Skip links

Cara Membuat Company Profile Beserta Contohnya

Pepatah mengatakan “Tak kenal maka tak sayang”. Ya benar saja, bagaimana anda bisa mulai memahami atau mempercayai sesuatu jika belum mengawalinya dengan berkenalan?Pola umum hubungan interaksi ini secara alami berlaku di seluruh aspek kehidupan manusia tanpa terkecuali dalam bidang bisnis.

Sebagai contoh, agar sebuah perusahaan dapat dilirik dan bisa memikat hati para target strategis bisnis. Perusahaan tentu memerlukan perkenalan/ kesan awal yang menarik.

Dan salah satu bentuk perkenalan perusahaan itu, biasanya diwakili dengan sebuah alat yang disebut dengan company profile (profil perusahaan).

Keberadaan profil perusahaan ini sangatlah penting. Saking pentingnya, pembuatannya harus dipersiapkan secara matang bahkan jika diperlukan harus dipercayakan kepada jasa pembuatan company profile profesional.

Nah, pada kesempatan kali ini kami ingin coba tuliskan selengkap mungkin cara membuat company profile yang bagus dan menarik. Baiklah, sebelumnya ketahui terlebih dahulu daftar isi materinya berikut:

Apa itu company profile?

Company profile/ Profil Perusahaan merupakan sebuah deskripsi ringkas dan informatif mengenai detail suatu perusahaan yang tertuang dalam sebuah media baik itu cetak maupun digital.

Profil perusahaan ini dapat dijadikan sebagai alat yang bermanfaat bagi kemajuan bisnis. Biasanya digunakan pada saat akan mengajukan penawaran kepada investor, kerjasama dengan mitra, maupun calon klien.

Mengingat perannya yang amat penting, maka bisa dikatakan bahwa company profile memang wajib dimiliki oleh setiap perusahaan yang sedang beroperasi.

Lantas, apa saja manfaat dan keuntungan memiliki profil perusahaan?

Telah sedikit disinggung di atas. Tujuan membuat profil perusahaan yang paling utama adalah digunakan sebagai alat perkenalan yang berisi informasi detail mengenai perusahaan yang ditujukan kepada target bisnis. Sehingga para target bisnis tersebut dapat mengenal dan memahami identitas perusahaan yang akan bermitra dengannya. Keuntungan lain memiliki profil perusahaan diantara sebagai berikut:

  • Merepresentasikan identitas perusahaan dengan jelas
  • Menjadi media komunikasi terbaik bagi perusahaan kepada semua pihak yang membutuhkan
  • Meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme perusahaan
  • Menjadi tools marketing, media branding dan publikasi

Bentuk-bentuk penyajian profil perusahaan

Sebelum menuju ke cara membuat profil perusahaan. Terdapat hal yang harus anda ketahui lagi, yakni bahwa company profile ini dapat disajikan ke dalam beberapa macam media. Diantara adalah sebagai berikut:

Company profile cetak 

Company profile cetak merupakan media yang paling umum digunakan sejak dulu dan diklaim paling mudah dalam pembuatannya. Biasanya berupa sebuah buku yang terdiri dari berlembar-lembar halaman.

Untuk menampilkan konten informatifnya, profil perusahaan jenis ini berfokus pada tulisan, gambar serta warna yang didesain secara terstruktur, menarik dan eksklusif.

Video Company profile

Bentuk penyajian profil perusahaan selanjutnya adalah berupa video. Melalui sebuah video, tidak hanya tulisan dan gambar saja yang bisa ditampilkan. Melainkan juga dapat menyampaikan pesan suara secara bersamaan.

Dengan begitu apabila dipersiapkan dengan sebaik mungkin, maka jenis profil perusahaan ini lebih efektif dan dapat memberikan kesan yang luar biasa dari audiens terhadap perusahaan anda.

Namun sebaliknya, apabila video dihadirkan secara tidak matang, kurang menarik, bertele-tele, hingga durasi yang cukup panjang maka bisa berakibat fatal. Alih-alih mendapatkan perhatian, mungkin justru membuat para audiens bosan dan enggan menyimak informasi yang diberikan.

Website Company profile

Penyajian company profile yang terakhir ini dihadirkan dalam bentuk website. Website company profile saat ini lebih banyak digunakan karena sifatnya yang multimedia serta dapat diakses oleh siapapun, kapan dan dimanapun dengan internet. Mulai dari kombinasi teks, foto, gambar bergerak, grafik, video, hingga dokumen-dokumen dapat disajikan sekaligus.

Selain dapat dijadikan sebagai media representasi perusahaan anda, penggunaan website yang dioptimasi terbukti juga dapat menjadi ujung tombak pemasaran yang sangat efektif.

Cara membuat company profile/ profil perusahaan yang baik dan profesional

Company Profile yang baik adalah alat yang efektif untuk menjelaskan rincian informasi penting tentang perusahaan. Sehingga pembaca/ penonton mudah mempelajari perusahaan anda secara umum mengenai kinerja dan prestasi perusahaan anda.

