Skip links

Desain Logo Keren Untuk Brand Minuman

Apakah Anda berencana untuk meluncurkan bisnis minuman? Jika ya, maka Anda harus terlebih dahulu memiliki logo minuman yang keren yang dapat menarik perhatian audiens dan menghadirkan diferensiasi bisnis dari para pesaing. Dengan membaca artikel ini, Anda bisa mempelajari aspek-aspek penting bagaimana desain logo keren untuk brand minuman yang sukses Anda dapat tercipta. Serta mengetahui contoh-contoh logo keren brand minuman yang bisa Anda jadikan referensi logo usaha Anda.

Logo adalah salah satu identitas merek terpenting yang wajib dimiliki oleh semua merek bisnis, tak terkecuali bisnis minuman. Ini menjadi bagian sentral branding dari bisnis Anda, karena biasanya logo merupakan titik kontak pertama bagi sebagian besar pelanggan potensial. Itulah mengapa sangat penting untuk menunjukkan kesan pertama yang berkesan dengan memastikan bahwa ketika Anda membuat logo, logo yang Anda buat harus benar-benar bekerja mewakili merek Anda dan dapat terhubung dengan konsumen

Hal inilah yang juga menjadikan proses pembuatan logo tidak semudah seperti kebanyakan orang awam bayangkan, yang bisa disamakan dengan membuat desain grafis pada umumnya. Membuat logo bukan hanya tentang kreativitas, tetapi juga penuh strategi marketing jitu serta investasi pemikiran/ konsep. 

Lantas, seperti apa logo yang keren dan dapat bekerja untuk bisnis itu? 

Jika Anda memutuskan membuat logo Anda sendiri maupun meminta bantuan jasa desain logo profesional seperti halnya Grapiku, ada beberapa aspek yang perlu Anda perhatikan untuk memastikan Anda dapat memperoleh desain logo benar-benar keren dan menarik. Berikut ciri-ciri atau karakteristik yang biasa dimiliki oleh logo keren yang sukses, yang bisa Anda jadikan patokan akan hasil logo Anda nantinya.

Simpel

Dari swoosh tunggal Nike hingga desain logo monogram inisial M milik McDonald’s, banyak brand yang paling berpengaruh dan sukses dalam sejarah ternyata memiliki desain logo yang sangat simpel/ sederhana. Kesederhanaan adalah aspek utama dalam logo karena kebanyakan konsumen hanya fokus pada logo untuk waktu yang singkat. Semakin sederhana logo akan menjadikan logo semakin mudah untuk dikenali dan diingat.

Logo yang sederhana harus dapat mengekspresikan kepribadian merek secara ringkas dan efektif tanpa menyuguhkan visual yang berlebihan. Dengan kata lagi, aspek terpenting adalah berfokus pada penggunaan elemen sesedikit mungkin.

Relevan

Kualitas logo keren yang hebat selanjutnya adalah logo harus relevan dengan jati diri brand Anda serta pasar yang bisnis Anda targetkan. Seperti dalam penggunaan warna dalam logo, Anda harus bisa memilih warna-warna yang tepat untuk memicu emosi yang sesuai dengan kepribadian merek Anda kepada konsumen. Contohnya, jika Anda ingin mengkomunikasikan energi, kesenangan, dan kegembiraan maka bisa memilih warna biru, hijau, dan warna cerah lainnya.

Selain warna, gaya tipografi maupun jenis huruf juga bisa membantu memperkuat nada merek Anda beserta nilainya yang pada akhirnya membantu menentukan kepribadian Anda dengan lebih baik. Kami, telah membahas secara rinci mengenai jenis-jenis font untuk desain untuk membantu Anda menentukan jenis tipografi apa yang tepat untuk logo brand minuman Anda.

Unik

Tujuan dari logo adalah untuk menciptakan hubungan dengan konsumen dan membangkitkan minat pada merek Anda. Ketika konsumen dapat dengan mudah mengingat logo dan merek Anda, mereka cenderung menghubungkannya dengan perusahaan Anda. Untuk menciptakan logo yang mudah diingat konsumen, Anda harus selalu berusaha untuk menjadi seunik mungkin. Untuk menjadi unik, sebaiknya hindari penggunaan elemen yang terlalu umum, yang bisa menyampaikan pesan secara gamblang. Karena hal tersebut hanya akan membuat logo Anda terlihat generik dan pasaran.

