Skip links

Harga Desain Logo Mahal? Benarkah?

Bagi setiap perusahaan maupun instansi/ organisasi memiliki sebuah logo sudah menjadi kebutuhan pokok. Bahkan dalam pemenuhannya banyak perusahaan maupun instansi yang berinvestasi pada logo terbaik dengan merogoh kocek dalam jumlah fantastis. Seperti halnya logo miliki Pertamina yang berharga 5,1 miliar dan Bank Mandiri berharga 15 miliar. Tampak begitu ekstrim bukan harga yang dikeluarkan hanya untuk sebuah “gambar”?

Lalu yang menjadi pertanyaan, wajar dan benarkah bahwa modal untuk memiliki logo memang semahal harga yang disebutkan diatas? Karena faktanya Anda juga bisa lho menemukan penawaran dengan harga desain logo yang lebih murah, berkisar jutaan, ratusan ribu bahkan hanya puluhan ribu saja. Dan apa sebenarnya yang mempengaruhi harga logo mahal atau murah ini? Sebelum mengetahui jawabannya, mari terlebih dahulu memahami lebih dalam tentang logo itu sendiri. 

Apa itu logo? 

Logo adalah desain gambar unik yang digunakan perusahaan maupun instansi/ organisasi, kelompok, atau personal sekalipun untuk menandai identitas mereka. Ini merupakan kombinasi teks, gambar dan warna yang memberitahu orang-orang nama merek Anda.

Bukan sekedar gambar/ simbol biasa, inilah fungsi penting logo 

Sebagai alat pertama untuk menarik minat konsumen

Ketika pelanggan memilih bisnis Anda, ini berarti mereka telah memiliki kesan positif tentang bisnis Anda. Dan kesan ini sebagian bisa datang dari sebuah logo. Logo dapat mengungkapkan banyak hal, baik secara positif maupun negatif. Maka menampilkan logo yang bagus merupakan kesempatan pertama yang Anda miliki untuk menarik minat konsumen. 

Apabila tampilan logo Anda menarik secara visual dan dirancang dengan baik tentu akan memberikan kesan yang baik pula. Dengan terciptanya kesan dan citra baik perusahaan Anda di mata konsumen tentu akan meningkatkan potensi mereka memilih Anda daripada pesaing. 

Sebagai pemandu konsumen

Ketika logo Anda memiliki elemen visual yang menyenangkan secara estetika, logo tersebut dapat memicu ingatan positif tentang merek Anda. Mungkin suatu saat beberapa audiens bisa lupa nama bisnis Anda. Tetapi dengan ingatan yang positif terhadap logo yang telah tercipta sebelumnya, audiens bisa saja langsung menghubungkan tampilan logo Anda dengan ingatan tentang bisnis Anda.

Meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) 

Dengan menempatkan logo pada semua media publikasi pemasaran, produk, situs web, dan lain sebagainya. Ini berarti Anda juga berupaya meningkatkan tingkat kesadaran merek audiens terhadap bisnis Anda karena logo Anda dapat dilihat pada layanan atau produk dengan cakupan yang luas. Seperti yang telah diketahui, brand awareness ini sangat penting untuk mempengaruhi konsumen membeli produk atau layanan jasa untuk pertama kalinya. Sekaligus juga membuat konsumen terus melakukan pembelian.

Lalu apa yang menyebabkan harga desain logo bisa mahal? Apa perbedaan logo murah dan logo mahal?

Proses pengerjaan

Salah satu faktor harga logo bisa mahal yaitu karena proses pembuatannya. Tahukah Anda bahwa di balik logo yang tampak sederhana terdapat proses panjang penuh strategi. Membuat logo bukan hanya soal seni desain, tetapi juga menerapkan strategi marketing efektif.

