Skip links

Google Analytics: Tools Wajib untuk Tingkatkan Pemasaran Bisnis

Di era yang sudah serba digital seperti sekarang ini, tidak bisa dipungkiri bahwa analisis data memiliki andil yang penting bagi industri komersial. Analisis data akan memudahkan suatu bisnis untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih akurat dan memuaskan daripada sebelumnya. Jenis kegiatan analisis data dalam bisnis ini sendiri pun beragam, termasuk didalamnya melakukan web analytics/ menganalisis kinerja sebuah website menggunakan Google Analytics.

Sekilas tentang web analytics

Secara umum, web analytics merupakan proses mengumpulkan data, mengukur, dan menganalisa statistik lalu lintas yang terjadi pada sebuah website. Yang tujuannya untuk memperoleh data yang akan berguna dalam pengambilan keputusan tepat dalam rangka meningkatkan hasil proses bisnis.

Namun untuk bisa meraih tujuan tersebut, tentunya diperlukan sebuah tools yang memiliki kemampuan dan fitur web analytics nan canggih dan interaktif. Adapun satu dari banyaknya tools web analytics yang ada, tools yang terpopuler dan banyak digunakan pebisnis untuk menganalisis websitenya adalah Google Analytics. Dengan tools Google Analytics ini, Anda bisa menganalisa data website dan mendapatkan hasil laporan dengan segera.

Apa itu Google Analytics?

Dilansir dari Techopedia, Google Analytics (GA) adalah sebuah software (perangkat lunak) analisis lalu lintas website berbasis cloud yang menyediakan statistik kinerja website. Software yang dirilis oleh Google pada tahun 2005 dan bisa digunakan secara gratis ini memiliki segudang fitur yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan potensi bisnis dari website.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengakses website Google Analytics. Lalu membuat akun dan melakukan pendaftaran dengan akun Google.

Fungsi Google Analytic

Google Analytics telah menjadi tools yang sangat berharga bagi bisnis online yang memiliki website sebagai alat pemasarannya. Keberadaannya terbukti mumpuni dalam membantu mengembangkan sebuah bisnis ke tingkat berikutnya yang mana data yang dihasilkan dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan sebelum menginvestasikan lebih besar anggaran pemasaran ke dalam kampanye dan iklan online.

Mengenai fungsi dari Google Analytic secara umum adalah mendapatkan informasi terkait aktivitas pengunjung website dengan melacak halaman pengacu. Meliputi media sosial, mesin pencari, email, iklan, jaringan pay-per-click, hingga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF, dan media digital lainnya.

Google Analytics juga mengumpulkan data mengenai kinerja Search Engine Optimization (SEO) website pada mesin pencarian Google, seperti efektivitas kata kunci dan kepopuleran artikel blog. Lalu menampilkannya dengan tampilan pelaporan yang mudah dimanfaatkan dan dibagikan. 

Manfaat menggunakan Google Analytics

Adapun manfaat yang bisa Anda dapat ketika menggunakan Google Analytics di antaranya sebagai berikut:

Melacak trafik website dengan mudah

Melihat bagaimana orang bisa menemukan website Anda adalah landasan penting dari strategi pemasaran online yang sangat baik untuk pertumbuhan bisnis. Google Analytics bisa melakukan hal tersebut.

Ia dapat menunjukkan dengan tepat sumber trafik website mana saja yang mendatangkan visitor, lengkap dengan frekuensinya. Dengan data ini, Anda bisa menemukan saluran pemasaran terbaik yang mendatangkan trafik paling banyak dan mana saluran yang memberikan andil paling kecil. 

Itu artinya, Anda bisa membuat keputusan cara mengembangkan bisnis Anda dengan memilih saluran mana yang perlu dijadikan fokus dan dioptimasi lebih maksimal untuk mendatangkan keuntungan.

Beberapa jenis sumber utama trafik/ lalu lintas website Google Analytics adalah sebagai berikut:

  • Organik: Lalu lintas dari mesin pencari ketika seseorang mengetikkan kata kunci tertentu.
  • Sosial: Lalu lintas dari platform media sosial. Bisa berasal dari klik tautan pada bio Instagram, deskripsi video YouTube, postingan Facebook, dll.
  • Referal/ rujukan: Ketika orang mengunjungi website Anda dengan mengklik link yang terdapat di website lain.
  • Direct/ langsung: Kunjungan secara langsung ke website Anda, yaitu ketika pengunjung mengetik langsung URL di browser karena sudah tahu nama domainnya.
  • Email: Lalu Lintas website yang berasal dari tautan link email pemasaran.
  • Paid/ berbayar: Jenis trafik yang berasal dari iklan berbayar mesin pencari seperti Google Ads.
  • Lainnya: Kunjungan website yang bisa berasal dari kampanye khusus.

Memahami perilaku pengunjung

Setiap orang memiliki tindakan yang berbeda-beda ketika mereka mengunjungi sebuah website. Ada yang betah berlama-lama untuk menelusuri setiap menu dan halamannya, ada juga yang berinteraksi melalui fitur live chat, melakukan pembelian. Ada juga yang meninggalkan website secepat mungkin tanpa diikuti tindakan apapun dalam website. 

Nah, Google Analytics akan membantu Anda memahami tentang hal tersebut terkait bagaimana pengunjung menggunakan website Anda. Hal ini sama pentingnya dengan mengetahui data sumber trafik. Karena data perilaku pengunjung juga menjadi salah satu tolok ukur untuk mengoptimalkan kinerja situs web.