Contohnya Anda tidak perlu selalu menggunakan elemen grafis biji kopi untuk menunjukkan bahwa Anda menjual kopi. Sebagaimana logo Ikea bukan kursi/ meja dan logo pizza hut yang bukan pizza. Dengan kata lain, logo Anda tidak perlu tampill untuk menjelaskan secara langsung apa yang Anda lakukan/ produk apa yang perusahaan Anda jual. Cukup pastikan logo Anda mengandung makna tersirat yang selaras dengan bisnis Anda.

Serbaguna

Terakhir, namun tentu tidak kalah pentingnya. Logo yang bagus juga harus dapat digunakan dalam berbagai cara, bentuk, dan situasi. Misalnya logo harus dapat dicetak dan ditampilkan dalam berbagai ukuran dan dalam banyak kasus harus tetap dapat dikenali dengan efektif meskipun tanpa warna/ BW. Inilah mengapa pada poin sebelumnya kesederhanaan logo amat perlu diperhatikan. Sebab jika terlalu memiliki elemen yang kompleks, terlalu banyak garis, hiasan, elemen, atau warna. Mungkin logo Anda justru menjadi tidak terbaca dan tidak dapat dikenali saat Anda memperkecil ukurannya atau menjadi terdistorsi saat Anda meletakkannya di papan reklame. 

Contoh desain logo keren brand minuman 

Hashtag coffee

Logo hashtag coffee adalah salah satu dari logo minuman menakjubkan yang menginspirasi dan mengesankan. Dengan skema warna yang berkelas, font yang sederhana, dan simbol yang menakjubkan, logo ini tentu saja menarik untuk ditonton. Tidak hanya menyediakan menu untuk penikmat kopi hitam (pahit), Hashtag coffee juga memiliki banyak variasi menu kopi kekinian untuk non-penikmat kopi pahit. Tidak heran, logonya dibuat sederhana dengan konsep kopi yang dapat dinikmati semua kalangan. Yaitu perpaduan simbol tagar sebagai representasi nama brand ‘hashtag’ dan simpul tali sebagai representasi semangat ‘menyatukan’.

Seruput

Logo Kopi Seruput adalah satu lagi logo brand kopi yang langsung menarik perhatian karena desainnya yang unik. Logo Seruput dengan berani mengisyaratkan bisnis merek mereka dengan menggunakan perpaduan elemen cangkir serta asap panas yang timbul dari kopi yang diseduh. Meski begitu, secara keseluruhan tampilan logo tidak generik, tampil sederhana nan elegan dengan konsep outline logo. 

Kesimpulan

Sekali lagi, logo memainkan peran penting dalam kesuksesan bisnis Anda. Jika Anda ingin sukses di bisnis minuman maka Anda perlu mendapatkan logo yang kompeten untuk mempromosikan bisnis Anda. Pasalnya, tidak sedikit konsumen sangat memperhatikan elemen visual yang menarik untuk membuat keputusan. Dan kebanyakan kasus, pasti logo adalah elemen utama yang pertama kali mereka lihat.

Kami berharap dengan penjelasan mengenai karakteristik logo keren yang sukses beserta contoh desain logo brand minuman yang kami sampaikan pada kesempatan ini dapat membantu Anda menentukan cara mendesain logo Anda. Jika masih bingung mencari konsep logo yang tepat. Atau Anda tidak memiliki kemampuan mumpuni untuk membuat logo yang berkualitas sendiri, akan lebih bijak jika mempercayakan kepada ahlinya saja. 

Grapiku siap membantu Anda memiliki logo kualitas premium dengan biaya yang sangat terjangkau. Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada kami seperti apa kebutuhan logo Anda. Kami siap mendengar dan memberikan ide-ide, solusi, dan hasil terbaik bagi bisnis Anda!