Tidak ada standar yang baku dalam pembuatan profil perusahaan ini, tergantung pada kebutuhan dan tujuan perusahaan masing-masing.

Akan tetapi, agar profil perusahaan yang anda buat nantinya bisa mewakili dan memperkenalkan identitas perusahaan dengan baik. Maka langsung saja simak tips dan cara membuat company profile profesional dari kami berikut ini

Perhatikan data apa saja yang harus dicantumkan

Memaparkan profil perusahaan akan lebih baik jika dilakukan secara proporsional. Namun, kenyataan saat ini masih banyak perusahaan yang mencantumkan informasi yang sangat terbatas. Bahkan ada pula yang justru membuat semua hal yang terkait mengenai perusahaan dari hal “A sampai Z” dicantumkan sekaligus. Lalu, apa saja sebenarnya poin-poin penting yang harus dimasukkan dalam sebuah profil perusahaan yang baik?

    • Sajikan daftar isi

Adanya daftar isi ini bisa dibilang opsional namun sangat dianjurkan. Terlebih apabila profil perusahaan anda terdiri dari berlembar-lembar halaman.

Tujuannya adalah untuk menampilkan kerangka isi atau informasi apa saja yang bisa diketahui dari profil perusahaan tersebut. Selain itu, juga dapat memudahkan pembaca/ pemirsa dalam menemukan halaman-halaman berdasarkan judul maupun sub judul tertentu tanpa harus membuka halaman satu persatu.

    • Deskripsi perusahaan, sejarah & struktur organisasi

Pada bagian ini berisi informasi mengenai di bidang apa perusahaan anda bergerak, latar belakang berdirinya perusahaan mencakup kapan, siapa pendiri dan jajaran direksi yang terlibat di dalamnya. Serta bagaimana berkembangnya perusahaan dari waktu ke waktu.

Dengan adanya poin-poin tersebut, pembaca/ pemirsa secara tidak langsung akan bisa diajak merasakan proses panjang perjalanan bisnis anda hingga mendapat kepercayaan hingga kini.

    • Visi dan misi perusahaan

Tunjukkan komitmen, strategi, serta arah tujuan perusahaan anda dalam melakukan yang terbaik bagi calon mitra bisnis ke dalam bentuk visi misi perusahaan. Menyampaikan visi ini akan memberikan gambaran tentang cita-cita besar yang ingin dicapai oleh perusahaan. Sedangkan penyampaian misi akan memberikan gambaran tentang berbagai upaya yang telah serta akan terus dilakukan oleh perusahaan demi menggapai cita-cita tersebut. 

    • Tampilkan lini produk perusahaan

Pada bagian ini, tampilkan barang maupun jasa yang menjadi lini perusahaan anda. Deskripsikan tentang nama, kegunaan/ fungsi, keunggulan, spesifikasi dan berbagai hal lain tentang produk secara jelas. Sertakan pula gambar-gambar produk sehingga lebih mudah dipahami.

    • Pajang Pencapaian perusahaan, hasil karya/ portofolio, sertifikat

Agar calon mitra semakin tertarik dan mempercayai keberadaan bisnis anda, sajikan bukti kesuksesan kinerja perusahaan yang telah tercapai. Bisa berupa dokumentasi produk dari proyek-proyek klien sebelumnya beserta daftar klien yang pernah dilayani, sertifikat-sertifikat penghargaan dan lain sebagainya.

Semakin banyak pencapaian bisnis tentu akan semakin bagus. Namun perlu digaris bawahi, tidak semua pencapaian tersebut bisa dimuat. Anda perlu memilah dan memilih mana yang harus dicantumkan dan mana yang tidak begitu penting agar penyajiannya lebih efektif dan terukur.

    • Tampilkan dokumentasi aktivitas perusahaan

Satu poin lagi yang tak kalah penting yang harus dicantumkan di profil perusahaan adalah dokumentasi aktivitas perusahaan. Seperti misalnya tunjukkan fasilitas/ perlengkapan produksi yang ada, bisa juga potret tim-tim yang sedang bekerja.

Pakai data yang akurat dan terupdate

Seiring berjalannya waktu, sebuah perusahaan tentu akan mengalami perubahan-perubahan. Bisa saja perubahan mendasar pada kegiatan operasional, struktur organisasi, dalam hal keuangan dan lain sebagainya. Untuk itu, hal yang tak boleh anda lewatkan adalah selalu pastikan data yang akan disajikan sesuai dengan perkembangan dan kondisi terkini perusahaan anda.

