Skip links

Biaya Pembuatan Website Berapa Sih?

Biaya pembuatan website berapa sih? Ini adalah salah satu pertanyaan pertama bahkan utama yang sering diajukan orang-orang kepada jasa pembuatan website. Sejujurnya, jika bicara tentang harga pembuatan website maka akan sangat relatif. Bahkan di pasaran Anda bisa mendapatkan website mulai dari puluhan ribu bahkan ratusan juta rupiah. Dari kisaran harga itu saja dapat kita lihat bahwa penetapan harga pembuatan website sangatlah beragam dan rentang harganya pun memiliki perbedaan yang terlalu signifikan.

Hal tersebut dikarenakan banyaknya faktor penting yang menjadikan harga website bisa jadi sangat murah atau sangat mahal. Sehingga bagi Anda yang ingin membuat website, Anda harus benar-benar cermat dalam memilih paket layanan pembuatan website. Jangan sampai uang yang Anda keluarkan nantinya tidak sebanding dengan apa yang Anda dapatkan. 

Berawal dari itu, dalam artikel ini kami akan menunjukkan kepada Anda berapa kisaran biaya pembuatan website dari awal dengan melihat apa saja elemen yang Anda perlukan hingga terwujudnya website yang berkualitas.

Platform website

Ketika Anda ingin membangun website, hal yang harus Anda lakukan pertama kali adalah menentukan diatas platform apa website Anda akan dibuat. Platform ini adalah pondasi dimana segala sesuatu yang mengikuti seperti tampilan, fungsionalitas, pengalaman pengguna, pengelolaan, dsb ditentukan oleh pemilihan platform ini. Untuk memudahkan pengontrolan website Anda nantinya, ada baiknya Anda memilih menggunakan platform website CMS (Content Management System). Adapun jenis-jenis CMS ini sendiri cukup banyak, antara lain Blogspot, Joomla, Shopify, Wix, Squarespace, serta WordPress yang merupakan CMS paling populer dari yang lainnya.

Kami menyarankan Anda memiliki website yang dibangun diatas platform WordPress karena WordPress menawarkan banyak opsi penyesuain dan memungkinkna Anda mengelola website dengan mudah. Selain itu, juga lebih ramah mesin pencari karena Anda bisa menambahkan fitur-fitur penting seperti tag SEO.

Lalu, Anda mungkin bertanya “Dapatkah Saya membuat website berbasis WordPress secara gratis?” Jawabannya ya, bisa. Pasalnya WordPress merupakan perangkat lunak open source yang bisa Anda gunakan secara gratis. Anda pun bebas memanfaatkan sumber daya yang telah WordPress sediakan seperti tema, plugin, dsb untuk membangun website dengan tampilan yang sudah bisa terlihat modern.

Hanya saja jika Anda memilih menggunakan WordPress secara ‘gratisan’ ini, maka website Anda nantinya akan menggunakan subdomain, contoh namaperusahaan.wordpress.com. Hal ini karena semua data dan file website Anda akan tersimpan dalam server miliki WordPress. Demikian ini tentu menjadikan bisnis Anda tampak kurang profesional. Selain itu, Anda juga memiliki keterbatasan dalam menggunakan sumber daya, seperti hanya bisa menggunakan tema-tema/ templat bawaan yang sudah pasti banyak juga yang menggunakannya. Pun tidak mendapatkan akses ke script website untuk melakukan kustomisasi. 

Sehingga dapat dipastikan tampilan website Anda nantinya berpotensi serupa dengan website lain bahkan kompetitor Anda sendiri. Oleh karena itu, agar website Anda terlihat profesional maka Anda harus memiliki budget untuk berlangganan domain dan hosting.

Sewa web hosting

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jika Anda ingin membuat website sepenuhnya gratis dengan WordPress maka otomatis website Anda menggunakan WordPress hosted dimana penamaan alamat website hanya akan berupa subdomain. Juga tidak bisa melakukan kustomisasi secara leluasa. Oleh karena itu, Anda perlu mengeluarkan dana untuk menyewa web hosting. Hosting sendiri dapat didefinisikan sebagai tempat untuk menyimpan semua file dan data website sehingga dapat diakses melalui internet.



