Skip links

Logo Harus Ikonik! Jangan Pasaran Atau Generik!

Mengapa logo harus ikonik? Ketika pasar semakin ramai dan padat seperti saat ini, konsumen akan menghadapi kondisi dimana mereka menemukan produk/ layanan dari berbagai perusahaan yang mirip bahkan sama persis. Jika sudah seperti itu, maka konsumen pun akan mencari keunggulan lain untuk membandingkan produk/ jasa dari perusahaan yang satu dengan yang lainnya.

Brand/ perusahaan seringkali menjadi hal yang selanjutnya dipertimbangkan oleh para konsumen. Pada saat mencari brand/ perusahaan tertentu maka konsumen pun akan melihat logo yang merupakan grafis simbolis yang membuat suatu perusahaan mudah dikenali.

Dengan kata lain, logo ini cukup membantu menarik perhatian konsumen. Tetapi bukan logo yang sekedar gambar biasa, bukan logo yang generik dan pasaran. Melainkan logo yang tampil ikonik lah yang terbukti dapat memberikan keunggulan kompetitif untuk memberikan kesan dan menarik minat konsumen tersebut.

Bagaimana ciri logo yang ikonik itu? 

Pada dasarnya logo yang ikonik itu adalah sebuah gambar identitas merek yang dapat memunculkan pertalian atau hubungan dengan perusahaan yang diwakilinya.

Logo ikonik itu memiliki keunikan, terlihat jelas berbeda dengan logo perusahaan lainnya. Apabila seseorang menyebutkan atau memikirkan nama perusahaan tersebut maka yang teringat adalah logonya, begitupun juga sebaliknya. 

Pertanyaannya, apa yang membuat logo itu ikonik dan membuatnya lebih baik dari yang lain? Berikut ini beberapa kriteria atau bisa juga disebut sebagai aturan/ syarat dalam mendesain dan menghasilkan logo yang ikonik:

Logo harus terlihat sederhana dan bersih

Ciri pertama dan yang utama yang harus ada dalam logo ikonik adalah sederhana. Logo yang sederhana ini umumnya tidak memiliki banyak elemen yang dapat membuat logo tampak rumit, berantakan atau bahkan norak.

Selain itu juga tidak memiliki kombinasi warna yang terlalu banyak, bisa jadi maksimal hanya 3 warna saja. Font/ jenis huruf yang digunakan pun haruslah mempermudah orang untuk membacanya. Serta logo akan tampak sederhana tanpa adanya efek tertentu seperti blur, shadow (bayangan), dll.

Ketika Anda mencapai kesederhanaan dalam desain logo Anda, maka jauh lebih mudah untuk memenuhi kriteria-kriteria logo ikonik selanjutnya. Tetapi penting untuk dicatat bahwa bukan berarti setiap logo sederhana itu selalu ikonik. Logo sederhana juga harus sesuai dengan tujuan penggunaan dan target audiensnya.

Mudah mendapat perhatian & diingat

Apabila Anda telah memenuhi syarat kesederhanaan logo, maka poin ini akan terpenuhi dengan sendirinya. Kesederhanaan tampilan logo ini akan memudahkan audiens menyerap, memahami. Dan yang lebih penting mendorong audiens untuk mengingatnya lagi dan lagi meski mereka hanya melihat logo Anda secara sekilas saat mengemudi di jalan raya atau melihatnya di antara rak-rak toko yang ramai. 

Hal ini selaras dengan psikologis manusia dimana semakin kompleks sesuatu, semakin kecil kemungkinan orang akan mengingat atau sekedar ingin berusaha mengingatnya. Sebaliknya, semakin mudah/ sederhana sesuatu maka semakin sedikit energi dan sumber daya yang dibutuhkan pikiran untuk menyimpan gambar atau informasi dalam memori jangka panjang.

Untuk mengukur apakah logo Anda mudah diingat atau tidak. Anda bisa melakukan tes apakah seseorang dapat menggambar ulang logo Anda di selembar kertas setelah mereka melihat logo Anda secara sekilas. Jika ia tidak dapat mengingat seperti apa bentuknya, maka itu artinya logo Anda belum melakukan tugasnya dengan baik.

Logo Nike adalah contoh yang sangat baik dari desain yang sederhana. Cukup sederhana untuk menggambar ulang setelah melihatnya sekali karena hanya berupa tanda centang. Atau logo McDonalds yang hanya terdiri dari dua lengkungan emas yang menciptakan “M”.

Menyampaikan pesan tersirat

Logo ikonik yang berkualitas harus mampu menyampaikan pesan yang relevan tentang esensi brand/ perusahaan yang diwakilinya. Ini mungkin terbilang tidak mudah, sehingga hanya sedikit merek yang dapat melakukannya dengan baik. Anda harus terlebih dahulu memutuskan pesan/ perasaan apa yang ingin Anda ceritakan kepada audiens. Pesan ini sering erat kaitannya dengan tujuan, pernyataan misi visi, atau nilai merek merek Anda sendiri.

Contoh yang paling populer untuk hal ini yaitu logo FedEx. Jika Anda perhatikan terdapat tanda panah di area kosong (negative space) antara huruf ‘E’ dan ‘x’ bukan? Lindon Leader sang desainer menjelaskan bahwa arti simbol panah tersebut yaitu arrow of movement and thinking. Simbol tersebut menyampaikan pesan bahwa perusahaan memiliki pemikiran positif pasti akan maju (optimisme) dan memiliki komitmen dalam pengiriman, yakni cepat sampai.