Buat desain sekreatif dan eksklusif mungkin

Selain harus memuat informasi-informasi penting seperti pada poin-poin yang telah dijelaskan diatas. Profil perusahaan harus memiliki desain yang menarik, elegan dan terlihat profesional. Karena pada dasarnya profil perusahaan dengan visual yang baik terbukti bisa menciptakan suasana (mood) dan rasa ketertarikan yang lebih tinggi daripada profil perusahaan yang biasa-biasa saja. Maka dari itu anda perlu perhatikan pula beberapa hal berikut agar profil perusahaan anda memiliki nilai tambah tersendiri

    • Perhatikan pemilihan jenis font dan warna

Sebaiknya gunakan jenis huruf/ font Sans Serif Family karena jenis huruf ini tidak memiliki sirip/ garis-garis kecil pada ujung hurufnya.

Ketebalan huruf juga sama atau hampir sama sehingga terlihat solid dan tegas. Kesan teks yang ditimbulkan adalah kontemporer sekaligus modern.

Rekomendasi jenis font Sans terbaik yang bisa anda gunakan antara lain Roboto, Raleway, Kayak Sans, Century gothic, dsb. Pemilihan warna font dengan background pun perlu diperhatikan agar tulisan mudah dibaca dan enak dipandang.

    • Buat pemformatan (layout) yang ramah bagi pembaca

Secara umum daripada membaca paragraf yang terlalu panjang, pembaca akan lebih nyaman dan mudah paham jika tulisan dibuat dengan memakai list, grafik, atau tabel. Apabila terpaksa menggunakan bentuk paragraf, maka pastikan paragraf tersebut merupakan paragraf pendek.

Selain itu, susun gambar-gambar inti maupun pendukung secara terstruktur. Dan pastikan gambar tersebut tidak pecah maupun blur. Perhatikan juga komposisi konten apa yang ingin ditonjolkan, apakah gambar ataupun tulisannya.

    • Tambahkan gambar/ ilustrasi sebagai pelengkap materi

Terakhir, bila perlu sajikan juga gambar-gambar ilustrasi seperti ornamen-ornamen vektor sebagai penghias background agar profil perusahaan anda tampak lebih hidup dan tidak terkesan monoton. 

 

Contoh profil perusahaan

 

Contoh website profil perusahaan

Berikut contoh website company profile yang dikerjakan oleh Grapiku. Anda dapat melihat detail studi kasus dan isi profil melalui daftar proyek kami.

Website PT. Aneka Adhilogam Karya

 

Cara Membuat Company Profile Beserta Contohnya

 

Website Fatma Karya Indah

 

Cara Membuat Company Profile Beserta Contohnya

Penutup

Demikian cara membuat company profile yang baik dan profesional. Semoga artikel kami ini dapat bermanfaat bagi penyusunan profil perusahaan anda. Adapun bila dalam proses pembuatannya anda menghadapi kendala, itu cukup wajar. Karena memang membuat company profile yang profesional dan tepat sasaran bukan lah hal yang mudah. Bila merasa sulit, ada alternatif yang cukup mudah. Yakni dengan langsung menghubungi kontak Grapiku yang tercantum di website ini untuk mendapatkan penawaran harga company profile termurah dan berkualitas.

 

FAQ

Beberapa pertanyaan yang sering diajukan dalam pembuatan company profile

Apakah ada aturan khusus jumlah halaman pembuatan profil perusahaan?

Tidak ada batasan jumlah halaman secara khusus. Namun lebih baik jumlah halaman genap atau kelipatan 4 agar mudah dan bagus saat dicetak menjadi sebuah buku.

Berapa ukuran standar pencetakan Company Profile?

Ukuran yang paling banyak dan umum digunakan adalah A4, bisa dalam format portrait maupun landscape.

Kertas apa yang bagus digunakan untuk mencetak profil perusahaan?

Bisa menggunakan jenis kertas Art paper/ matte paper 120-150 gsm dengan finishing glossy. Kertas ini mengkilap, sangat cocok digunakan untuk menunjukkan kesan eksklusif pada company profile. 

Dimana tempat desain company profile yang bagus dan profesional?

Pada dasarnya jika anda ingin mendesain company profile yang bagus, sesuai brand dan berstrategi maka agensi Grapiku jawabannya. Di Grapiku melayani desain company profile tidak hanya dalam bentuk buku tetapi juga website dan video. Tim kreatif kami siap memberikan sentuhan-sentuhan magis agar profil perusahaan anda lebih menonjol, atraktif, eksklusif, out of the box dan efektif untuk pemasaran. 

Berapa harga desain company profile Grapiku?

Harga pembuatan buku, video maupun website company profile didasarkan pada konsep desain yang ingin ditonjolkan, jumlah halaman, dan fitur yang ingin diaplikasikan (khusus website). Namun kami menjamin bahwa biaya yang anda keluarkan sangat pantas dengan hasil yang didapatkan. Harga kami juga bersifat penawaran/ negotiable dan dapat menyesuaikan budget pemesan. Segera hubungi marketing kami melalui call/ whatsapp di 085747278100 untuk konsultasi lebih lanjut.