Ketika Anda melihat daftar harga layanan pembuatan website, Anda akan menjumpai biaya hosting yang berbeda-beda. Disini Anda perlu mempertimbangkan spesifikasi hosting berdasarkan kebutuhan Anda. Perhitungkan seberapa banyak data yang mungkin Anda upload ke website Anda hingga masa mendatang. Apakah spesifikasi hosting sekian dapat menampung seluruh data Anda. Semakin besar kapasitas hosting itu berarti semakin banyak data yang bisa ditampung dan semakin kuat performa website, juga berarti semakin besar pula biaya yang perlu Anda keluarkan. 

Biaya untuk sewa hosting sendiri mulai dari Rp 14.000 sampai Rp 700.000,- per bulan dengan kapasitas penyimpanannya mulai puluhan megabytes hingga puluhan gigabytes. Biasanya hosting dapat dibeli dan diperpanjang dalam siklus 1, 3, 6 bulan dan tahunan. Adapun beberapa jasa penyedia hosting website antara lain Grapiku Cloud, DomaiNesia, IDCloudhost, Digital Ocean, dsb.

Beli domain

Jika WordPress diibaratkan pondasi, hosting sebagai sepetak tanah/ lahannya, dan website sebagai bangunan/ rumah yang dibangun diatasnya. Maka domain adalah alamat dari rumah tersebut. Website membutuhkan alamat agar orang mengetahui cara untuk sampai ke website tersebut. Alamat/ domain ini bisa berupa nama perusahaan, nama merek, atau yang lainnya untuk mewakili poin inti website-yang terpenting nama domain itu mudah dikenali, dibaca, dan diingat. Serta tidak melanggar aturan yang berlaku. 

Saat memilih nama domain, penting juga untuk memilih ekstensi domain yang tepat. Ekstensi domain adalah akhiran dari suatu domain yang mencerminkan isi atau bidang dari suatu website. Contohnya saja website dengan ekstensi .com (commercial), berarti ekstensi ini cocok bagi Anda yang membuat website untuk tujuan perdagangan atau bisnis komersial. Contoh lain, ekstensi .org (organization) untuk keperluan organisasi, .edu (education) untuk bidang pendidikan, dsb. 

Untuk biaya domain, berkisar antara Rp 12.000 – Rp 299.000/tahun tergantung jenis ekstensi domain yang dipilih. Sementara domain dengan ekstensi .com, rata-rata seharga Rp 120.000 sampai Rp 150.000.

Ingat, pendaftaran domain ini juga memerlukan pembaruan seperti halnya penyewaan hosting. Misalnya, Anda membeli domain untuk satu tahun, maka Anda harus memperpanjang masa penggunaan domain satu tahun kemudian, begitupun seterusnya. Jika Anda tidak memperbarui domain Anda, maka domain tersebut akan kadaluarsa. Yang artinya website Anda tidak bisa diakses dan juga membebaskan nama domain tersebut untuk digunakan oleh orang lain.

Pemasangan SSL

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini kejahatan dunia maya masih merajalela. Perlindungan terhadap data pribadi pun menjadi hal yang amat penting dilakukan untuk menjamin keamanan pengunjung saat mengakses website Anda. Pemasangan SSL salah satu upaya untuk meningkatkan keamanan website ini. SSL (Secure Socket Layer) adalah standar web untuk mengenkripsi setiap komunikasi antara pengguna dengan sebuah website. 

Dengan adanya SSL ini, semua data pribadi akan dienkripsi sehingga dapat mencegah penyadapan dan pencurian data penting yang dikirimkan ke website. Seperti password, transaksi keuangan, informasi kartu kredit, dll. 

Secara sederhana, website yang telah memiliki SSL dapat diketahui dari alamat website yang menggunakan HTTPS, terdapat ikon lock / gembok pada bar browser, hingga address bar browser eksklusif berwarna hijau.

Untuk pemasangan SSL ini, Anda perlu membeli sertifikat SSL di penyedia layanan terkait yang biasanya juga memiliki harga yang bervariasi. Mulai dari Rp 150.000 hingga mencapai Rp 5.000.000 per tahun. Perbedaan harga yang terjadi berdasarkan jenis teknologi SSL yang digunakan yang berpengaruh langsung pada tingkat keamanan/ tingkat validasinya. Pemasangan SSL pada website bisnis kecil tentu akan lebih murah dibandingkan website perusahaan kelas enterprise.

