Skip links

Tips Memilih Agensi Branding yang Tepat

Sekarang ini, banyak pebisnis yang menyadari fakta bahwa kesuksesan mereka tidak hanya bergantung pada kualitas produk (barang/ jasa) mereka saja. Tetapi juga datang dari pencitraan merek yang sesuai dengan filosofi perusahaan untuk menonjolkan posisi perusahaan di pasar yang kompetitif sehingga bisa meraih hati target audiens.

Melihat besarnya pengaruh citra merek/ brand ini dalam perkembangan bisnis, banyak perusahaan pun tanpa ragu berinvestasi secara signifikan untuk proses branding dengan menyewa agensi branding terbaik.

Jika Anda sendiri telah memutuskan bahwa Anda membutuhkan agen untuk membantu branding bisnis Anda, berikut tips memilih agensi branding yang tepat agar investasi bisnis Anda lebih optimal.

Tips-tips memilih agensi branding yang tepat  

Cek kredibilitas agensi

Pertama dan yang paling utama, cek terlebih dahulu kredibilitas agensi branding. Mengingat pentingnya peran agensi branding dalam kesuksesan pengembangan brand Anda, maka sangat penting bagi Anda untuk mencari tahu apakah agensi tersebut cukup kredibel dalam mengembangkan/ membangun sebuah brand. Secara garis besar, agensi yang dikatakan kredibel sendiri manakala mereka mampu mengelola usahanya dengan baik, menunjukkan keseriusan dan profesionalisme bisnis. Adapun beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memastikan kredibilitas agensi branding adalah dengan:

  • Menganalisa website agensi

Di era digital seperti sekarang ini, internet telah menjadi referensi utama bagi masyarakat untuk mengakses informasi. Perusahaan dalam hal ini agensi branding yang memiliki website, tentu akan lebih terlihat kredibel. Sebab mereka memberikan ruang kepada publik untuk bisa mengakses berbagai informasi seputar layanan maupun informasi pendukung lainnya untuk membantu mereka dalam memilih layanan yang dibutuhkan.

Akan tetapi, jangan lupa untuk menganalisa bagaimana strategi agensi tersebut dalam memanajemen websitenya. Sebab website juga menjadi sarana branding perusahaan. Apakah website agensi terlihat biasa-biasa saja bahkan tidak menarik sama sekali. Atau justru tampak memukau dan memberikan pengalaman yang menyenangkan untuk Anda. Demikian ini akan membantu Anda mendapatkan gambaran mengenai kemampuan agensi itu dalam membranding dirinya sendiri sebelum membranding klien-kliennya.

  • Melihat portofolio/ jejak proyek branding 

Setiap agensi branding profesional pasti akan memberitahu publik bahwa mereka dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik, salah satunya dengan memajang bukti hasil yang nyata pada website maupun company profile untuk menunjukkan kredibilitasnya. Sehingga pastikan untuk melihat dan mempelajari pekerjaan dan studi kasus yang telah mereka selesaikan. Hal ini akan memberikan Anda gambaran yang lebih jelas tentang tingkat keahlian agensi branding tersebut dan apa yang bisa Anda harapkan darinya. 

  • Mengecek perizinan usaha

Cara lain untuk memastikan kredibilitas agensi adalah dengan mengecek perizinan usahanya. Meskipun pada umumnya legalitas tidak bisa selalu menjamin bahwa suatu agensi dapat menghasilkan kualitas pekerjaan yang bagus. Akan tetapi, agensi branding yang telah mengurus perizinannya bisa lebih memberikan ketenangan pikiran dan kenyamanan bermitra bisnis. 

Sebab dengan memiliki unsur legalitas, menandakan bahwa agensi tersebut telah bertanggung jawab dan disiplin mematuhi Undang-Undang dan Peraturan terkait usaha yang berlaku. Tentu saja, hal ini membuat perusahaannya menjadi lebih profesional dan bonafide.

  • Mengecek testimoni klien-klien sebelumnya

Agar semakin yakin dengan kredibilitas agensi branding, Anda juga dapat mengecek testimoni-testimoni yang agensi dapatkan dari klien sebelumnya. Selain pada website, biasanya testimoni klien juga bisa Anda lihat pada halaman Google Review, kolom media sosial, dll. Baik atau buruknya testimoni yang diberikan oleh klien, akan memberikan Anda gambaran mengenai bagaimana pengalaman yang mungkin Anda peroleh dari bekerja sama dengan agensi tersebut.

