Skip links

Jasa Konsultan Digital Marketing, Perlukah Menggunakannya?

Perlukah Menggunakan Jasa Konsultan Digital Marketing? – Saat ini tren jual beli semakin bergeser ke ranah online. Sehingga mau tak mau tentu memaksa bagi para pebisnis yang ingin memasarkan produk (barang/ jasa) juga harus mampu mengikuti perkembangan model jual beli tersebut. Namun, untuk merambah dunia online atau ranah digital ada banyak hal yang dipersiapkan. Hal ini karena transaksi berlangsung tanpa harus bertatap muka secara langsung. 

Sehingga bagaimana cara Anda berkomunikasi menjadi hal yang penting diperhatikan, dimana penyampaiannya harus efektif dan efisien. Agar audiens dapat menangkap pesan dengan baik dan tidak ada miskomunikasi. Selain itu, jika pemasaran digital dilakukan secara asal, maka kampanye iklan pun akan menjadi sia-sia. Entah karena kurang menariknya kualitas konten yang Anda sampaikan maupun ketidaktepatan sasaran audiens yang Anda tuju. 

Dalam hal ini, Anda harus memiliki tim yang terdiri dari orang-orang yang handal bukan hanya di bidang pemasaran saja. Tetapi juga dalam bidang teknologi informasi sekaligus komunikasi visual. Cukup kompleks bukan?

Untungnya, saat ini terdapat jasa konsultan digital marketing yang dapat membantu memasarkan bisnis Anda secara efektif untuk mendapatkan lebih banyak prospek dan pelanggan di ranah online. 

Pengertian konsultan digital marketing

Konsultan digital marketing atau konsultan pemasaran digital (bahasa Inggris: digital marketing consultant) adalah penasehat eksternal yang berspesialisasi dalam memanfaatkan saluran pemasaran online untuk menghasilkan prospek dan meningkatkan konversi penjualan.

Secara garis besar, konsultan digital marketing ini dapat secara memadai memilih saluran pemasaran yang tepat berdasarkan produk dan audiens target Anda. Kemampuan tersebut tentu sangat penting agar bisnis Anda dapat meluncurkan kampanye pemasaran online dengan praktik terbaik dan berkualitas. Sehingga dengannya Anda bisa meningkatkan kesadaran merek dan produk Anda secara keseluruhan. Lalu pada akhinrya menghasilkan prospek yang berkualitas, dan mengonversi lebih banyak penjualan.

Apa peran atau pekerjaan jasa konsultan digital marketing sebagai mitra bisnis?

Menganalisis situasi suatu bisnis

Segala pengambilan keputusan di area bisnis tentu harus dilakukan setelah proses analisis situasi. Pasalnya, sebuah permasalahan bisa diselesaikan dengan benar hanya jika diatasi dengan strategi yang tepat dan tidak terburu-buru. Analisis situasi sendiri adalah proses yang membantu mengidentifikasi tantangan dan peluang serta menggunakannya untuk menentukan ruang lingkup masalah.

Disini Anda sebagai pemilik bisnis harus menjelaskan apa saja permasalahan dan yang menjadi hambatan dalam menjalankan bisnis. Kemudian, para konsultan akan menggali akar masalah dari permasalahan dan hambatan-hambatan bisnis Anda tersebut.

Menentukan tujuan pemasaran

Setelah konsultan menyelesaikan tahap pertama yakni menganalisa situasi bisnis Anda, selanjutnya mereka dapat menggunakan temuannya untuk membantu Anda menentukan tujuan pemasaran yang Anda butuhkan.

Contohnya, permasalahan bisnis Anda saat ini adalah penurunan jumlah pelanggan akibat adanya para pesaing baru. Setelah diusut ternyata salah satunya dikarenakan oleh kurangnya kehadiran bisnis Anda di mesin pencari, sementara para audiens target bahkan kompetitor Anda telah sibuk di lalu lintas itu. Maka target atau tujuan yang dapat dipilih adalah untuk totalitas menunjukkan kehadiran online terutama di mesin pencari untuk meningkatkan pengunjung dan menarik pembelian.

Merumuskan strategi yang tepat

Ketika tujuan pemasaran sudah ditentukan, maka selanjutnya konsultan akan merumuskan strategi dan cara yang paling tepat untuk merealisasikan dan mencapai tujuan tersebut.

