Skip links

Manfaat Maintenance Website Secara Berkala

Apa manfaat maintenance website secara berkala? Seberapa pentingkah itu? Inilah beberapa pertanyaan yang tidak jarang diajukan oleh pemilik website ketika mendapatkan penawaran tentang maintenance website atau sekedar membaca atau mendengarnya dari seseorang. Sebagian pemilik website pun acuh tak acuh untuk melakukan maintenance website ini. Sebab ada yang langsung pesimis dan mungkin berpikir bahwa itu tidak begitu penting, terlihat rumit dan melelahkan. Ataupun beranggapan untuk melakukannya pasti memerlukan biaya yang mahal.

Padahal, penting Anda ketahui bahwa memiliki website baru yang sukses hanyalah permulaan. Pikirkan website baru Anda seolah-olah adalah mobil baru. Saat Anda pertama kali mendapatkannya semuanya terlihat fantastis, berjalan sebagaimana mestinya dan berjalan persis seperti apa yang Anda harapkan.

Namun seiring berjalannya waktu, mobil tersebut perlu Anda lakukan pemeliharaan secara teratur agar tetap berjalan sebagaimana mestinya. Jika tidak, kemungkinan besar nantinya Anda akan mengalami masalah kecil hingga besar seperti sering macet bahkan mungkin hingga berhenti bekerja sama sekali. Hal yang sama pun berlaku untuk sebuah website.

Maka dari itu, maintenance website merupakan hal yang sudah semestinya dilakukan oleh para pemilik website. Adapun manfaat yang bisa Anda peroleh dari adanya proses maintenance website secara berkala antara lain:

Meningkatkan kecepatan situs

Seperti yang sudah kita ketahui, kecepatan loading website merupakan salah satu faktor penting yang harus menjadi pertimbangkan ketika mengembangkan website. Hal ini karena Anda hanya memiliki beberapa detik saja untuk mengesankan pengunjung website Anda. Jika website Anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memuat, maka ini cenderung bisa membuat pengunjung tidak sabar menunggu dan berdampak negatif pada bounce rate (rasio pentalan) Anda. Belum lagi, kecepatan website juga sangat diperhitungkan oleh mesin pencari saat menentukan peringkat SEO.

Maintenance website memberi Anda kesempatan untuk memeriksa kecepatan pemuatan halaman Anda secara teratur. Serta mengambil langkah-langkah untuk memperbaiki dan mengoptimalkannya. Seperti ketika hasil menunjukkan bahwa kecepatan situs Anda kurang baik, maka Anda bisa mulai melakukan optimasi seperti dengan meringkas kode, menghapus plugin yang tidak berguna, mengkompresi/ memperkecil ukuran gambar, dsb.

Memperkuat SEO

Memiliki website jika tidak dibarengi dengan praktik SEO tentu membuat keberadaan website bisa menjadi tidak begitu berarti. Ia tidak bisa ditemukan oleh audiens ketika mengetikkan kata kunci tertentu di mesin pencari karena tidak muncul di halaman hasil pencarian. Dan praktik SEO ini harus Anda jalankan secara berkelanjutan, tidak berhenti ketika website berhasil Anda rilis dan menempati urutan terbaik. Sebab peringkat website Anda pada mesin pencari terutama Google bisa kapan saja tergeser oleh kompetitor.

Menariknya, rutinnya pemeliharaan/ maintenance website ternyata cukup ampuh dalam meningkatkan performa SEO website Anda. Pasalnya, mesin pencari lebih menyukai website yang terpelihara dengan baik dan suka mengindeks konten segar. Jadi, setiap kali Anda maintenance website dengan memperbarui kode untuk mempercepat waktu pemuatan atau memperbarui konten blog. Maka berarti Anda memberi mesin pencari materi baru untuk dinilai dalam penentuan peringkat website. Semakin besar upaya Anda untuk memperbarui konten dan memperbaiki kesalahan tentu semakin kuat pula kualitas SEO website Anda.

Website lebih up to date

Manfaat lain ketika Anda melakukan maintenance website secara berkala adalah Anda bisa menjadikan website lebih up to date.

