Skip links

Berapa Standar Harga Pembuatan Website Pemerintah?

Pengembangan pelayanan online yang dilakukan pemerintah semata-mata untuk memberikan pelayanan prima dan terbaik untuk masyarakat. Kecanggihan teknologi makin membuat semua serba mudah. Kemudahan dunia online sudah dinikmati semua kalangan dan lapisan masyarakat. Tak terkecuali jajaran pemerintahan.

Kemudahan online di atas, tentu tidak terlepas dari peran website. Pemerintah kini mulai membuat website resmi untuk menunjang dan menjamin pelayanan terbaik untuk publik. Rata-rata pemerintah pusat hingga daerah sudah mulai berbenah dan mempunyai websitenya masing-masing. Dengan adanya website, pemerintah semakin dimudahkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta menginformasikan kebijakan-kebijakan yang dimiliki, agar diterima dan diketahui oleh masyarakat setempat.

Hadirnya website di era digital ini, semakin membantu jajaran pemerintah untuk meningkatkan pelayanan kepada publik dan menambah platform baru untuk melancarkan komunikasi dan publikasi program-program pemerintah kepada masyarakat. Di era saat ini, informasi selalu ditempatkan pada posisi yang sangat penting. Menjadi wajar jika setiap orang ingin mendapat akses berbagai informasi, salah satunya informasi yang dikelola jajaran pemerintahan.

Namun, tahukah Anda? Bahwa website pemerintah dengan website korporat dan UMKM memiliki perbedaan masing-masing? Website pemerintah dibuat untuk tujuan mencapai visi dan misi pemerintah. Dengan kata lain, tidak ada orientasi profit yang menyertainya. Berbeda dengan website korporat atau UMKM, yang berorientasi pada profit atau mendapat keuntungan/ laba.

Selain itu, perlu Anda tahu bahwa website pemerintah memiliki fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh website korporat lainnya. Hal ini tentu akan mempengaruhi harga-harga yang sebelumnya telah ditetapkan oleh web developer. Lalu Anda pasti akan bertanya-tanya, bagaimana standar harga website pemerintahan? Aspek-aspek apa saja yang bisa menentukan harga website pemerintahan dan menjadi pembeda dari website koorporat lainnya? Grapiku akan membantu Anda untuk memahami aspek-aspek tersebut.

Aspek SDM Ahli Teknis

Pada proyek website pemerintah, tidak akan terlepas dari aspek kualitas individu-individu yang terlibat dalam pembuatan website. SDM terlatih inilah yang cukup menentukan standar harga website yang dimiliki pemerintah. Perlu diingat bahwa, kualitas individu akan menentukan kualitas website yang dihasilkan. Beberapa contoh individu yang termasuk dalam SDM ahli teknis website adalah website developer, website designer, system analyst, dan masih banyak lainnya.

Aspek SDM Ahli Pendukung

SDM Ahli Pendukung adalah individu-individu yang tidak memiliki keahlian dalam pembuatan website, namun keberadaannya dibutuhkan untuk keberlangsungan proyek pembuatan website. Yang termasuk dalam SDM Ahli Pendukung adalah operator komputer dan tenaga administrasi.

Dua aspek di ataslah yang cukup mendominasi dan menentukan harga website pemerintah. Keduanya juga ditentukan berdasarkan tingkat pendidikan dan pengalaman masing-masing.

Aspek Biaya Non Personil

Biaya-biaya non personil biasanya meliputi biaya ATK, operasional transportasi, komunikasi, dan operasional lainnya. Biaya-biaya tersebut juga sudah diatur dalam Undang-Undang yang berlaku tiap daerah kota/ kabupaten.

Aspek Pemilihan Spesifikasi Website Pemerintah

Tak kalah penting dengan aspek lain. Pemilihan spesifikasi (spek) website akan menentukan harga website pemerintah. Pemilihan dan pertimbangannya meliputi, hosting/ vps/ server, apakah disediakan oleh pihak pemerintah atau pihak pengembang website? Selain itu, spek sistem backend website yang dipakai, apakah menggunakan CMS atau framework khusus?

Pertimbangan berikutnya, spek sistem informasi, apakah website hanya menampilkan publikasi pemerintah atau ada fitur manajemen informasi seperti misal: pendataan pejabat, sistem keuangan pemerintahan, atau lainnya? Dan yang terakhir, terkait spek kontrol panel backend server, apakah memilih jenis cpanel, plesk, vpssim, atau lainnya?

Dari keempat hal tersebut, perlu dipertimbangkan terlebih dahulu, karena akan berpengaruh pada harga website pemerintah yang akan dibuat.

Aspek Keamanan

Aspek yang terakhir adalah keamanan. Dalam pengembangan website, jajaran pemerintahan harus memilih/ membuat website yang berbeda dengan website-website pada umumnya. Website pemerintahan harus mengedepankan keamanan yang tinggi. Hal ini sangat berkaitan dengan jaminan informasi valid yang harus tersampaikan kepada publik, terutama masyarakat setempat. Semakin tinggi tingkat keamanan yang dipilih, semakin berpengaruh pada harga website yang dibuat.

Keputusan akhir harga website, tergantung pada berbagai aspek di atas. Berapa harga website pemerintah bersifat negotiable, dengan kata lain adalah melalui skema perjanjian-perjanjian khusus yang menguntungkan kedua belah pihak. Untuk detail harga website pemerintahan, Anda bisa menghubungi Tim Marketing Grapiku untuk berdiskusi dan melakukan negosiasi harga yang pas untuk proyek website pemerintahan kota Anda.