Skip links

Fitur Website Company Profile yang Wajib Ada

Seiring dengan tingginya mobilitas masyarakat dan juga perkembangan kecepatan koneksi internet yang semakin bertambah, orang-orang menjadi lebih selektif tentang waktu yang mereka habiskan untuk berselancar di internet. Oleh karena itu, Anda sebagai pelaku bisnis juga harus memahami kebutuhan tersebut dengan menghadirkan fitur website company profile yang paling bagus dan diinginkan oleh para pengguna.

Website company profile/ website compro/ website perusahaan adalah salah satu alat pemasaran digital yang seyogyanya dimiliki oleh setiap bisnis. Seperti yang telah diketahui, website perusahaan ini menjadi bentuk kehadiran bisnis di dunia digital sehingga bisa ditemukan oleh online audiens. Tak hanya itu, adanya website compro juga dapat menciptakan kesan pertama yang baik pada calon pelanggan maupun mitra bisnis. Sehingga kredibilitas bisnis dimata para pemangku kepentingan lebih baik dibandingkan dengan bisnis yang tidak memiliki websitenya sendiri.

Akan tetapi, sekedar memiliki website saja tentu tidaklah cukup jika website tersebut tidak menawarkan fitur-fitur ideal yang menjadikannya menarik di mata para pengunjung. Maka dari itu jika Anda berencana membuat/ merancang dan mengembangkan website perusahaan Anda, berikut ini kami sajikan fitur penting website company profile yang wajib ada/ disertakan pada website Anda.

Struktur dan isi konten berkualitas

Sama seperti pada buku company profile, dalam company profile versi website Anda perlu menarik perhatian audiens, menariknya untuk betah berlama-lama menyimak informasi apa yang Anda tawarkan hingga memicu pembaca untuk melakukan tindak lanjut terhadap penawaran tersebut. Untuk mencapai hal tersebut, Anda perlu menyediakan konten yang berkualitas. Ini bisa berupa tipografi, teks, grafik, video, dan apa pun yang dapat menangkap imajinasi pengunjung Anda. Adapun konten yang berkualitas pada website compro setidaknya harus tersaji dalam:

Homepage

Homepage atau halaman beranda adalah tampilan utama sebuah website. Ini adalah halaman yang umumnya pertama kali dilihat ketika membuka website dan menjadi tempat sebagian besar kesan pertama tercipta. Selain itu, pada dasarnya halaman ini juga menjadi halaman untuk mengetahui keseluruhan isi website. Sehingga sajikan konten secara singkat dan efektif. Jadikan itu tempat yang ideal bagi pengguna untuk memahami bisnis Anda secara cepat, seperti dengan menyajikan profil singkat perusahaan, highlight produk/ layanan unggulan, blog/ berita terbaru, dll. Yang kemudian sematkan juga tombol untuk mengajak pengunjung melihat lebih detail informasi-informasi tersebut pada halaman yang berbeda.

Layanan (produk/ jasa)

Halaman layanan tidak kalah pentingnya dalam sebuah website perusahaan. Melalui halaman ini, Anda bisa menampilkan layanan Anda baik berupa produk maupun jasa yang menjadi lini perusahaan Anda. Deskripsikan tentang nama, kegunaan/ fungsi, keunggulan, spesifikasi dan berbagai informasi terkait layanan secara jelas, serta harga. Sertakan pula gambar-gambar layanan yang Anda tawarkan sehingga lebih mudah dipahami dan terlihat menarik.

Tentang perusahaan

Dalam website company profile, halaman tentang perusahaan atau sering disebut dengan ‘about us’ ini sangat penting untuk memperkenalkan dan membangun kepercayaan terhadap identitas perusahaan pemilik website. Jika Anda ingin membuat halaman about us yang baik, maka paparkan hal-hal penting seputar perusahaan yang harus pengunjung ketahui. Yaitu meliputi sejarah dan profil perusahaan, pernyataan visi dan misi, nilai-nilai inti perusahaan, legalitas, dsb. Agar tidak monoton, Anda perlu menyampaikan informasi tersebut dengan perpaduan teknik copywriting dan elemen-elemen grafis yang menggugah. Seperti penggunaan ikon, infografis, tabel, atau bahkan penyematan video.

Press release

Setiap perusahaan tentu memerlukan publikasi press release kepada khalayak umum untuk meningkatkan komunikasi dan menunjukkan proses bisnis perusahaan. Misalnya press release terkait program/ kegiatan perusahaan, prestasi terbaru yang perusahaan capai, dsb. Selain itu, press release juga bisa menjadi tempat perbandingan informasi maupun klarifikasi jika terdapat hal yang simpang siur yang tersebar di masyarakat. Sebab press release ini dikeluarkan secara resmi oleh perusahaan yang bersangkutan, sehingga memiliki kekuatan informasi yang sangat akurat.

Blog

Selain press release, Anda juga bisa menambahkan fitur blog karena blog ini menjadi sarana yang efektif untuk mendatangkan trafik pengunjung. Dalam halaman ini, Anda bisa mempublikasikan artikel edukasi, tips dan trik, fakta, dan segala informasi seputar bidang industri perusahaan Anda. Tambahkan juga kategori maupun tag pada artikel untuk mengelompokkan konten blog sehingga pengunjung lebih mudah menemukan artikel dengan tema pembahasan yang serupa.