Misalkan, dengan tujuan bisnis yang telah disebutkan dalam poin sebelumnya maka konsultan dapat merumuskan bahwa bisnis Anda harus melakukan promosi di Google dengan menggunakan sebuah website company profile, website toko online, maupun jenis website lainnya. Lalu mengoptimalkan website tersebut dengan optimasi SEO, iklan Google Ads, dsb.

Perumusan beberapa strategi secara bersamaan hingga terlihat kompleks ini merupakan hal yang lumrah agar tujuan dapat tercapai dengan lebih cepat dan optimal.

Mengeksekusi dan mengevaluasi strategi yang telah dijalankan

Setelah itu konsultan bersama tim handalnya akan menerjemahkan strategi ke dalam aksi dengan menjabarkan strategi tersebut ke dalam serangkaian aktivitas kegiatan. Perlu Anda ingat, bahwa pemasaran digital membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk melihat hasil yang diinginkan. 

Seperti saat sudah merilis website baru, jangan berharap untuk segera melihat peningkatan keterlibatan audiens dan penjualan secara. Bicara tentang digital marketing terlebih untuk kampanye yang sifatnya organik maka tidak bisa terlepas dengan yang namanya proses secara bertahap. 

Berawal dari hal itulah konsultan tidak akan lepas tangan begitu saja setelah strategi dilakukan. Akan tetapi mereka akan terus memantau setiap perkembangan strategi. Dan dalam beberapa kurun waktu tertentu mereka akan mengevaluasi efektivitas dari strategi yang diterapkan dan memberikan laporan hasil kepada Anda. 

Dengan laporan yang dievaluasi secara tepat dan akurat maka Anda pun bisa mengetahui jika sekiranya masih terdapat hal yang kurang memuaskan. Maka ini bisa menjadi target baru dikemudian hari untuk dilakukan perbaikan atau pengoptimalan lagi demi mencapai tujuan yang menguntungkan bisnis Anda.

Keuntungan atau manfaat ketika menggunakan jasa konsultan digital marketing

Melihat apa yang dikerjakan oleh jasa konsultan digital marketing diatas, tentu sangat masuk akal untuk bekerja sama dengannya. Dan berikut adalah 6 manfaat atau keuntungan jasa konsultan digital marketing berpengalaman untuk menangani strategi digital Anda.

Bisa lebih tenang karena semuanya ditangani oleh para profesional

Ketika Anda melakukan strategi digital marketing sendiri, Anda mungkin akan mempunyai terlalu banyak bekerja. Dan mempekerjakan karyawan penuh waktu akan relatif lebih mahal. Bahkan jika karyawan tersebut tidak berpengalaman, Anda masih harus melatihnya yang juga akan menambah tenaga dan biaya. 

Tetapi, ketika Anda menyewa jasa konsultan pemasaran digital, maka Anda tidak perlu khawatir karena tentunya konsultan telah mempekerjakan sekumpulan orang yang sangat terampil yang memiliki akses ke perangkat lunak, data analitik unggul dan solusi terbaik yang dapat saling mendukung. Sehingga mereka dapat membantu bisnis Anda meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan kinerja. Serta memberikan kepastian yang lebih besar bahwa kampanye dan tujuan disampaikan tepat waktu.

Membuat Anda lebih fokus pada prioritas bisnis

Tentunya kurang efektif jika Anda harus membagi fokus antara marketing dengan melakukan pekerjaan manajemen lain seperti menciptakan produk/ layanan yang berkualitas dan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Ingat, jika waktu dan energi Anda terbatas maka melakukan segalanya sendiri hanya akan menambah beban Anda dan tim Anda. Oleh karenanya, bermitra dengan konsultan dapat memberi Anda lebih banyak waktu untuk fokus pada bidang lain di bisnis Anda.

Meningkatkan ROI (Return of Investment)

Saat Anda melakukan kampanye iklan dengan konsultan pemasaran digital, itu berarti Anda juga membayar mereka untuk membuat iklan Anda terlihat lebih baik dan menjangkau lebih banyak calon pelanggan.



Anda mungkin berpikir pembayaran itu adalah sebuah beban biaya, tetapi sebenarnya ini adalah investasi. Jika Anda menyewa konsultan atau agensi pemasaran digital yang hebat, mereka akan mengoptimalkan iklan agar mampu menambah Return of Investment  atau ROI yang bisnis Anda tetapkan.

