yang akan direkomendasikan di halaman teratas SERP. Sehingga agar sukses dalam SEO maka website perlu pondasi yang kuat, konten terstruktur, performa bagus selaras dengan pengalaman pengguna yang mulus.

Oleh karenanya, tidak heran jika website yang berperingkat tinggi di halaman hasil mesin pencari Google biasanya dianggap berkualitas tinggi dan dapat dipercaya karena untuk mencapai titik tersebut tentu si pemilik website melakukan upaya lebih keras daripada yang lainnya. Hal ini tentu dapat bermanfaat dalam meningkatkan brand credibility.

Brand credibility (kredibilitas merek) sendiri merupakan kepercayaan informasi produk yang terkandung dalam suatu merek. Konsep ini mengharuskan konsumen memandang bahwa merek tersebut memiliki kemampuan yang dapat dipercaya dan terus memberikan apa yang telah dijanjikan.

Meningkatkan engagement

SEO website akan menghasilkan trafik web organik yang berkualitas. Jika Anda memiliki website dengan konten bermanfaat yang sesuai dengan maksud audiens. Maka kemungkinan mereka akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menjelajah website Anda. Audiens yang terlibat lebih lama dengan website cenderung lebih terhubung ke merek. Dan ini pada akhirnya dapat mengarah menghasilkan lebih banyak konversi.

Sehingga penting untuk meningkatkan tingkat keterikatan pengguna dengan website Anda. Ada banyak yang bisa Anda lakukan, seperti dengan menyediakan website yang aman dan ramah seluler, konten informatif dan edukatif, dsb

Apakah bisa branding tanpa SEO?

Bisa saja, tetapi tanpa adanya upaya SEO kemungkinan besar brand Anda kalah dalam persaingan. Sebab, sebagian entitas bisnis saat ini telah menunjukkan kehadirannya di dunia digital melalui website dan banyak entitas yang bersaing di ruang yang sama dengan menggandeng jasa SEO profesional. Oleh karenanya, mau tidak mau Anda juga harus menerapkan strategi SEO untuk menjadi lebih mencolok dan mendorong kemenangan dalam persaingan tersebut.