Seakan tidak ada habisnya, teknologi website terus berkembang dari waktu ke waktu. Sebut saja WordPress, CMS yang satu ini memiliki tingkat pembaruan perangkat lunak, tema, plugin-plugin secara teratur bahkan terkadang terbilang terlalu cepat. Pembaruan tersebut dihadirkan tidak lain sebagai pembaruan fungsionalitas maupun keamanan website. Untuk menjaga website Anda tetap aman dan berjalan dalam kondisi terbaiknya, tentu pembaruan ini perlu Anda lakukan.

Menjaga web tetap aman

Keamanan adalah perhatian besar jika berhubungan dengan hal apapun yang ada di internet. Spamming, phishing, hacking merupakan beberapa aktivitas yang bisa mengancam kenyamanan pengguna dan keamanan data website. Inilah yang menjadi alasan utama mengapa harus melakukan maintenance website karena salah satu komponen utama pemeliharaan web termasuk langkah-langkah menjadikan keamanan website selalu mutakhir.

Dengan melakukan maintenance, Anda bisa memastikan website selalu pada pembaruan keamanan terkini. Meski tidak ada jaminan untuk website Anda aman sepenuhnya, tetapi dengan ini Anda dapat menutup celah-celah yang memperbesar peluang penyusup merusak website Anda. 

Memungkinkan back up data secara berkala

Ketika mengendarai mobil, ada baiknya Anda membawa ban cadangan untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu ban Anda bocor. Begitupun juga website, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga seperti halnya yang terjadi pada mobil, sebaiknya Anda memiliki back up/ cadangan data web. 

Hal ini bertujuan agar ketika website Anda macet/ tidak bisa diakses mungkin karena kesalahan server atau kode yang rusak, website Anda bisa tetap berjalan dengan data yang telah di backup sebelumnya. Apalagi jika Anda terus menerus melakukan pembaruan fitur maupun konten baru, maka pertimbangkan pencadangan secara berkala setiap bulan atau bahkan mingguan.

Meminimalisir kerugian

Bagi sebagian entitas memiliki website bisa menjadi investasi besar yang dalam proses pembuatannya membutuhkan waktu yang lama dan dana yang tidak sedikit. Ketika Anda telah memiliki website yang begitu berharga, tentu Anda sebagai pemilik tidak ingin jika semua upaya tersebut terbuang secara percuma hanya karena Anda mengabaikan kesalahan-kesalahan kecil yang telah terjadi sebelumnya. Ataupun secara tidak sengaja website tersebut terhapus tanpa dicadangkan. 

Meskipun kadangkala maintenance website memerlukan jasa profesional dan harus mengeluarkan biaya. Akan tetapi biaya tersebut tentu lebih rendah daripada ketika Anda harus membangun kembali seluruh website atau memperbaiki masalah besar yang telah muncul di web. 

Dengan kata lain, mendeteksi masalah sejak dini melalui maintenance website secara berkala dapat membantu Anda untuk menghemat waktu dan uang. Serta meminimalisir tingkat kerugian baik dalam segi nominal, reputasi web yang telah tercipta, kualitas pelayanan, dan sebagainya.

Meningkatkan pengalaman pengguna

Website ringan/ loading cepat, mudah ditemukan di Google, pembaruan konten rutin, fitur keamanan berlapis sebagai hasil upaya pemeliharaan web menjadikan pengalaman pengguna saat menjelajah web semakin berkesan. Pada akhirnya hal ini mampu meningkatkan kepercayaan pengunjung pada website Anda, yang berarti juga potensi konversi menjadi lebih besar.

Kesimpulan

Itulah beberapa manfaat dari maintenance website secara berkala. Dengan penjelasan tersebut, dapat kita simpulkan bahwa maintenance website merupakan salah satu upaya yang mencakup berbagai aspek untuk membuat website bekerja secara optimal. Oleh karena itu, sudah semestinya ini menjadi bagian penting dari rencana kegiatan setiap pemilik website.

Pemeliharaan web ini pun dapat Anda/ tim Anda lakukan sendiri. Tetapi bermitra dengan agensi pengembang web seperti Grapiku akan mendatangkan keuntungan yang lebih besar. Selain meringankan beban pekerjaan tim Anda, biaya yang Anda keluarkan pun lebih bisa mendatangkan hasil yang lebih maksimal. Pasalnya pekerjaan ditangani oleh para tenaga profesional di bidangnya.

Tunggu apalagi? Hubungi kami dan konsultasikan kebutuhan pengelolaan web Anda sekarang juga! Grapiku siap mendengar dan memberikan solusi terbaik untuk keberhasilan website Anda.