Mendapat wawasan/ laporan yang lengkap

Keuntungan menyewa konsultan digital marketing selanjutnya adalah Anda dapat melihat sendiri laporan rutin melalui perangkat lunak canggih. Ataupun menerimanya dalam bentuk dokumen tertentu yang menunjukkan di mana Anda unggul dalam upaya pemasaran Anda, dan di mana Anda dapat meningkatkan.

Menghemat budget marketing

Ketika membandingkan biaya operasi karyawan internal dengan biaya konsultan, Anda akan terkejut mengetahui bahwa menyewa konsultan dari waktu ke waktu umumnya jauh lebih murah. Pasalnya, konsultan bekerja sebagai kontraktor independen yang menawarkan biaya per proyek. Sehingga Anda tidak perlu memberikan biaya berulang meliputi tunjangan, biaya kesehatan, dan gaji seperti ketika mempekerjakan karyawan penuh waktu.

Mendapat pemahaman tentang digital marketing

Ketika Anda menyewa konsultan digital marketing tidak ada salahnya untuk menanyakan beberapa hal terkait digital marketing. Terutama yang bisa berguna untuk controlling bisnis Anda.

Seorang konsultan digital marketing pasti tidak akan keberatan untuk mengajari Anda tentang beberapa teknis dasar digital marketing untuk mempertahankan hasil kerjanya ketika nanti kontrak kerjasama telah berakhir.

Tips memilih konsultan digital marketing yang tepat

Dengan memahami apa tugas serta manfaat/ keuntungan jasa konsultan digital marketing, Anda kini sudah tahu betapa perlunya Anda menggunakan jasa konsultan digital marketing ini. Namun, jangan terburu-buru! Sebelum Anda mencari konsultan untuk bekerja sama, sebaiknya pertimbangkan tips memiliki konsultan digital marketing yang tepat di bawah ini. Sebab ada banyak konsultan di luar sana, tetapi tidak semuanya akan menawarkan apa yang mereka klaim.

Jangan tergiur harga murah dan proses instan

Seperti yang sudah kami singgung di atas, pemasaran digital adalah proses yang cenderung berproses lambat dan berkelanjutan. Jadi pilihlah perusahaan yang tepat. Kesampingkan konsultan yang menjanjikan hasil instan atau cepat karena bisa saja mereka menggunakan teknik-teknik yang melanggar kebijakan suatu platform digital sehingga bisa berdampak buruk kedepannya bagi bisnis Anda.

Gali rekam jejak atau pengalaman konsultan

Rekam jejak adalah sesuatu yang harus selalu Anda perhatikan sebelum memutuskan siapa yang akan Anda pekerjakan. Coba gali atau cari tahu tentang pengalaman mereka di  industri ini, apa saja spesialisasinya.

Jika perlu, Anda dapat meminta laporan proyek mereka di masa lalu dan saat ini untuk memeriksa kinerja mereka. Juga, amati kinerja online dari pemasaran konsultan itu sendiri. Seperti ketika mereka mudah ditemukan di mesin pencari, maka ini bisa menjadi sinyal bahwa mereka memang memiliki kemampuan yang mumpuni.

Cek ketanggapan customer service

Mendapatkan pelayanan yang terbaik terutama dalam memperoleh jawaban atas pertanyaan-pertanyaan merupakan hal yang paling diinginkan oleh setiap klien. Begitupun saat menggunakan jasa agensi digital marketing. Saat berkomunikasi dengan mereka, perhatikan apakah layanan yang mereka berikan memuaskan atau justru membuat Anda tidak nyaman ketika berkomunikasi dengan mereka.

Cari jasa konsultan digital marketing yang profesional dan kredibel? Grapiku jawabannya!

Tanpa perlu buang waktu, Anda bisa melakukan pemasaran dengan lebih efisien dan efektif sekarang juga dengan memilih Grapiku sebagai konsultan digital marketing Anda.

Kami merupakan agensi sekaligus konsultan digital marketing yang pengalaman dan memiliki tenaga profesional yang terdiri dari para digital marketing strategist, content specialist, dan analyst yang siap mewujudkan strategi jitu untuk pertumbuhan bisnis Anda.

Kami melayani beberapa jenis layanan digital marketing. Antara lain jasa pembuatan website, jasa SEO (Search Engine Optimization), jasa Google Ads, jasa Facebook Ads. Hingga social media marketing atau admin media sosial. Anda bisa mengunjungi portfolio Grapiku untuk melihat studi kasus dan call/WhatsApp kami di  0812-8171-8100 untuk informasi lebih lanjut.