  • Logo mahal

Seorang desainer akan mengawali pekerjaannya dengan mempelajari seluk-beluk bisnis Anda, meneliti industri dan pesaing Anda, menemukan gaya apa yang paling menarik bagi audiens target Anda. Serta mengetahui apa nilai-nilai profesionalisme yang ingin Anda sampaikan. Selanjutnya, desainer juga akan membuat sketsa dari ide desain. Pembuatan sketsa pun terkadang tidak hanya satu, dalam paket layanan logo tingkat tinggi bahkan desainer harus membuat ratusan sketsa demi mendapatkan 1 logo akhir. 

Kemudian setelah itu barulah desainer mentransfer sketsa ke bentuk digital, lalu membagikan opsi logo kepada klien untuk mendapatkan umpan balik dan membuat revisi seperlunya. Selain itu logo mahal biasanya juga memiliki guideline atau guide book yang berisi tentang makna/ filosofi logo, bagaimana dasar logo dibentuk, hingga aturan-aturan pengaplikasian logo di berbagai media. Keseluruhan proses ini tentu bisa memakan waktu berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. 

  • Logo murah 

Sementara itu, seorang desainer dengan bandrol harga desain logo murah biasanya mendesain logo Anda dengan berdasarkan nama bisnis Anda tanpa tahu seluk-beluk bisnis Anda. Mereka akan mendesain logo Anda secara singkat. bisa saja mereka hanya menggunakan template gratis. Yang mana mereka tinggal menulis nama bisnis Anda pada template, mengubah warna, dan mengirimkannya kepada Anda. 

Bahkan desainer logo yang sangat murah tidak segan untuk menggunakan kembali desain di antara klien sebelumnya dengan sedikit memodifikasinya agar menjadi sebuah logo baru. Buruknya lagi, mereka bisa langsung mencuri karya desainer lain. Demikian ini jangan heran jika suatu saat Anda menemukan logo Anda sangat mirip bahkan sama dengan logo lain sehingga mendapatkan klaim gugatan.

Kualitas Logo

Ini cukup jelas, sesuai dengan peribahasa ada harga ada rupa. Jika Anda memilih desainer dengan hanya karena iming-iming “Logo murah, bagus dan cepat jadi” maka tampilan logo yang Anda dapatkan mungkin tidak seburuk seperti apa yang Anda pikirkan. Tetapi kembali kepada proses perancangannya. Logo yang baik tercipta dari proses perancangan penuh strategi, pertimbangan dan riset mendalam. Jika Anda mengesampingkan hal ini dan memilih logo yang instan maka Anda akan kehilangan nilai-nilai inti logo yang penting untuk mendukung pertumbuhan merek Anda kedepannya. 

Murah – mahal itu relatif, yang penting buat logo Anda dengan serius bersama desainer yang tepat

Logo Anda berpotensi untuk membangun atau justru menghancurkan bisnis Anda. Jadi, Anda perlu menangani prosesnya dengan serius bahkan jika Anda tidak memiliki modal yang banyak. Ya, siapa bilang Anda tidak bisa memiliki logo profesional tanpa harus mengeluarkan biaya yang sangat besar?

Kabar baiknya, Grapiku hadir sebagai agensi branding yang melayani pembuatan logo profesional dan berkelas dengan harga terjangkau. Hanya dengan biaya mulai ratusan ribu saja Anda sudah bisa mendapatkan hasil logo yang berkualitas, berkelas yang tak kalah dengan logo-logo merek besar di dunia, lengkap dengan brand guideline. Selain itu kami merancang logo dengan penuh strategi sehingga logo relevan dengan citra bisnis Anda dan tentunya tampil unik, orisinil, mudah dikenali dan diingat.

Harga desain logo Grapiku pun bervariasi tergantung paket layanannya. Masing-masing paket layanan tersebut terdapat fitur-fitur yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan, seperti jumlah opsi logo, slot revisi, dll. Segera konsultasikan kebutuhan logo Anda kepada Grapiku sekarang juga dan dapatkan penawaran harga logo termurah dikelas sebuah logo premium!