Skip links

Strategi Marketing Efektif Saat Corona

Pandemi corona/ covid 19 yang melanda dunia sejak awal 2020 lalu berakibat pada menurunnya perekonomian Indonesia. Himbauan physical distancing serta Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) mulai diterapkan di berbagai daerah di Indonesia dan membuat segala aktivitas perekonomian menjadi terbatas. Mulai dari UMKM hingga perusahaan besar pun terkena dampaknya.

Namun jangan patah semangat begitu saja! Masih ada banyak peluang dan cara untuk mengatasi dan meminimalisir kerugian yang bisa terjadi kapan saja terhadap bisnis anda. Anda bisa memulainya dengan melakukan perubahan pola strategi pemasaran. Lantas, apa saja strategi marketing yang efektif di tengah pandemi corona ini? Simak jawabannya berikut

Beralih dari offline dan fokus jalankan bisnis secara online

jasa website toko online

Pemasaran bisnis secara online merupakan strategi yang diklaim paling jitu. Mengapa demikian? Pasalnya gaya hidup masyarakat di era modern kini kebanyakan aktivitasnya tidak bisa terlepas dengan penggunaan gadget dan internet. Sehingga, di situasi seperti ini dimana masyarakat dihimbau untuk meminimalisir interaksi langsung, maka tentu saja sebagian besar masyarakat akan memilih melakukan berbagai aktivitas termasuk belanja secara jarak jauh/ online. 

Melihat hal itu, bisnis anda harus sigap beradaptasi dengan keadaan. Jadikan kondisi saat ini menjadi momen yang tepat untuk memulai atau meningkatkan strategi pemasaran online yang sudah dilakukan. Gunakan sosial media terpopuler, situs-situs marketplace yang ada atau buat website toko online sendiri untuk mempublikasikan informasi mengenai produk yang anda jual. Integrasikan juga dengan aplikasi chat online agar bisnis anda lebih komunikatif dalam melayani pelanggan/ calon pelanggan. 

Lalu untuk sistem pembayarannya sediakan metode transfer bank atau e-money sehingga transaksi menjadi cashless dan aman. Sesuaikan pula penjualan anda dengan model pengiriman langsung, ojek online, atau memanfaatkan layanan pos dan kurir untuk mengirim produk kepada konsumen.

Tetap hidupkan komunikasi bisnis

 

jasa sosial media marketing

Dengan banyaknya orang yang menerapkan #DiRumahSaja, konsumsi konten di media sosial pun akan turut meningkat. Jadi, jangan sia-siakan momen ini dengan lebih aktif di media sosial. Perlu diketahui bahwa media sosial bukan semata sebagai sarana penjualan saja, melainkan juga menjadi saluran komunikasi 2 arah untuk memperkaya hubungan dengan calon pelanggan/ pelanggan. 

Jadi, bahkan jika bisnis anda terpaksa berhenti sementara waktu, usahakan jangan berhenti memposting! Anda bisa membagikan konten-konten positif selama pandemi untuk menunjukkan solidaritas, berbagai tips dan trik, quote, dll. Intinya tetap hidupkan komunikasi bisnis anda dengan pelanggan untuk menjaga kredibilitas bisnis. Dengan begitu, ketika kondisi telah kembali normal hubungan bisnis anda dengan calon pelanggan/ pelanggan pun akan menjadi lebih kuat. 

Manfaatkan waktu untuk menyusun materi pemasaran

desain company profile keren

Menurunnya omset penjualan karena covid-19 merupakan hal wajar karena masyarakat akan lebih selektif dalam melakukan pembelian produk berdasarkan kebutuhan terpenting mereka saat ini. Dengan aktivitas transaksi penjualan yang berkurang, artinya pekerjaan akan menjadi lebih sedikit dan banyak waktu luang. 

Manfaatkan waktu ini untuk merancang dan menyusun marketing baru atau yang tertunda/ belum sempat anda lakukan. Persiapkan konten secara matang, baik itu berupa video promosi, konten media sosial, hingga artikel web agar waktu tidak terbuang begitu saja. Keuntungannya, apabila pandemi berakhir maka bisnis anda sudah selangkah lebih cepat dan siap untuk meluncurkan tombak pemasaran dan memulai persaingan dengan para kompetitor. 

Efisiensikan budget untuk iklan di media yang strategis

jasa digital marketing profesional

Menjalankan bisnis di tengah pandemi corona pasti membuat anda sangat berhati-hati dalam menggunakan budget pemasaran yang ada. Maka dari itu, anda perlu memilih teknik promosi yang mumpuni untuk menjangkau konsumen tertarget namun tetap hemat demi efisiensi pengeluaran budget pemasaran bisnis anda. Anda bisa mencoba menggunakan jasa Google Ads atau Facebook Ads yang mana strategi iklan ini biayanya sangat ekonomis dan dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan bisnis anda. 

Berikan pelayanan ekstra kepada konsumen yang sudah ada/ pelanggan setia

Strategi Marketing Efektif Saat Corona

Terakhir, anda bisa juga mencoba untuk mengutamakan pada up sales kepada pelanggan yang pernah bertransaksi dengan bisnis anda. Tawarkan layanan-layanan spesial yang menarik perhatian mereka. Berikan promo/ diskon kepada customer yang loyal, berikan gratis ongkir, komisi reseller, hadiah atau hal lainnya. 

Itulah beberapa strategi marketing efektif yang bisa anda lakukan untuk mempertahankan bisnis anda di tengah pandemi corona saat ini. Ada satu hal yang perlu anda ingat, selalu berhati-hati dalam mempromosikan bisnis anda. Jangan sampai bisnis anda terkesan seperti memanfaatkan situasi dan mengesampingkan rasa empati semata-mata hanya untuk meraup keuntungan. Hal ini tentu saja akan menimbulkan citra buruk masyarakat kepada bisnis anda. Semoga bermanfaat!