Sampai disini, Anda telah mengetahui kisaran harga website berdasarkan kebutuhan inti yang wajib dipenuhi agar website bisa rilis secara layak. Mungkin tidak akan biaya lagi jika Anda benar-benar memiliki kemampuan untuk membangun website, menyusun tata letak, membuat konten, mendaftar hingga mengelola domain dan hosting sendiri.

Sedangkan jika Anda memutuskan untuk bermitra dengan jasa pengembang website profesional, maka sudah pasti ada biaya tambahan untuk:

Custom UI/UX

Salah satu karakteristik website yang profesional adalah memiliki tampilan UI (User Interface) yang atraktif dan brandable. Atraktif berarti memiliki daya tarik dan bersifat menyenangkan, sedangkan brandable artinya harus memiliki karakter, selaras dengan citra merek, dan tampil berbeda dari yang lainnya. 

Jika Anda bukan desainer web, tentu mendesain tampilan website akan menjadi masalah tersendiri. Meskipun ada banyak pilihan tema yang bagus sekalipun, tanpa kemampuan mendesain web maka akan sulit untuk mengkustomisasi tema yang ada menjadi tampilan yang benar-benar sesuai dengan citra merek Anda.

Biasanya para pengembang web profesional akan merancang UI website dengan memperhitungkan faktor-faktor penting untuk menciptakan UX (user experience) yang memukau. Perancangan UI dan UX inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa harga pembuatan website berbeda-beda. Sebab masing-masing agensi memiliki kemampuan dan standar kualitas hasil pekerjaan yang berbeda pula.

Pembuatan konten

Sebagus apapun spesifikasi website, tetapi jika tidak menyediakan konten informasi yang relevan yang dapat diserap oleh para pengunjung maka keberadaan website bisa menjadi sia-sia. Contohnya, jika tujuan Anda membuat website untuk menawarkan layanan, disini Anda harus membuat konten pemasaran strategis untuk menarik minat pengunjung untuk bertindak entah itu melakukan pembelian, meminta penawaran harga, mendaftar sebagai mitra, dan sebagainya.

Selain memiliki tim programer dan desainer, biasanya jasa pembuatan website profesional juga memiliki tim writer dan pemasar yang berkemampuan untuk menghasilkan konten yang berkualitas. Seperti membuat deskripsi produk, deskripsi perusahaan, artikel blog, berita, CTA, dll. Untuk biaya pembuatan kontennya sendiri pun berbeda tiap agensi, tergantung kualitas dan jumlah konten yang ingin Anda buat.

Custom fitur dan biaya lainnya

Jika Anda menginginkan website yang kaya akan fitur, tentu Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk mewujudkannya. Biaya ini tentu relatif tergantung seberapa rumit pengkodeannya. Selain itu, terkadang ada juga pengeluaran tambahan yang harus Anda persiapkan untuk membayar segala upaya agensi dalam rangka meningkatkan keamanan dan performa website secara signifikan.

Nah dari penjelasan tersebut, dapat Anda ketahui estimasi biaya pembuatan website dengan melihat beberapa kebutuhan pokok website. Jika Anda ingin membuat website secara mandiri tentu akan jauh lebih hemat. Akan tetapi, dengan menggandeng jasa pembuatan website profesional Anda akan lebih mendapat banyak keuntungan. 

Seperti halnya ketika bekerja sama dengan Grapiku. Anda tidak perlu repot dan pusing memikirkan berbagai proses rumit seperti merancang konsep tampilan, menyusun kalimat pemasaran, mengurus domain, hosting dll. Anda bisa memikirkan pekerjaan lain sambil menunggu kami bekerja dan pada akhirnya tinggal terima beres dengan kualitas hasil yang tidak mengecewakan-setimpal dengan biaya yang Anda keluarkan.

Silahkan hubungi kontak sekarang juga untuk mengetahui biaya pembuatan website Grapiku yang sangat bersahabat dan kompetitif!