Skip links

Pentingnya Menciptakan Brand Experience untuk Merebut Hati Konsumen

“Kepuasan pelanggan tidak hanya sebatas karena kualitas produk, tidak selalu berasal dari harga yang menggiurkan, melainkan dari brand experience yang dirasakan”

Saat ini persaingan bisnis baik di ranah offline maupun online semakin ketat. Ragam produk dan brand yang ada sudah tak terhitung lagi. Bahkan menemukan produk/ layanan yang sama dari berbagai brand yang berbeda kini bukanlah hal yang sulit. Karena memang banyak brand yang berani bersaing di pasar dengan produk/ layanan dari kategori sama, kualitas sama, hingga harga pun sama. Jika Anda sebagai pemilik usaha berada di situasi tersebut, lalu bagaimana cara agar brand Anda bisa memenangkan persaingan dengan para kompetitor yang serupa? Jawabannya adalah membuat diferensiasi dengan mengembangkan brand itu sendiri dalam rangka memberikan brand experience kepada konsumen. Apa itu brand experience? Seberapa pentingnya menciptakan brand experience untuk mengembangkan bisnis?

Mengenal brand experience

Brand experience atau dalam bahasa Indonesia berarti pengalaman merek adalah sesuatu yang dikonseptualisasikan sebagai perasaan, kognisi, sensasi, dan respon perilaku yang timbul akibat adanya pengaruh sebuah brand/ merek. Pengalaman indrawi ini bisa berasal dari desain dan identitas merek itu sendiri, pengemasan, konsumsi, komunikasi, lingkungan, maupun hal terkait merek lainnya. Sehingga membawa seseorang ke dalam hubungan yang langgeng dan bermakna dengan suatu merek. Brand experience ini bersifat subjektif dan berubah dari orang ke orang karena setiap individu memiliki pengalaman dan asosiasi berbeda dari sebuah merek.

Upaya mewujudkan brand experience ini telah dipraktekkan sejak lama sebagai teknik. Melalui beberapa praktik, teknik ini mengimplementasikan tindakan yang membangkitkan sensasi dan perasaan, yang menghasilkan kesetiaan dan kepuasan. Meski dalam pengaplikasiannya menggunakan detail dan betapapun mencolok bentuk upayanya, publik tidak selalu menganggap ini sebagai tujuan sebuah brand.

Cara untuk menciptakan brand experience 

Jalin interaksi intens dengan konsumen

Dalam bisnis selalu ada momen interaksi antara konsumen dan merek. Bisa secara langsung, seperti saat kunjungan ke toko maupun tidak langsung atau jarak jauh seperti melalui telepon atau layanan email. Namun menciptakan interaksi tidak hanya sekedar menawarkan brand pada konsumen. Melainkan dengarkan pula keluhan, masukan, dan hal-hal lain yang disampaikan oleh konsumen. Meski Anda tidak dapat langsung menyelesaikan masalah yang terjadi, setidaknya dengan merespon keluhan tersebut konsumen akan merasa dihargai. Ingat selalu! Utamakan selalu interaksi yang efektif, mendidik, dan ramah untuk membangun pengalaman yang menyenangkan bagi konsumen.

Tingkatkan kenyamanan dan fasilitas

Memberikan kenyamanan saat bertransaksi juga menjadi cara yang efektif untuk membangun brand experience yang bagus. Seperti misalnya, Anda menjual produk/ jasanya secara online maka penting untuk menyediakan opsi metode pembayaran yang beragam. Atau mengizinkan pengambilan pesanan ke toko fisik, garansi pengembalian produk apabila tidak sesuai, dll. Dengan menawarkan berbagai fasilitas dan kemudahan seperti itu dapat mencitrakan fleksibilitas bisnis Anda. Yang pada akhirnya membuat konsumen melihat brand Anda sebagai merek yang melakukan segalanya untuk kesejahteraan dan kepuasan pelanggan mereka.

Berikan reward untuk konsumen

Hubungan baik dengan konsumen adalah salah satu kunci untuk dapat mengembangkan bisnis secara lebih besar. Untuk membangun hubungan baik ini Anda dapat memberikan reward atau penghargaan kepada konsumen loyal yang telah bertransaksi dengan bisnis Anda. Banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk memberikan penghargaan ini, salah satunya dengan memberikan reward dalam bentuk kupon atau bahkan diskon khusus di momen-momen tertentu seperti di hari ulang tahunnya agar konsumen dapat merasakan brand experience yang tidak terlupakan.

Menjaga konsistensi elemen brand

Sadar atau tidak, pengalaman konsumen pun bisa meningkat karena dengan konsistensi brand Anda. Ini termasuk elemen-elemen identitas merek seperti warna, logo, tagline, font, dll bisa juga membentuk brand experience. Oleh karena itu, wajib bagi Anda untuk menerapkan branding yang konsisten.

Lantas, apa keuntungan yang dari terciptanya brand experience bagi bisnis?

Brand experience dapat membawa hasil nyata bagi perusahaan. Keuntungan membentuk brand experience itu antara lain:

  • Mendapatkan loyalitas. Loyalitas pelanggan lebih sulit dijangkau daripada memperoleh pelanggan yang baru. Namun dengan pengembangan pengalaman merek yang baik, konsumen akan mendapat momen tak terlupakan saat berhubungan dengan brand Anda. Pengalaman yang baik itu membuatnya percaya dan memilih brand Anda kembali untuk melakukan transaksi yang kedua, ketiga, dan seterusnya.
  • Brand produk atau jasa yang Anda tawarkan menjadi terdiferensiasi dengan baik. Meski kualitas dan harga yang Anda tawarkan sama dengan para kompetitor, di mata konsumen produk Anda tetap berbeda. Karena brand Anda memiliki nilai lebih tersendiri berkat brand experience yang Anda ciptakan.
  • Seiring berjalannya waktu, brand experience juga akan meningkatkan nilai tambah produk, menghasilkan penjualan dan potensi margin keuntungan yang lebih besar.

Jadi, sudahkan Anda menyadari betapa pentingnya menciptakan brand experience ini? Jika sudah, kini saatnya Anda mulai menyusun strategi pengembangan brand experience bisnis Anda. Kami – Grapiku pun siap membantu Anda dalam merencanakan serta mengimplementasikan upaya menciptakan brand awareness utamanya dalam hal mewujudkan desain branding yang konsisten. Untuk informasi dan konsultasi mengenai strategi marketing dan branding terbaik silahkan hubungi 081281718100 sekarang juga!