Logo FedEx

Harus khas, unik & spesifik

Selain kesederhanaan, kekhasan logo juga merupakan akar dari logo yang mudah diingat seseorang. Untuk membuat dan menonjolkan ciri khas pada logo, hindari penggunaan elemen yang telah kuat pesannya atau terlalu pasaran. Ingat, bahwa logo Anda tidak perlu mengatakan dengan jelas apa yang Anda lakukan/ produk apa yang perusahaan Anda jual. Namun cukup pastikan bahwa logo Anda sesuai dengan perasaan yang ingin Anda sampaikan.

Contohnya, jika perusahaan Anda bergerak dibidang fashion maka tidak perlu untuk mencantumkan gambar hanger atau baju agar terlihat jelas bahwa Anda bergerak dibidang fashion. Hal itu hanya akan membuat logo Anda terlihat pasaran karena banyak diluar sana kompetitor yang mungkin memikirkan dan menggunakan cara yang sama. Coba perhatikan beberapa logo terkenal berikut ini, logo Apple bukan komputer, logo BMW bukan mobil, logo Ikea bukan kursi/ meja, dsb. Ya, bentuk logo tidak harus sama dengan lini usahanya. 

Selain bermanfaat untuk menjadikan logo mudah diingat, logo yang khas juga cenderung lebih menarik perhatian konsumen dan membuat mereka lebih ingin belajar lebih banyak tentang merek tersebut. 

Logo ikonik harus fleksibel & serbaguna

Setiap logo ikonik harus fleksibel agar serbaguna – dapat digunakan dalam situasi apapun.  Pesan logo tetap tersampaikan meskipun logo dipasang pada papan reklame berukuran besar maupun diubah menjadi ukuran produk/ media terkecil sekalipun. Pesan logo tetap tersampaikan meski berwarna hitam ataupun putih. Apalagi saat ini begitu banyaknya media digital yang menyebabkan aplikasi logo pun semakin beragam. Maka logo Anda harus memiliki proporsi yang bagus, seimbang dan benar-benar diskalakan. 

Jika logo Anda tidak dapat diskalakan, logo Anda mungkin masih bisa digunakan di media tertentu namun berisiko tidak dapat diterapkan dalam lebih banyak jenis media lain yang akan terus bermunculan hingga masa mendatang.

Tak lekang oleh waktu

Logo yang ikonik juga tidak boleh lekang oleh waktu. Dengan tren desain yang datang dan pergi sepanjang waktu, Anda tidak dapat memastikan bahwa sebuah logo akan selalu memenuhi tren waktu tersebut. Tetapi, Anda masih dapat memastikan bahwa logo Anda memiliki nilai untuk menjadi berjangka panjang.

Logo jangka panjang memiliki sifat-sifat logo ikonik yang telah disebutkan sebelumnya. Sederhana, cukup khas dan mudah diingat, selaras dengan apa yang Anda lakukan, dan fleksibel untuk digunakan untuk ukuran atau aplikasi apapun. Dengan memenuhi kriteria tersebut, logo ikonik Anda setidaknya bisa digunakan lebih dari 10 tahun lamanya.

Jika pun harus melakukan pembaharuan untuk memasuki tren gaya terbaru/ modernisasi logo. Logo yang sejak awal Anda buat dengan sungguh-sungguh nantinya hanya akan mengalami perubahan yang sangat kecil sehingga Anda tidak akan kehilangan pengakuan.

Harga logo ikonik mahal?

Itulah beberapa ciri atau aturan dalam membuat logo ikonik yang benar-benar berfungsi bagi sebuah brand. Jadi, dalam mendesain sebuah logo tidaklah asal-asalan yang penting cepat selesai dan terlihat bagus saja. Melainkan harus memperhatikan banyak hal termasuk melakukan riset dan analisa mendalam.

Desainer perlu mengenal siapa brand/ perusahaan si pemilik logo, bagaimana sejarah, visi misi dan nilai-nilai yang ada dalam perusahaan tersebut, siapa target audiensnya, di media apa saja logo kemungkinan digunakan, dsb.

Inilah alasan mengapa harga logo profesional yang ikonik relatif mahal karena banyak hal yang harus digali dan dilakukan demi menghasilkan satu logo ikonik, profesional, tepat sekaligus juga estetik.

Jasa logo ikonik, tidak pasaran dengan harga sesuai budget

Grapiku siap membantu Anda tumbuh melalui kekuatan branding salah satunya dengan menghadirkan logo yang ikonik, tepat sesuai keinginan Anda, dan pastinya memenuhi kriteria-kriteria diatas. Jangan khawatir, harga yang Grapiku tawarkan tetaplah bersahabat untuk kelas logo premium dan berkelas. Grapiku menyediakan beberapa pilihan paket branding yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan serta budget Anda. 

Tunggu apalagi? Hubungi kontak sekarang juga, konsultasikan secara gratis segala kebutuhan desain logo Anda kepada Grapiku. Grapiku akan senantiasa mendengar dan memberikan solusi terbaik demi terpenuhinya kebutuhan Anda