Skip links

Keuntungan Menata Feed Instagram untuk Marketing Bisnis

Seiring berjalannya waktu, media sosial yang pada awalnya berguna untuk saling menciptakan jejaring sosial tanpa terbatas oleh ruang dan waktu kini bisa menjadi lahan bisnis dan promosi yang menjanjikan. Seperti salah satunya instagram. Platform media sosial yang satu ini telah menjadi kanal digital marketing terfavorit pilihan para pebisnis untuk memasarkan produk/ layanannya.

Namun agar sukses mengimplementasikan digital marketing melalui Instagram, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan. Terutama Anda harus memperhatikan betul feed Instagram. Sekarang Anda mungkin bertanya-tanya apa itu feed instagram? apa keuntungan menata desain feed Instagram ini?

Sekilas tentang Instagram

Instagram adalah salah satu platform media sosial besutan Facebook yang diluncurkan pada tahun 2010. Beberapa fitur-fiturnya seperti memungkinkan pengguna memposting foto, video pendek, streaming langsung, dan cerita yang hilang setelah 24 jam.

Pada tahun 2019, Hootsuite mencatat bahwa secara global jumlah pengguna aktif bulanan Instagram menembus angka 1 miliar. Jumlah pengguna Instagram yang sangat besar ini merupakan potensi besar yang banyak dibidik oleh para pelaku usaha untuk mengembangkan brandnya. Berawal dari sinilah upaya menata desain feed Instagram pun mulai gencar. 

Apa itu feed Instagram?

Seperti yang telah kita ketahui, Instagram merupakan platform media sosial yang berorientasi visual. Dengan kata lain, fokus konten media sosial yang satu ini adalah gambar atau foto. Istilah feed Instagram sendiri mengacu pada halaman profil Instagram utama Anda dan foto serta video yang Anda posting di sana.

Segala sesuatu yang Anda unggah akan tampil menjadi feed Instagram pada profil Anda selamanya dan akan terus terlihat oleh siapa saja yang mengunjungi profil Anda. Untuk alasan ini, sudah seharusnya Anda mulai mengkurasi feed dengan hati-hati sehingga lebih menarik perhatian karena terasa kohesif saat dilihat secara keseluruhan. 

Keuntungan menata desain feed instagram bisnis Anda

  • Menarik followers baru dan meningkatkan engagement

Kebanyakan orang pasti akan melihat profil Instagram dari sebuah akun bisnis terlebih sebelum memutuskan untuk mengikutinya. Mereka akan melihat secara sekilas hingga melakukan scanning secara mendalam untuk mengambil sebuah keputusan. Disinilah visual yang menarik dari sebuah feed sangat berperan dalam meningkatkan followers.

Jika menurut mereka feed Instagram Anda terlihat buruk dan terkesan tidak terkurasi dengan baik maka bisa saja mereka tidak tertarik untuk mengikuti akun Instagram Anda. 

Sebaliknya, feed Instagram dengan manajemen desain secara menarik tentu akan lebih berpeluang untuk mengundang followers dan memancing keterlibatan (engagement) audiens terhadap setiap kontennya. Selain itu, konten visual yang menarik juga berguna untuk memperkuat pesan yang ingin Anda sampaikan sekaligus mempermudah pesan itu tersampaikan.

  • Brand awareness konsumen terhadap brand meningkat

Konsistensi merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah brand untuk menciptakan brand awareness. Agar bisa tetap tampil konsisten di media sosial Instagram, maka pembuatan desain konten sebaiknya berpedoman pada guideline sehingga nantinya dapat membentuk sebuah feed yang bagus. Konsistensi desain tersebut bisa dalam hal penggunaan font, warna dominan, frame, penempatan logo, dan lainnya. 

  • Tercerminnya profesionalitas dan kredibilitas bisnis

Mendesain feed bukanlah hal yang mudah dan sepele. Melainkan memerlukan skill dan pemahaman yang mendalam mengenai strategi perencanaan konten, desain serta marketing. Jadi, dari sebuah penataan feed Instagram yang bagus tidak bisa dipungkiri dari situ pula dapat terlihat effort, kerja keras dan profesionalisme tim perusahaan Anda. Dengan tercerminnya profesionalitas perusahaan Anda ini maka kepercayaan calon konsumen terhadap bisnis Anda pun lebih meningkat. 

Itulah berbagai keuntungan menata desain feed Instagram untuk marketing bisnis Anda. Jadi, segera rencanakan penataan desain feed Instagram sekarang juga! Jika Anda tidak memiliki keahlian atau waktu untuk menjalankan kampanye ini, Anda dapat mempercayakannya kepada Grapiku.



Grapiku adalah agensi digital marketing terpercaya yang melayani jasa social media marketing yang siap menata feed Instagram Anda, memanajemen Instagram Anda secara keseluruhan yang berorientasi pada peningkatan profit, dan secara bersamaan menghemat waktu dan biaya Anda. Karena dibanding Anda mengelola sosmed sendiri atau meng-hire karyawan yang belum pasti, kreator Grapiku sudah pasti jelas berpengalaman dan lebih murah!