Skip links

Manfaat Website Bagi Pelaku Bisnis Masa Kini

Di era digital kini, mungkin Anda berpikir bahwa memiliki media sosial sudah cukup mewakili bisnis Anda di internet. Namun tahukah Anda, kini semakin banyak bisnis yang juga berlomba-lomba tumbuh berkembang dan menguatkan posisi di pasar online dengan memiliki sebuah website. Mengapa demikian? Apa saja manfaat website bagi pelaku bisnis masa kini sehingga banyak pebisnis yang go online dengan website? 

Memahami pentingnya Go Online bagi bisnis

“If your business is not on the internet then your business will be out of business” (Bill Gates, pendiri Microsoft). 

Kutipan tersebut dengan jelas menyatakan bahwa baik Anda menjalankan bisnis skala kecil, menengah, atau sebuah perusahaan, memastikan keberadaan bisnis di ranah online merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya, di era teknologi digital saat ini semua hal mudah untuk saling terhubung satu sama lain melalui internet. Setiap hari, jam, menit, bahkan detik jutaan orang selalu mengakses internet untuk mencari informasi tentang segala sesuatu. Oleh karena itu, jika Anda tidak turut memanfaatkan internet dengan menjalankan bisnis Anda secara online. Maka banyak peluang potensial akan hilang dari genggaman hingga membuat bisnis Anda terlihat usang karena dianggap tidak mengikuti perkembangan zaman.

Website sebagai salah satu media paling efektif untuk bisnis online

Website merupakan salah satu elemen terpenting dari internet. Singkatnya, website menjadi media yang memungkinkan terjadinya pertukaran informasi seperti teks, gambar, audio, video, animasi, dll yang dapat diakses pengguna kapan dan dimana saja yang terhubung dengan internet.

Website terbilang efektif untuk dijadikan media pemasaran bisnis karena konten yang bisa dipublish sangatlah beragam jenisnya. Selain itu ia juga bisa dioptimasi ke mesin pencari seperti Google secara organik maupun dengan jasa Google Ads. Sehingga dengan keyword pencarian tertentu website tersebut pun bisa tampil di halaman hasil pencarian yang berpotensi terlihat oleh para calon konsumen.

Manfaat website bagi pelaku bisnis masa kini

Jika Anda masih bertanya-tanya tentang perlukah Anda memiliki website setelah memahami beberapa keunggulan website efektif untuk bisnis diatas. Selanjutnya Anda dapat melihat manfaat website berikut ini:

  • Menjangkau lingkup pasar baru yang lebih luas

Manfaat website bagi pelaku bisnis masa kini yang pertama yaitu dapat mendorong perluasan pasar/ jangkauan konsumen baru. Setiap perusahaan pasti ingin sukses secara berkelanjutan. Maka selain berusaha mempertahankan pelanggan yang telah ada, untuk mendorong kesuksesan ini Anda perlu menarik audiens baru agar menjadi pelanggan Anda. Dan salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan membuat website terlihat di mesin pencari terpopuler seperti Google.

Memiliki website yang dioptimalkan dengan baik dapat membantu peringkat bisnis Anda menempati urutan teratas hasil pencarian untuk berbagai istilah pencarian (keyword/ kata kunci). Anda mungkin bisa menargetkan keyword konten web Anda berdasarkan daerah yang belum terjamah oleh strategi pemasaran yang telah Anda lakukan sebelumnya.

  • Meningkatkan kredibilitas bisnis Anda

Kredibilitas merupakan hal yang sangat penting dalam membangun bisnis, ini berkaitan dengan membangun citra baik, sifat amanah dan profesional bisnis di mata konsumen. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak konsumen yang kian mempertimbangkan faktor kredibilitas ini dari suatu bisnis sebagai bentuk kehati-hatian terhadap maraknya kasus penipuan saat transaksi online. Oleh karenanya penting untuk meningkatkan kredibilitas bisnis untuk membuat konsumen lebih percaya dengan bisnis Anda.

Meningkatkan kredibilitas tidak cukup hanya dengan memastikan kualitas produk atau layanan Anda semaksimal mungkin dengan harapan dapat memuaskan konsumen. Namun banyak sekali upaya-upaya pendukung lain yang dapat dilakukan, salah satunya melalui sisi strategi pemasaran website.

