Skip links

Keuntungan Memiliki Toko Online Bagi UKM (Usaha Kecil Menengah)

Dewasa ini, perkembangan bidang teknologi dan ekonomi cukuplah tinggi. Terutama hadirnya internet, yang kini telah menjadi rujukan para pebisnis sekaligus dimanfaatkan penuh untuk memasarkan produk unggulan yang dimiliki. Tak heran ribuan pebisnis juga senantiasa mengembangkan strategi pemasaran paling potensial, agar bisa bersaing dengan pebisnis yang lainnya.

Platform pemasaran potensial yang sedang gencar dimanfaatkan adalah toko online. Kehadiran toko online Anda, akan berperan seperti versi virtual dari UKM/bisnis Anda. Tak perlu repot-repot buka toko hingga tengah malam, Anda akan sangat terbantu dengan adanya toko online yang Anda miliki, buka kapanpun bahkan hingga 24 jam. Ditambah masyarakat mulai banyak mencari produk atau jasa yang dibutuhkan via online.

Bagaimana? Tertarik memiliki toko online sendiri?

Mengabaikan kesempatan pemasaran potensial ini sama saja menolak peluang mendapatkan pelanggan baru dengan jumlah yang mungkin tak terbayangkan sebelumnya.

Lalu apa aja keuntungan besar yang bisa Anda dapatkan dengan memiliki toko online?

Bisnis kecil hingga bisnis besar akan mendapatkan banyak manfaat dari memiliki website e-Commerce sendiri. Jadi memang, platform ini adalah solusi paling fleksibel yang bisa dimanfaatkan para pebisnis milenial.

Kemudahan Untuk Diakses / Dikunjungi

Keuntungan memiliki toko online bagi UKM yang pertama yaitu mudahnya akses. Pebisnis membutuhkan waktu istirahat, namun tidak dengan internet. Internet tidak pernah tidur. Kelebihan inilah menjadikan toko online Anda kapan pun bisa dikunjungi di luar jam kerja oleh customer. Dengan begitu, calon pembeli baru Anda yang potensial bisa mengetahui lebih banyak tentang barang, produk yang Anda display di toko online.

Jangkauan Lebih Luas

Selain buka 24 jam, internet sendiri unggul dalam kemampuannya yang bisa diakses oleh seluruh orang di dunia. Tak sebanding dengan toko atau kantor biasa yang biasanya hanya melingkupi area beberapa kilometer saja. Kehadiran toko online pribadi Anda, akan bisa dilihat oleh siapapun dan dari manapun mereka berasal. Luasnya jangkauan basis pelanggan Anda juga sangat tergantung dengan barang atau produk yang Anda tawarkan. Keberadaan toko online akan jauh lebih efektif dan efisien untuk mengjangkau calon pelanggan dibandingkan dengan hanya interaksi langsung.

Membangun Brand Dengan Review Customer

Makna dari membangun brand sendiri adalah membangun loyalitas, kepercayaan pelanggan potensial terhadap bisnis Anda. Toko online Anda akan menjadi tempat untuk membangun reputasi bisnis Anda. Para pelanggan akan sangat mudah mengakses dan melihat brand bisnis Anda salah satunya dengan melihat review yang Anda tampilkan di toko online.

Review secara online, intensitas interaksi dengan customer lain, serta kualitas post Anda akan membantu membentuk kesan positif bagi bisnis Anda terhadap calon pembeli sebelum mereka melakukan pembelian. Pastikan Anda selalu bertindak jujur saat menjalankan bisnis Anda. Kualitas produk atau jasa yang Anda miliki tidak akan mengingkari citra positif yang akan terbangun. Review positif yang diberikan pelanggan Anda yang sudah puas akan menstimulus pelanggan lain untuk membeli produk Anda.

Marketing yang Lebih Simpel dan Mudah

Keuntungan memiliki toko online terakhir dalam sesi ini yaitu soal marketing. Fakta pemasaran di lapangan adalah, calon pelanggan memang senang membeli, namun tidak terlalu suka dengan penawaran barang oleh salesman. Biasanya penawaran barang oleh salesman membuat calon pembeli merasa tertekan dan tidak santai untuk melihat lebih detil produk yang ia ingin dibeli.

Toko online hadir sebagai solusi pemasaran yang lebih mudah. Dengan hasil deskripsi tulisan produk yang Anda tawarkan di toko online, membuat para pembeli akan santai untuk melihat produk Anda dan mendapatkan informasi yang cukup. Tak lama, jika tertarik, mereka akan segera melakukan pemesanan produk Anda.

Dari segi biaya, toko online jelas jauh dari cara pemasaran yang tradisional. Biasanya cara tradisional akan memakan waktu yang lama dengan mencetak brosur, pamflet, atau spanduk.

Dari sinilah bisnis kecil/UKM yang Anda miliki akan mudah untuk dikenal masyarakat luas, mudah memberikan customer service yang terbaik, serta akan meningkatkan traffic dan tingkat penjualan yang lebih tinggi dibanding sebelumnya.

Itulah beberapa keuntungan memiliki toko online bagi UKM (Usaha Kecil Menengah). Sebenarnya masih banyak keuntungan-keuntungan lainnya jika memiliki website toko online. Tetapi hal mendasar yang perlu Anda perhatikan dan jadi alasan untuk membuat toko online segera adalah beberapa poin di atas.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera buat toko online Anda bersama grapiku. Ya, kami menawarkan jasa pembuatan toko online berkualitas, tanpa limit produk, atur stok mudah, modern, tertarget, analisis pasar mendalam, SEO dan masih banyak benefit lainnya yang Anda dapatkan.

Return to top of page