Berikut ini beberapa macam data perilaku pengunjung yang dapat Anda manfaatkan:

  • Pengunjung unik dan pengunjung lama. Disini Anda bisa mengetahui berapa jumlah pengunjung setia Anda sekaligus jumlah pengunjung unik atau yang baru pertama kali mengunjungi website.
  • Bounce rate. Adalah persentase pengunjung yang langsung meninggalkan website setelah membuka satu halaman saja, tanpa melakukan tindakan lainnya.
  • Aliran perilaku. Dengannya Anda dapat mengetahui bagaimana pengunjung menavigasikan website Anda, halaman apa saja yang mereka buka, dan pada halaman apa mereka berhenti/ keluar dari website Anda. Ini sangat bermanfaat untuk melacak penurunan di setiap langkah dan mengetahui di halaman mana Anda kehilangan pengunjung terbanyak.
  • Engagement dan kualitas sesi. Secara garis besar Anda bisa mendapatkan data tentang durasi pengunjung berada di sebuah halaman website. Selain itu mendapatkan jumlah halaman yang pengunjung buka dalam satu sesi. 

Mengetahui informasi demografi pengunjung

Tidak cukup sampai disitu, selain dapat merekam data sumber trafik dan perilaku pengunjung, Google Analytics juga mampu memberikan informasi spesifik terkait demografi pengunjung. Demografi pengunjung sangat penting untuk mengetahui umur, lokasi (kota, negara), ketertarikan/ minat, jenis kelamin, dan device yang pengunjung gunakan.

Dengan mengetahui demografi tersebut, Anda bisa menilai apakah website Anda sudah menyasar target klien utama secara tepat atau belum.

Kemudian dapat Anda gunakan sebagai bahan untuk mengoptimalkan konten situs web yang sesuai dengan audiens target Anda.

Mengukur efektivitas kampanye pemasaran

Selanjutnya, Google Analytics dapat Anda gunakan untuk melihat kinerja berbagai upaya pemasaran Anda dari beberapa jenis media yang berbeda, termasuk Google Ads, SEO, dan strategi pemasaran media sosial. Data ini sudah pasti penting untuk dimiliki karena berfungsi untuk mengukur seberapa efektifkah strategi pemasaran bisnis online yang sedang Anda lakukan. 

Google Analytics akan menyajikan data yang menunjukkan efektivitas kampanye pemasaran sehingga Anda dapat mengetahui strategi kampanye mana yang mengundang dan menarik hati target audiens lebih banyak.

Tentunya data tersebut akan sangat berguna untuk jangka panjang, yaitu berguna dalam penyusunan strategi kampanye dan iklan yang lebih jitu di kemudian hari.

Mendapat laporan konversi

Google Analytics juga akan memberitahu Anda semua jenis konversi yang berdampak bagi bisnis Anda. Perlu Anda ketahui bahwa melacak konversi adalah bagian penting untuk mengukur efektivitas strategi pemasaran online yang Anda lakukan.

Konversi sendiri merupakan istilah dalam dunia pemasaran bisnis yang dipakai untuk merujuk kepada pengunjung website yang melakukan tindakan menguntungkan sebagai hasil dari strategi pemasaran yang dilakukan.

Tindakan tersebut bisa bermacam-macam. Mulai dari menjadi subscriber/ melakukan registrasi newsletter, mendaftar menjadi member, mengunduh ebook, menghubungi kontak, sampai membeli produk.

Dan ingat, semua bentuk konversi yang terjadi sangat bermanfaat untuk perkembangan bisnis Anda. Baik konversi yang langsung berdampak pada bisnis Anda, seperti penjualan. Maupun konversi yang tidak memberi dampak moneter sekalipun. Karena hal ini termasuk fase interaksi untuk meningkatkan brand awareness dan kepercayaan.

Meningkatkan kinerja website & pengalaman visitor

Pada akhirnya, manfaat terbesar dari penggunaan Google Analytics adalah untuk meningkatkan kinerja website secara optimal hingga memberi pengalaman terbaik bagi para pengunjung web. Pasalnya pengoptimalan website tentu sulit Anda lakukan tanpa mengetahui dengan jelas apa yang harus Anda optimalkan. Dengan Google Analytics, Anda dapat mengukur nilai website Anda sehingga tahu dengan jelas mana yang perlu Anda perbaiki, pertahankan dan tingkatkan.

Misalnya, jika pada laporan Google Analytics menunjukkan tingkat bounce rate dari pengunjung yang mengakses web melalui perangkat seluler lebih tinggi daripada desktop. Maka Anda bisa mengambil tindak lanjut dengan memperbaiki website agar lebih responsif dan mobile friendly. Lalu, jika Google Analytics memberitahu konten dari website Anda yang paling populer maka ini dapat membantu Anda merancang model konten serupa yang lebih baik lagi.

Penutup

Selain manfaat yang telah kami sebutkan, masih banyak sekali fitur-fitur lain dari Google Analytics yang bisa Anda eksplorasi melalui dashboardnya langsung. Demikian, semoga bermanfaat! 

Dan bagi Anda yang belum memiliki website maupun sudah ada website tetapi kinerjanya kurang maksimal, Grapiku siap membantu Anda melalui layanan jasa pembuatan website dan digital marketing (optimasi SEO web, Google Ads, dll). 

Hubungi kami sekarang juga dan konsultasikan kebutuhan layanan digital marketing apa yang Anda butuhkan!