Sebagian konsumen saat ini menganggap website membuat suatu bisnis lebih kredibel daripada perusahaan yang hanya memiliki profil media sosial. Pasalnya, membuat dan mengelola website tidak semudah mengelola media sosial. Selain itu, memiliki website company profile maupun website toko online bisnis Anda sendiri juga memungkinkan Anda bisa membuat alamat email bisnis (misalnya layanan@grapiku.com). Dengan email seperti ini maka bisnis Anda pun bisa semakin dipercaya konsumen.

  • Memudahkan konsumen mendapat informasi secara praktis

Sama halnya dengan media sosial, website juga bisa diakses kapanpun dan dimanapun oleh siapa saja yang memiliki akses internet. Namun ketika Anda hanya mempublikasikan semua informasi terkait bisnis Anda di media sosial. Maka otomatis yang bisa mengakses informasi tersebut hanya dari kalangan pengguna media sosial tersebut saja. Sebab kebanyakan aturan aplikasi media sosial mengharuskan menjadi pengguna/ memiliki akun terlebih dahulu untuk bisa mengakses informasi yang dibagikan di dalamnya. 

Padahal tidak semua orang memiliki akun media sosial dan tidak semua orang mau bersusah payah untuk membuat akun terlebih dahulu hanya demi mengakses satu dua informasi dari Anda. Demikian ini membuat mereka akan berpaling dari bisnis Anda. Sebaliknya, Anda bisa menyajikan segala informasi pada website. Informasi yang tersaji dalam website Anda sendiri memiliki aksesibilitas yang lebih mudah, praktis, tidak ribet, tanpa perlu akun akses, dsb tergantung aturan dan kebijakan situs yang Anda kehendaki.

Serta pada website umumnya informasi profil perusahaan disajikan lebih lengkap dan terstruktur dalam menu-menu tertentu, fitur pencarian, penyaringan informasi, dll. Sehingga konsumen dapat menemukan informasi yang mereka cari dengan cepat tanpa kesulitan.

  • Memberikan kehadiran secara online 24/7 setiap harinya

Saat ini orang suka berbelanja online tanpa mengenal waktu & tempat. Bisa saja mereka belanja pada jam-jam kerja, beberapa menit pada jam istirahat, ketika tengah malam, pagi hari dll. Keberadaan website sangat bermanfaat untuk memberikan kehadiran online bagi bisnis Anda selama 24/7. Dan ini tidak memerlukan asisten toko yang aktif di luar jam kerja pada umumnya untuk membantu pelanggan mempelajari berbagai produk dan layanan. Pada dini hari pun, konsumen akan merasa mendapatkan pelayanan dari Anda karena semua informasi yang ia butuhkan telah tersedia dalam halaman web yang mudah dinavigasi.

  • Menghemat biaya pengeluaran

Memiliki website juga dapat bermanfaat memangkas biaya operasional yang besar (biaya sewa toko fisik, gaji staff, tagihan utilitas, dll). Serta disaat yang sama juga mampu menghemat anggaran penyebaran informasi dengan cara konvensional seperti, melalui brosur atau selebaran, memasang spanduk, iklan billboard, dsb. Dengan berbagai macam penghematan biaya ini, maka akan memungkinkan Anda untuk memanajemen harga sedemikian rupa dan memberikan bisnis Anda keunggulan kompetitif yang nyata.

Ambil manfaat website untuk bisnis Anda segera!

Demikian 5 manfaat website bagi para pelaku bisnis masa kini. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat website yang belum kami sebutkan. Semoga dilain kesempatan dapat kami lanjut/ tambahkan manfaat-manfaat yang lainnya. Dengan informasi yang sedikit ini, kami harap Anda bisa memahami betapa besarnya manfaat website bagi kemajuan sebuah bisnis.

Dan apabila Anda masih bingung atau ragu membuat website karena alasan seperti ‘‘Saya bukan orang IT jadi tidak paham soal website’, ‘harga website itu mahal’, ‘saya tidak punya waktu untuk itu’, dan alasan lainnya. Maka disini kami ingin membantu Anda membangun website bisnis Anda. Anda hanya perlu menyampaikan tujuan Anda kepada kami. Kami siap memberikan konsultasi gratis untuk mencari solusi efektif dengan website terbaik dan digital marketing lainnya yang paling ideal sesuai kebutuhan Anda. Ayo lejitkan bisnismu dengan strategi pemasaran digital jitu bersama Grapiku!