Pelajari secara rinci cakupan layanan agensi

Tips selanjutnya, Anda juga perlu mengetahui secara jelas layanan atau jasa apa saja yang agensi tersebut sediakan. Sebab melihat kebutuhan branding perusahaan sendiri sangatlah bermacam-macam mulai dari desain logo, desain company profile, ilustrasi, packaging, stationery, dan masih banyak lagi. Tentu bukan hal yang tidak mungkin nantinya Anda bisa menjumpai agensi yang hanya mampu menangani sebagian kecil kebutuhan branding saja. Maupun agensi yang menyediakan layanan branding yang komprehensif.

Selain itu tanyakan juga mengenai cakupan pekerjaan agensi tersebut. Apakah mereka hanya sekedar mendesain saja, atau juga turut andil dalam proses brainstorming untuk menciptakan konsep yang benar-benar impresif. Lalu apakah mereka menyediakan layanan pencetakan desain, dsb. Pastikan layanan yang mereka sediakan dapat mengakomodasi kebutuhan bisnis Anda secara tepat sasaran dan efisien.

Cari tahu kemampuan dan komposisi tim agensi

Memang banyak agensi kreatif yang menawarkan berbagai layanan branding. Untuk mengetahui apakah semua layanan tersebut benar-benar bisa dipercaya, coba lihat individu yang membentuk tim agensi terkait. Tentu sebuah agensi branding setidaknya harus memiliki tim handal di bidang desain, marketing strategist, dan copywriter.

Pilih agensi yang proaktif dan responsif

Menjaga komunikasi tetap berjalan lancar merupakan hal yang sangat penting dalam suksesnya hubungan apapun, termasuk hubungan bisnis Anda dengan agensi branding. Meski saat ini komunikasi berbentuk teks dan email sangat memudahkan proses komunikasi jarak jauh. Akan tetapi, pada awalnya penting bagi Anda untuk menjadwalkan pertemuan, baik itu secara langsung (fisik), atau setidaknya melalui panggilan telepon maupun video conference.

Jika agensi tidak bersedia melakukan satu hal kecil ini di awal proses, kesigapan komunikasi mereka secara keseluruhan terutama ketika proyek Anda mulai berlangsung perlu Anda pertanyakan. Agensi yang lambat dalam merespon chat/ telepon sudah pasti akan membuat pelayanan menjadi kurang memuaskan.

Temukan chemistry dan kecocokan dengan agensi

Karena vitalnya proses branding bagi kemajuan bisnis Anda, maka penting untuk memastikan agensi yang bermitra dengan Anda bisa menjadi perpanjangan dari tim Anda. Nilailah setiap kesan sekecil mungkin yang muncul ketika berkomunikasi dengan mereka. Tentunya akan lebih nyaman untuk bekerja sama dengan agensi memiliki proposisi nilai yang mirip dengan organisasi Anda. Yang mampu memahami dengan baik permasalahan yang Anda sampaikan dan memberikan pendekatan yang jujur dan terbuka tanpa mengesampingkan rasa hormat.

Jangan mudah tergiur dengan harga murah

Biaya jelas penting, terutama untuk investasi bisnis yang signifikan. Namun, penetapan harga jasa branding tidak boleh menjadi yang terdepan dalam proses pengambilan keputusan Anda. Ingat, Anda membayar untuk kualitas yang dapat Anda harapkan. Agensi dengan label harga murah, kemungkinan besar tidak akan memberikan hasil pekerjaan berkualitas tinggi. Bahkan bisa jadi jauh dari ekspektasi Anda hingga pada akhirnya menyebabkan Anda menyesal telah mengeluarkan biaya. Jadi, jangan langsung tergiur dengan harga murah dibawah pasaran yang agensi tawarkan kepada Anda!

Kesimpulan

Sangat sulit bagi orang awam untuk membangun identitas merek dari awal tanpa bantuan tenaga profesional yakni agensi branding yang tepat. Pasalnya pekerjaan branding melibatkan banyak kreativitas, pemikiran yang out of the box, pengetahuan menyeluruh tentang pasar. Serta pengalaman panjang dalam industri periklanan dengan pendekatan strategis berbasis data. Dengan mempelajari dan menerapkan tips memilih agensi branding di atas, semoga dapat mempersempit pilihan Anda untuk menemukan mitra branding paling tepat bagi bisnis Anda.

Temukan dengan mudah agensi branding paling tepat untuk bisnis Anda

Untuk mendapatkan agensi branding terbaik yang paling tepat bagi bisnis Anda ternyata tidaklah sulit. Karena Grapiku sendiri merupakan agensi digital marketing yang menyediakan layanan branding dengan pengalaman lebih dari 5 tahun!

Tim kami di Grapiku berkomitmen untuk mendesain cerita, image, dan pengalaman Anda menjadi brand yang berkarakter dan mampu bekerja dalam mendatangkan lebih banyak customer. Jangan ragu, mari memulai proses branding Anda dengan memanfaatkan layanan konsultasi gratis Grapiku dengan menghubungi kontak sekarang juga!