Skip links

Cara Meningkatkan Branding Website

Dengan perkembangan teknologi banyak aktivitas yang dapat dilakukan secara online melalui internet, salah satunya yaitu berbisnis. Banyak orang berlomba-lomba membangun bisnis onlinenya sendiri dengan membuat website. Hal ini dikarenakan jangkauan pemasaran yang luas dan dapat menghasilkan keuntungan tinggi. Namun, bagaimana cara meningkatkan branding website?

Tenang saja, Anda sudah berada di artikel yang tepat! Karena kali ini kami akan membahas secara detail cara meningkatkan branding website. Tanpa berlama-lama lagi yuk simak artikelnya sampai selesai ya!

Analisis Website Anda

Cara pertama yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan branding website yaitu analisis website Anda. Analisis website adalah upaya yang dilakukan untuk mengetahui, menganalisis, serta menguji kinerja website baik berdasarkan teknik optimasi, kecepatan, lalu lintas, dan juga kompetitor. Website dapat memperoleh manfaat dari analisis situs web tersebut apabila dalam hasilnya terdapat kesalahan dan harus diperbaiki.

Melakukan analisis website yang benar-benar membantu meningkatkan kinerja situs web Anda bukanlah proses satu langkah. Anda membutuhkan banyak informasi yang dapat digunakan sebagai data dalam menganalisis website. Anda harus pintar dalam memahami data yang ada dan melakukan proses analisis website untuk membuat perubahan berdasarkan data tersebut.

Banyak tool yang dapat Anda gunakan untuk menganalisis website, seperti tools analisis performa website (UX), tools analisis SEO website, dan lain sebagainya. Kegunaan atau fungsi dari dilakukannya analisis website yaitu agar dapat mendiagnosa seefektif apa tampilan situs web Anda. Analisis website bertujuan untuk mengetahui JavaScript, ada atau tidak ada bug, atau hal-hal lainnya yang mengganggu kunjungan audiens/ konsumen. Contohnya data yang menunjukkan website Anda lambat, maka Anda dapat memperbaiki hal tersebut dan membuat website berjalan lebih cepat.

Memasang Plugin Customer Service

Plugin adalah software dengan fungsi tertentu yang memungkinkan program untuk menjalankan fitur tambahan di program tersebut tanpa mengubah program itu sendiri. Nah, memasang plugin customer service adalah salah satu cara untuk meningkatkan branding website. Selain itu, dengan menggunakan plugin customer service seperti live chat 24 jam juga dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda.

Live chat menawarkan kemudahan dalam berkomunikasi, mudah diakses, dan sederhana. Live chat dapat menjadi alat untuk menaikkan performa bisnis Anda dan tentu saja reputasi brand yang Anda tawarkan. Cara meningkatkan branding website dengan menggunakan live chat ini patut Anda coba, karena menawarkan banyak kelebihan seperti :

a. Memudahkan pelanggan untuk berkomunikasi.
b. Lebih cepat dalam merespon.
c. Website terlihat lebih profesional.
d. Meningkatkan konversi.

Memasang plugin customer service terutama menggunakan plugin live chat adalah metode yang harus Anda coba untuk meningkatkan kualitas di dalam pelayanan. Saat ini ada banyak plugin live chat yang dapat Anda gunakan, baik itu gratis maupun berbayar. Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

Menggunakan Bot Customer Service

Saat ini teknologi sudah semakin canggih, maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan hal tersebut, termasuk untuk urusan bisnis. Nah, cara memanfaatkan teknologi untuk urusan bisnis termasuk juga meningkatkan branding website yaitu Anda dapat menggunakan bot customer service. Dalam dunia customer service atau layanan pelanggan, Anda dapat menggunakan bot customer service atau chatbot untuk berinteraksi dengan pelanggan.

Chatbot adalah program komputer berbasis Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan yang dirancang untuk mensimulasikan percakapan intelektual dengan satu atau lebih manusia baik secara audio maupun teks. Mengapa menggunakan chatbot adalah salah satu cara untuk meningkatkan branding website? Hal ini dikarenakan chatbot dapat berkomunikasi secara alami seperti yang dilakukan agen manusia dan menyelesaikan pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh pelanggan atau konsumen.

Penggunaan chatbot ini sangat efektif untuk membantu customer service karena apabila pelanggan atau konsumen mengajukan pertanyaan yang mendasar chatbot akan langsung menjawabnya tanpa harus menunggu customer service. Chatbot juga dapat membantu perusahaan dengan agen manusia terbatas untuk tetap menjaga pengalaman pelanggan atau konsumen. Tidak hanya itu, banyak keuntungan yang didapatkan dari penggunaan chatbot diantaranya yaitu :

a. Membantu meningkatkan penjualan.
b. Menghemat waktu.
c. Menekan biaya operasional.
d. Mengurangi kesalahan customer service.
e. Memberikan pelanggan atau konsumen pengalaman baru dalam berbelanja.
f. Memudahkan dan menghemat waktu pelanggan atau konsumen.

Menganalisis Perilaku Pengunjung Website

Cara meningkatkan branding website berikutnya yaitu menganalisis perilaku pengunjung website. Perilaku pengunjung Anda tergantung pada tampilan yang mereka lihat. Apabila pengunjung menelusuri website Anda, pasti mereka memperhatikan desain, kemudahan navigasi, konten, daya tarik visual, dan semua rincian lainnya yang mereka dapat melihatnya.