Hasil karya/ portofolio

Agar para pemangku kepentingan semakin tertarik dan mempercayai kinerja perusahaan Anda. Anda bisa memanfaatkan fitur portofolio untuk menampilkan kemampuan dan/atau hasil pekerjaan yang telah perusahaan Anda tangani. Gunakan gambar berkualitas tinggi yang diambil secara profesional untuk mewakili setiap produk/ jasa. Deskripsikan juga hasil kerja tersebut dengan menyertakan informasi seperti nama klien, jenis layanan, tahun, studi kasus dll. 

Kontak

Fitur yang satu ini mungkin sudah tampak jelas. Ya, Anda perlu menempatkan kontak bisnis Anda mencakup data nama perusahaan, alamat, nomor telepon, fax, hingga formulir pertanyaan maupun kritik dan saran. Fitur ini berguna untuk memudahkan pengunjung web melakukan tindak lanjut terhadap bisnis Anda. Entah itu melakukan pemesanan, meminta penawaran, maupun mengadakan kerja sama dalam bentuk lainnya.



Sama seperti ketika seseorang membaca buku company profile yang akan membuka bagian belakang untuk menemukan kontak perusahaan. Kebanyakan orang juga memahami bahwa tempat terbaik untuk menemukan informasi kontak website adalah pada bagian menu kontak dan bagian footer.

CTA

Mengubah pengunjung website menjadi konsumen atau prospek adalah salah satu tujuan penting dibuatnya website bagi perusahaan. Untuk mencapai itu, Anda harus memikirkan tentang tindakan apa yang Anda ingin pengunjung lakukan setelah mereka mendarat di website Anda. Tindakan itu mungkin berupa melakukan pembelian, mengirimkan formulir kontak, atau bahkan berlangganan buletin. Apapun yang Anda ingin untuk pengunjung lakukan, beritahu mereka melalui ajakan bertindak atau yang biasa disebut dengan CTA (Call To Action). Anda bisa membuat CTA bersifat langsung seperti tombol yang bertuliskan “Beli Sekarang” atau yang lebih lembut seperti “Baca Selengkapnya”.

Website yang memiliki navigasi mudah memberi pengunjung akses yang lebih mudah pula, cepat dan efisien untuk bermanuver antar halaman yang mereka inginkan. Mudah tidaknya navigasi website ini bisa terwujud dari berbagai upaya, termasuk membuat struktur menu yang jelas dan runtut. Lalu penyematan hyperlink dari halaman-halaman populer pada bagian footer. Selain itu, Anda juga bisa menyediakan kolom pencarian atau search bar untuk memudahkan pengunjung dalam menemukan apa yang mereka cari.

Responsive/ mobile friendly

Fitur website company profile selanjutnya adalah harus responive. Saat mengembangkan website, ingatlah selalu bahwa terdapat kemungkinan pengunjung akan menggunakan perangkat yang berbeda-beda untuk mengakses website Anda. Oleh karena itu, pastikan website Anda responsive dan mobile friendly. Website yang responsive  dan mobile friendly berarti website tersebut dapat merespon dan menyesuaikan konten berdasarkan ukuran layar perangkat yang user gunakan. Baik ketika user membuka website menggunakan laptop 14 inch, tablet, layar smartphone 4 inch, 6 inch, dst konten website dapat termuat dengan sempurna/ tidak ada yang terpotong.

SEO friendly

Selain perlu tampil bagus di mata pengunjung, ternyata website juga perlu bagus dari sisi penilaian mesin pencari, terutama Google. Ya, dalam pengembangan website Anda harus memperhatikan kaidah-kaidah SEO jika Anda ingin website Anda bisa bersaing dengan web lain untuk menempati urutan terbaik. Beberapa upaya untuk membuat website yang SEO friendly antara lain dengan cara menggunakan keyword yang berkualitas, mencantumkan title tags dan meta description yang tepat, membuat konten orisinil, memiliki struktur URL yang ringkas, dan masih banyak lainnya.

Pemuatan ringan/ loading cepat

Setelah konten, desain, navigasi dan seluruh elemen website terpenuhi dengan baik, ternyata tidak akan begitu berarti  jika waktu kecepatan loading (pemuatan) website terasa berat dan lambat. Pasalnya, kebanyakan orang ingin segera mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat. Apabila website Anda begitu lambat maka ini dapat memicu pengunjung langsung meninggalkan website Anda dan tidak akan pernah berkunjung kembali.

Sehingga sudah menjadi keharusan untuk mengoptimasi kinerja website agar dapat termuat dengan cepat dan mulus. Website yang ringan dan loading cepat juga termasuk dalam website yang bagus di mata mesin pencari. Sehingga semakin cepat loading website Anda maka semakin besar pula kesempatan website Anda untuk meraih peringkat terbaik.

Kesimpulan

Itulah beberapa fitur website company profile yang harus ada dalam website Anda. Mendapatkan website yang bagus secara keseluruhan memang menjadi tugas yang menantang. Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan, mulai dari kualitas konten, estetika desain, tata letak, navigasi, optimasi SEO, dan lainnya. 

Kabar baiknya, Grapiku memiliki kapasitas untuk menghasilkan website company profile yang berkualitas dan bagus dari berbagai aspek. Baik dari segi desain, fungsional, keamanan, hingga performa. Jangan ragu dan tunda lebih lama lagi, hubungi kami sekarang juga! Grapiku siap melayani Anda untuk konsultasi gratis mengenai kebutuhan website Anda, serta memberikan solusi efektifnya dengan harga penawaran yang kompetitif.