Jika website Anda cukup menarik , maka mereka akan melanjutkan browsing dari halaman satu ke halaman website Anda yang lain untuk mencari informasi lebih lanjut. Dan sebaliknya, apabila website Anda tidak memiliki apa yang mereka perlukan maka pengunjung website akan pergi dari website Anda sebelum mereka mengerti website Anda menjelaskan tentang apa. Nah, dengan mengetahui perilaku pengunjung website tersebut Anda dapat menyimpulkan kebutuhan yang diharapkan oleh pelanggan atau konsumen dan Anda akan mendapatkan beberapa petunjuk tentang aspek yang perlu diperbaiki.

Menganalisis perilaku pengunjung website harus Anda perhatikan jika ingin mendapatkan pengunjung atau traffic setiap hari. Karena dengan banyaknya pengunjung yang didapat, Anda berkesempatan untuk lebih banyak lagi mendapatkan konversi pembelian dari produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dengan banyaknya traffic atau lalu lintas pengguna masuk ke situs Anda, maka hal tersebut bisa membuka jalan bagi Anda untuk melakukan pemasangan iklan di website. Selain itu, dengan data perilaku pengunjung website Anda bisa mendapatkan ide untuk menyajikan informasi lain yang dibutuhkan oleh pengunjung.

Fokus Pada Keinginan Pengunjung

Sebagai pemilik website, Anda sebaiknya memahami tentang apa yang dicari pengunjung pada saat membukanya. Apa yang pengunjung cari pada website? Anda wajib mengetahui pola membaca tujuan pengunjung yang membuka website, termasuk dengan kemungkinan tujuan mata pengunjung melihat. Apabila Anda mengetahui pola ini, maka Anda dapat mengarahkan pembuatan konten harus seperti apa nantinya.

Fokus terhadap keinginan pengunjung ini sangat penting, karena agar dapat meningkatkan branding website sesuai sasaran. Apabila Anda dapat mengetahui apa keinginan pengunjung, maka membuat konten khusus yang benar-benar tepat dengan pola baca pengunjung adalah hal yang tidak sulit lagi. Dengan begitu pembuatan konten tersebut tidaklah sia-sia dan dapat menyampaikan informasi yang ingin disampaikan dengan baik. Pada akhirnya konten yang dibuat akan menaikkan traffic website.

Membangun Brand dan Reputasi Perusahaan melalui Website

Saat ini eranya adalah digital, banyak pengusaha atau pebisnis mulai menyadari pentingnya membangun branding dan reputasi perusahaan. Hal ini dikarenakan persaingan antar perusahaan yang cukup ketat juga. Nah, salah satu cara yang dapat dimanfaatkan perusahaan yaitu dengan memiliki website internal. Melalui website membangun branding perusahaan dapat dilakukan.

Tidak hanya sekedar dibuat, tetapi juga harus dikembangkan secara profesional dengan menyediakan informasi yang lengkap dan jelas serta mudah dijangkau. Hal ini bertujuan untuk membantu meningkatkan reputasi perusahaan di hadapan konsumen atau stakeholders, sehingga reputasi perusahaan akan meningkat. Banyak website yang didesain secara khusus dan memiliki ciri khas tersendiri dari suatu perusahaan. Maka dari itu, branding melalui website untuk perusahaan juga diperlukan.

Banyak manfaat dan keuntungan yang dapat diperoleh dari membuat website bagi sebuah bisnis dan perusahaan. Manfaat dan keuntungan tersebut diantaranya yaitu :

a. Meningkatkan visibilitas dan kredibilitas sebuah bisnis dan perusahaan.
b. Menjadi media informasi yang lengkap tentang perusahaan.
c. Memudahkan Anda dalam menjual produk atau layanan jasa.
d. Meningkatkan penjualan.
e. Menghemat waktu dan pengeluaran.
f. Media promosi paling murah, efektif, dan efisien.
g. Menjaring lebih banyak pelanggan dengan jangkauan yang lebih luas.

Biasanya dibutuhkan seorang ahli yang bisa membuat website sebagai sarana branding dan membangun reputasi perusahaan. Bisa juga meminta bantuan dari pihak luar atau agency yang memang sudah ahli dalam bidang ini.

Jadi, Apakah Perlu Menggunakan Jasa Web Designer?

Sekarang Anda sudah mengetahui cara meningkatkan branding website bahkan manfaat dan keuntungan membuat website bagi sebuah bisnis dan perusahaan. Apakah Anda tertarik membuat website untuk membangun brand dan reputasi perusahaan? Apakah memerlukan jasa web designer? Jawabannya iya, apabila Anda ingin yang lebih praktis dan mudah dalam membangun branding melalui website.

Menggunakan jasa web designer ini bersifat opsional. Hal ini dikarenakan biaya yang dibutuhkan untuk membuat website tidak murah. Namun Anda tenang saja, karena ada kami disini! Anda dapat mewujudkan website impian Anda bersama Grapiku. Grapiku menawarkan jasa web designer dengan harga yang kompetitif dan profesional. Jadi tunggu apa lagi? Yuk buat website sekarang juga! Segala pertanyaan dan konsultasi gratis silahkan hubungi kami di nomor 0812-8171-2100.